Home / Kuliner / Macam-Macam Soto Yang Ada Di Surabaya

Macam-Macam Soto Yang Ada Di Surabaya

macam-soto-di-surabayaMacam-Macam Soto Yang Ada Di Surabaya

Kabar Surabaya – Macam-Macam Soto Yang Ada Di Surabaya – Surabaya adalah kota yang terdiri dari beragam suku bangsa dan etnis. Bisa di bilang bahwa Kota Pahlawan ini adalah miniaturnya Indonesia. Di sini kita bisa menjumpai berbagai macam suku, agama dan budaya. Meski demikian di Kota yang identik dengan hawa panas ini jarang terjadi perselisihan antar suku dan ras. Efek dari banyaknya ragam suku yang tinggal di Kota Surabaya, akhirnya membuat ragam menu makanan yang ada di kota ini juga menjadi beragam. Maka tidak heran jika Surabaya kahirnya di juluki sebagai kota dengan 1001 aneka kuliner. Salah satu menu kuliner yang mencerminkan adanya perbedaan budaya di Indonesia adalah Soto.

Loh ada apa dengan soto..?, Ternyata semua Provinsi, Kota ataupun Kabupaten di Indonesia ini mempunyai yang namanya makanan yang bernama Soto. Namanya bisa saja sama, namun jenis daging, rempah ataupun penyajiannya ternyata mempunyai ciri khasnya masing-masing. Di Kota surabaya sendiri, terdapat beberapa macam kuliner Soto. Berikut adalah Macam-Macam Soto Yang Ada Di Surabaya.

Baca : Parade Budaya Dan Pawai Bunga Ulang Tahun Surabaya Di Gelar Lebih Awal

  1. Soto Ayam Lamongan

Soto Ayam Lamongan berasal dari Kota Lamongan Jawa Timur. Ciri khas dari Soto Lamongan adalah kuahnya yang bening kekuningan. Meskipun kuahnya berwarna bening kekuningan, namun rasanya sangat luar biasa. Campuran rempah dan kaldu ayamnya sangat terasa sekali. Sekali seruput anda di jamin ketagihan oleh rasa kuahnya yang sangat ringan namun menggugah selera.

Dalam satu mangkok soto kita akan menemukan soun, irisan kol, daun bawang, tomat dan tidak lupa taburan serbuk koya yang sangat gurih. Irisan daging dari Soto Ayam Lamongan ini adalah daging ayam kampung. Kedai Soto Ayam Lamongan yang terkenal di Kota Surabaya ini ada beberapa tempat. Salah satunya adalah Soto Ayam Cak Har, yang punya beberapa cabang di Kota Surabaya ini.

2. Soto Ayam Kudus

Soto Ayam Kudus ini rasanya hampir mirip dengan Soto Ayam Semarang. Namun yang cukup terkenal di Kota Surabaya adalah Soto Ayam Kudus. Yang unik dari Soto Ayam Kudus ini adalah penyajiannya. Soto ini di sajikan dalam mangkok kecil yang murip dengan mangkok china. Sendoknya berjenis sendok bebek.

Warna kuah pada Soto Kudus ini adalah bening dan sedikit keruh. Yang unik dari soto yang lain adalah Soto ini tidak menggunakan soun dalam menu makanannya. Daging yang di gunakan ada dua macam, yaitu daging ayam dan daging kerbau. Sedangkan untuk penggurih Soto Kudus ini tidak memakai koya,melainkanmenggunakan taburan bawang goreng di atasnya.

Dalam penyajiannya Soto Kudus ini juga di lengkapi dengan menu tambahan, biasanya berupa tempe goreng, perkedel, dan sate telur puyuh. Lokasi penjual Soto Kudus di Surabaya yang cukup ramai pembeli adalah Soto Kudus Pak Sulistio yang ada di Food Court Penjaringan Sari dan Soto Kudus Kedai Taman yang berlokasi di Jalan Taman Gayungsari No.7 Surabaya.

Baca : Job Fair Surabaya 2017, Buka Beragam Lowongan Kerja

3. Coto Makasar

Kota Makasar adalah satu-satunya kota di luar pulau yang mampu menampilkan menu kuliner sotonya di Kota Surabaya. Meskipun namanya agak sedikit berbeda, yaitu Coto, namun cita rasa yang di tampilkan tetap-lah rasa Soto. Ciri khas dari Coto Makasar adalah kuah soto yang di masak dengan sangat lama di Gumbang Buta. Gumbang Buta adalah sebutan untuk kuali besar yang terbuat dari tanah liat.

Coto Makasar ini menggunakan daging sapi dalam penyajiannya. Daging sapi di potong kecil-kecil, biasanya dalam satu porsi akan di campur daging sapi dan beberapa jeroan. Daging tersebut di letakkan di atas mangkok lalu di taburi daun bawang dan bawang goreng. Setelah semua sudah masuk ke dalam mangkok, akan di siram dengan kuah panas yang berwarna kecoklatan.

Biasanya Coto Makasar ini di sajikan dengan buras. Yaitu sajian seperti lontong yang di masak dengan kuah santan sehingga terasa lebih gurih. Dalam satu tempat penjual Coto Makasar, umumnya juga terdapat es palu butung, es pisang ijo dan sop konro. Salah satu penjual Coto makasar di Surabaya adalah daeng Kulle yang ada di Jalan Ahmad Jais Surabaya.

4. Soto Madura

Sesuai dengan namanya, Soto Madura berasal dari Pulau tetangga kita yang masih dalam satu Provinsi, yaitu Madura. Soto Madura terkenal dengan kuah sotonya yang berwarna kekuningan. Kuahnya sedikit kental dan sangat nikmat jika di tambahkan bubuk koya. Soto Madura terdiri dari dua macam, yaitu soto dengan daging ayam dan soto dengan daging sapi. Di Kota Surabaya hampir di semua lokasi terdapat penjual Soto Madura. Baik yang berupa kedai maupun berupa gerobak dorong.

Baca : Hari Jadi Surabaya 2017, Sajikan Acara Seru Dan Atraktif

Ciri Khas dari soto Madura ini adalah mereka selalu memamerkan ayam bumbu kuning di gerobak yang di tutup oleh jendela kaca,

Kedai Soto Madura yang terkenal di Kota Surabaya adalah Soto madura Gubeng Pojok yang ada di jalan Dharmawangsa No.67 dan Soto Madura Wawan.

dari ke-empat menu soto tersebut, mana yang kamu suka kawan…? (Ita Pebri)

 

About Kabar Surabaya

Check Also

bandeng-tanpa-duri-aw-surabaya

Bandeng Tandu AW, Santapan Bandeng Lezat Tanpa Duri

Bandeng Tandu AW, Santapan Bandeng Lezat Tanpa Duri Kabar Surabaya – Bandeng Tandu AW Santapan …