Home / Kabar Surabaya / Mall Pelayanan Publik Surabaya, Satu Atap Layani Kebutuhan Warga

Mall Pelayanan Publik Surabaya, Satu Atap Layani Kebutuhan Warga

Mall-Pelayanan-Publik-SurabayaMall Pelayanan Publik Surabaya, Satu Atap Layani Kebutuhan Warga

Kabar Surabaya – Mall Pelayanan Publik Surabaya, Satu Atap Layani Semua Kebutuhan Warga – Satu lagi terobosan penting di lakukan oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini. Demi memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Surabaya akan pelayanan publik yang terbaik, Pemerintah Kota saat ini telah mendirikan yang namanya Mall Pelayanan Publik (MPP). Mall Pelayanan Publik ini merupakan pusat pelayanan satu atap bagi warga Kota Surabaya. Tujuan awalnya adalah agar warga kota tidak lagi kesulitan dalam melakukan pengarusan administrasi di Kota Pahlawan ini.

Konsepnya adalah Pusat Pelayanan Pemerintah Kota Surabaya nantinya akan bersinergi dengan banyak instansi lainnya. Dan outputnya adalah warga Kota Surabaya tidak akan sibuk kesana-kemari (riwa-riwi) ke banyak tempat apabila ingin mengurus segala keperluan administrasinya.

Mall Pelayanan Publik ini berdiri di Gedung Siola yang terletak di kawasan Tunjungan Kota Surabaya. Gedung yang sangat bersejarah ini sejatinya sudah di tempati oleh beberapa dinas dari Pemerintah Kota Surabaya. Sebut saja Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) yang saat ini paling ramai di kunjungi oleh warga Kota Surabaya. Di sini juga telah bermukim Command Center 112 yang merupakan pos komando bagi semua permasalahan bencana yang terjadi di kota ini. Selain itu bagi para pemuda, juga telah berdiri co-working space, yang memberikan ruang bagi pemuda kreatif yang bergerak di bidang informatika. Di sini mereka di naungi juga oleh Gogle Indonesia yang memberikan bimbingan secara gratis agar mereka bisa lebih berkembang lagi.

Baca : Kekompakan Pemkot Dan Warga Kota Surabaya Teruji Pada Unjuk Rasa Sopir Angkutan Kota

Untuk Mall Pelayanan Publik ini, Pemerintah Kota Surabaya akan bekerjasama dengan beberapa instansi lainnya. Instansi ini seperti Kepolisian, Dirjen Pajak, PDAM, PLN, Bank, BPJS dan masih akan banyak lagi lainnya. Nantinya warga Kota Surabaya tidak perlu lagi bingung jika ingin mengurus kartu BPJS tinggal datang saja ke Siola. Bahkan rencananya pihak Kepolisian akan membuka pelayanan SIM di Mall Pelayanan Publik ini. Apalagi saat ini pelayanan Dispendukcapil juga sudah buka hingga pukul 21.00wib.

Dengan adanya Mall Pelayanan Publik ini tentunya warga Kota Surabaya sangat di untungkan. Masyarakat akan sangat menghemat waktu, tenaga dan biaya. “Misalkan warga Kota Surabaya yang akan mengurus e-KTP, bisa sekalian mengurus pasport, bisa bayar pajak dan bisa sekalian nabung” jelas Risma. “Kedepan mall pelayanan Publik ini akan semakin lengkap, bahkan kita sudah berancang-ancang untuk membuka Mall Pelayanan Publik di kawasan Surabaya Timur” sambungnya.

Saat ini sekitar sudah ada 154 perizinan dan 21 organisasi perangkat daerah (OPD) pemerintah Kota Surabaya yang ada di Mall Pelayanan Publik ini. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur yang kemarin melakukan peresmian di Siola sangat gembira sekali dengan kemajuan yang telah dicapai di Kota Surabaya ini. “Bahkan Kota Jakarta sendiri belum di resmikan, namun Kota Surabaya sudah mendahului” terang Asman, di sambut dengan tepuk tangan pengunjung.

Baca : KIM Kota Surabaya Siap Catatkan Namanya Di MURI Pada Acara Mblancang 2017

Hendro Gunawan, selaku Sekretaris Kota Surabaya menjelaskan, bahwasannya Mall Pelayanan Publik di gedung Siola ini sejatinya sudah amat lengkap. Namun nanti masih akan di tambah lagi, agar benar-benar lengkap. Kedepan akan di tambahkan FoodCourt, sehingga warga yang sedang antri bisa melakukan santap siang jika waktunya makan.

Dengan adanya Mall Pelayanan publik ini, gedung Siola ini akan menjadi lebih lengkap. Karena selain sebagai tempat untuk melakukan pengurusan administrasi, Lokasi ini juga terdapat Museum Surabaya yang bisa di akses secara gratis. Jika ingin mendapatkan oleh-oleh khas Surabaya, pengunjung juga bisa mendatangai Sentra Oleh-Oleh yang terletak di lantai dasar. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

Pemutihan Pajak Kendaraan 2017 Jawa Timur Segera Di Gelar

Pemutihan Pajak Kendaraan 2017 Jawa Timur Segera Di Gelar Kabar Surabaya – Pemutihan Pajak Kendaraan 2017 …