Home / Tips / Manfaat Buah Bintaro Untuk Mengusir Tikus

Manfaat Buah Bintaro Untuk Mengusir Tikus

khasiat-buah-bintaroManfaat Buah Bintaro Untuk Mengusir Tikus

Kabar SurabayaManfaat Buah Bintaro Untuk Mengusir Tikus – Tikus merupakan binatang pengerat yang menjengkelkan. Hampir di setiap rumah pasti terdapat hewan yang satu ini. Apalagi kalau binatang ini sudah mencuri makanan tentu akan sangat menjengkelkan. Setelah mencuri makanan kemudian membuang kotoran seenaknya. Terkadang Tikus juga meninggalkan bau tidak sedap dari air kencingnya atau meninggalkan jejak kotor di lantai rumah. Oleh karena itu beberapa penyakit berbahaya juga bisa disebabkan oleh kotoran tikus ini. Penyakit itu bisa berdampak ringan bahkan sampai yang menyebabkan kematian.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan oleh pemilik rumah untuk membasmi tikus. Pada umumnya pemilik rumah akan memasang jebakan tikus hingga memberinya racun. Tetapi terkadang hasilnya kurang memuaskan dan tikus masih saja kembali berkeliaran di dalam rumah.

Lalu Bagaimana Cara Mengusirnya?. Sebenarnya ada cara alternatif untuk mengusir tikus. Anda bisa mengusirnya dengan cara menggunakan buah bintaro. Manfaat Buah Bintaro Untuk Mengusir Tikus ini sudah terkenal di mana-mana.

Mungkin belum banyak yang tahu tentang khasiat buah Bintaro. Tanaman ini banyak kita temui di tepi jalan, beberapa taman kota, tepi jalan hingga di sekitar kompleks perumahan. Tanaman Bintaro termasuk pohon peneduh yang kuat dan sebenarnya adalah tumbuhan pantai. Di alam bebas, pohon Bintaro ini dapat mencapai ketinggian hingga 12 meter. Pohon Bintaro ini mempunyai ciri khas yang unik, yakni jika buahnya dilukai pasti banyak mengeluarkan getah susu. Karena jika di lihat sekilas buahnya hampir mirip seperti buah mangga, oleh karena itu buah bintaro ini disebut juga dengan tanamanMangga Laut.

Baca : Membuat Perangkap Nyamuk Yang Efektif

Ciri fisik dari pohon bintaro adalah memiliki daun berbentuk bulat lonjong, kaku dan cenderung berwarna hijau tua. Buahnya berbentuk bulat telur seperti mangga. Buahnya berwarna hijau bila masih muda, dan memiliki warna cokelat agak kemerahan bila telah tua (matang). Ukuran buahnya tidak terlalu besar dan hanya sekitar 10 – 15 cm. Meskipun terlihat berkulit mulus pada luarnya, ternyata buah bintaro tidak memiliki daging buah.

Setelah kulit bagian kulit luar maka kita akan mendapati lapisan berikutnya yang  mirip seperti sabut kelapa. Pada bagian terdalamnya terdapat biji. Jangan menanyakan bagaimana rasanya dan jangan juga pernah mencobanya, karena tanaman ini ternyata mengandung racun. Bukan hanya di dalam buahnya, tapi juga terdapat pada daun dan getahnya. Mengerikan ya….

Di Negara India, racun dari buah bintaro ini ini digunakan sebagai sarana bunuh diri. Sedangkan di Indonesia, suku Banjar dan suku Dayak memanfaatkan racun dalam buah Bintaro untuk membasmi tikus dan nyamuk. Buah ini juga biasanya digunakan untuk meracun ikan di sungai. Dapat juga dioleskan ke ujung anak panah pada saat berburu binatang di hutan. Kita juga harus berhati-hati dengan kepulan asap yang timbul dari pembakaran daun dan dahan kayu bintaro. Asap ini mampu mengakibatkan keracunan bagi manusia maupun hewan yang menghirupnya.

Baca : Cara Hemat Listrik Prabayar

Seperti yang telah di sebutkan di atas, bahwa Buah Bintaro ini ternyata ber manfaat untuk mengusir tikus. Bagaimana cara mengusir tikus dengan buah bintaro?

Cara I
Menggunakan Buah Bintaro untuk menakut-nakuti tikus dan mengusir mereka sangatlah mudah untuk dilakukan. Karena dalam pemakaiannya tidak perlu perlakuan yang rumit pada Buah Bintaro ini. Cukup taruh Buah Bintaro yang masih muda dan baru dipetik di sudut ruangan, tempat yang biasa didatangi tikus, dapur ataupun loteng. Senyawa yang terkandung dalam buah ini bisa merusak saraf pusat otak tikus, sehingga tikus yang memiliki penciuman tajam akan membaui senyawa cerberin. Selama buah ini belum layu, maka si tikus di jamin akan pergi dari area itu.

Cara II
Kita juga bisa membasmi tikus dengan menggunakan racun yang terkandung di dalam buah bintaro. Caranya yaitu dengan membelah buah bintaro menjadi empat bagian kemudian keringkan di bawah sinar matahari. Setelah dikeringkan, bakar buah bintaro di tempat yang dicurigai sebagai tempat persembunyian tikus. Tapi harus hati-hati, jangan lupa untuk memakai masker guna melindungi hidung dan mulut, karena asap pembakarannya dapat menyebabkan keracunan. Namun cara ini sangat beresiko jika tikus mati di tempat yang tersembunyi. Akan menimbulkan bau yang tidak sedap apabila mati di dalam rumah.

Itulah Tips Manfaat Buah Bintaro Untuk Mengusir Tikus yang kami bagikan. Di Kota Surabaya sendiri cukup mudah untuk mendapatkan Buah Bintaro ini. karena hampir semua ruas jalan di kota ini di tanam pohon Buah Bintaro. Anda bisa memetiknya dengan Gratis. Kalau tidak mau susah-susah anda juga bisa membelinya secara online di Tokopedia. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

Rekomendasi Liburan Di Kota Surabaya

Rekomendasi Liburan Di Kota Surabaya Kabar Surabaya – Rekomendasi Liburan Di Kota Surabaya – Apa …