Home / Kuliner / Lontong Balap Surabaya, Penambah Selera Makan Siang

Lontong Balap Surabaya, Penambah Selera Makan Siang

lontong-balap-surabayaLontong Balap Surabaya, Penambah Selera Makan Siang

Kabar SurabayaLontong Balap Surabaya, Penambah Selera Makan Siang – Jika berbicara mengenai ragam kuliner nusantara, tentu tidak akan ada habisnya. Di setiap daerah pasti memiliki makanan khas yang penuh cita rasa dan unik. Di Jawa Timur sendiri ada banyak sekali makanan tradisional yang terkenal.

Lontong balap adalah salah satu jenis makanan kebanggaan Jawa Timur. Bagi anda warga kota Surabaya, pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini, yap… lontong balap. Lontong Balap merupakan makanan tradisional yang terdiri dari beberapa bahan yaitu lontong, tahu goreng, tauge, dan lentho yang dijadikan satu kemudian disiram dengan kuah yang khas. Rasanya yang unik membuat makanan ini banyak diminati masyarakat dan wisatawan yang berkunjung.

Baca : Legitnya Roti Maryam Ampel Surabaya

Sejarah Lontong Balap

Dinamakan lontong balap karena pada jaman dahulu banyak yang menjual lontong dengan menggunakan “kemaron”. Banyaknya penjual lontong dan tempat berjualan yang terbatas di pasar, membuat mereka cepat-cepat mengambil tempat untuk berjualan di pasar. Dari perjalanan mereka yang terkesan balapan, maka dari itu kemudian diasumsikan seperti orang yang sedang balapan. Jadi orang-orang menyebiutnya sebagai Lontong Balap. Seiring perkembangan zaman, kini Lontong Balap tidak lagi dijual dengan menggunakan “kemaron”, tapi menggantinya dengan menggunakan gerobak.

Penyajian Lontong Balap

Lontong balap ini terdiri dari potongan lontong, irisan tahu goreng, potongan lentho, dan tauge yang melimpah. Kemudian disiram dengan kuah yang segar, disajikan dengan taburan bawang goreng, kecap, dan bumbu petis. Tidak jarang dilengkapi dengan sate kerang yang pastinya menggugah selera makan anda.

Oh iya, yang paling khas dari Lontong Balap ini adalah lenthonya. Lentho ini dibuat dari kacang tolo yang direndam semalaman, dibersihkan, ditumbuk, dikasih bumbu garam, kencur, daun jeruk, bawang merah, bawang putih, dan ketumbar. Setelah itu dibentuk seperti perkedel lalu digoreng.
Dalam penyajiannya, bahan yang sudah ada tadi disusun kemudian disiram dengan kuah yang dibuat dengan bumbu khusus. Ditaburi dengan bawang goreng diatasnya. Dilengkapi dengan kecap dan bumbu petis. Lontong Balap sangat pas bila dinikmati dengan sate kerang sebagai pelengkapnya.

Baca : Legitnya Kue Rangin Surabaya

Cita Rasa Lontong Balap

Rasa lontong balap berbeda dengan lontong pada umumnya. Jika anda membayangkan seperti lontong sayur atau lontong cap gomeh, tentunya sangat berbeda. Kuah dari lontong balap ini bening dan tidak memakai santan. Sehingga rasanya sama sekali tidak “eneg” saat menikmati sajian kuliner yang satu ini.

Perpaduan antara lontong, tahu goreng, lentho dan tauge ini membuat sajian lontong balap begitu lezat. Kuah yang segar dengan aroma garlic atau bawang putih, membuat rasa penasaran untuk mencicipi begitu besar. Terlebih dengan adanya tauge dengan rasa yang masih fresh, teksturnya yang masih “kres”. Ditambah taburan bawang goreng yang melengkapi rasa nikmat dari lontong balap ini.

Perkembangan Lontong Balap

Mungkin bagi sebagian besar warga kota Surabaya sudah tidak asing lagi dengan rasa dari Lontong Balap. Dan menjadikan Lontong Balap menjadi kurang istimewa atau biasa. Namun kuliner ini sudah sangat terkenal hingga dijadikan sebagai makanan khas kota Surabaya. Jika ada yang bertanya apa makanan khas dari kota Surabaya? Pasti jawabannya adalah Lontong Balap.

Meskipun semakin banyak pilihan makanan di era global ini. Lontong Balap tetap menjadi salah satu makanan yang banyak diminati oleh masyarakat maupun wisatawan yang datang berkunjung ke kota Surabaya. Lontong Balap banyak ditemui di jalan-jalan kota Surabaya. Mulai dari pedagang yang menggunakan gerobak hingga depot. Dengan harga yang sangat murah yakni sekitar Rp 10.000 anda bisa menikmati sajian kuliner yang satu ini.

About Kabar Surabaya

Check Also

bandeng-tanpa-duri-aw-surabaya

Bandeng Tandu AW, Santapan Bandeng Lezat Tanpa Duri

Bandeng Tandu AW, Santapan Bandeng Lezat Tanpa Duri Kabar Surabaya – Bandeng Tandu AW Santapan …