Home / Event / Lomba Kelompok Informasi Masyarakat, Semarakkan Hari Jadi Kota Surabaya

Lomba Kelompok Informasi Masyarakat, Semarakkan Hari Jadi Kota Surabaya

kelompok-informasi-surabayaLomba Kelompok Informasi Masyarakat, Semarakkan Hari Jadi Kota Surabaya

Kabar Surabaya – Lomba Kelompok Informasi Masyarakat, Semarakkan Hari Jadi Kota Surabaya – Kota Surabaya adalah Kota yang sangat dinamis, dimana semua lapisan masyarakat yang ada di Kota Pahlawan ini bisa berperan untuk membangun kotanya. Maka tidaklah heran, kalau di Kota Surabaya terdapat banyak sekali kelompok masyarakat yang secara sukarela bekerja untuk memajukan kotanya. Hal ini tentunya sedikit banyak bisa meringankan kerja Pemerintah Kota Surabaya dalam menjalankan tugasnya.

Baca : MojoFest 2016 Sajikan Keindahan Sungai Kalidami

Banyak sekali kelompok masyarakat yang bergerak di budangnya masing – masing. Salah satunya adalah Kelompok Informasi Masyarakat yang di singkat dengan KIM. KIM yang kemudian di kenal dengan nama Relawan Informasi ini merupakan lanjutan dari progran pemerintah yang dulunya bernama Kelompencapir ( Kelompok Pendengar Pembaca Pemirsa) yang kebanyakan berada di daerah pelosok. Setelah masa Orde Baru tumbang, Kelompencapir ini kemudian be-reformasi menjadi KIM yang memiliki fungsi sebagai penyebar informasi kepada masyarakat yang berbasis Teknologi Informasi yang menggunakan internet.

Fungsi utama sebagai KIM adalah menyebarkan informasi ke masyarakat. Informasi ini bisa berupa program – program pemerintah maupun informasi umum yang menjadi isu di masyarakat. Informasi yang di berikan ini adalah informasi yang benar, akurat bukan hoax dan terbebas dari kepentingan kelompok tertentu atau golongan. Dalam prakteknya kemudian KIM ini bertindak sebagai Citizen Jurnalistik yang menghimpun informasi lokal dan menaungkannya ke dalam media yang dimilikinya. Seperti Blog dan kemudian menyebarkan ke masyarakat.

Baca : Membuat Perangkap Nyamuk Yang Efektif

Relawan KIM saat ini tersebar hampir di seluruh Kecamatan yang ada di Kota Surabaya. Setiap tahunnya Pemerintah Kota Surabaya menyelenggarakan Kompetisi Antar Kelompok Relawan Informasi ini. Kompetisi ini mengusung Kelurahan atau Kecamatan dimana Relawan KIM ini bernaung. Ada tiga babak yang akan di lombakan, yaitu

1. Paparan Media Online yang di miliki

2. Cerdas Cermat Pengetahuan Umum

3. Teatrikal atau suguhan drama.

Pada tahun ini akan ada 3 Kelompok KIM yang akan berlaga untuk menjadi wakil dari Kota Surabaya tahun depan, yaitu :

  1. KIM Mesem dari Kelurahan Medokan Semampir
  2. Kelompok KIM Bahari dari Kecamatan Bulak
  3. KIM GAT Media dari Kelurahan Gunung Anyar Tambak

Dalam kompetisi ini nantinya akan di pilih satu pemenang yang akan mewakili Kota Surabaya di tingkat Provinsi Jawa Timur. Keseruan lomba ini akan bisa anda saksikan dalam Gelaran (Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) yang akan di laksanakan di Taman Bungkul pada hari Sabtu 28 Mei 2016, pda pukul 08.00 wib. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

bursa-kerja-surabaya-2

Bantu Serap Tenaga Kerja, Pemkot Surabaya Gelar Bursa Kerja 2017

Bantu Serap Tenaga Kerja, Pemkot Surabaya Gelar Bursa Kerja 2017 Kabar Surabaya – Bantu Serap Tenaga …