Home / Wisata / Melirik Keunikan Taman Buah Undaan Surabaya

Melirik Keunikan Taman Buah Undaan Surabaya

taman-buah-undaan-surabayaMelirik Keunikan Taman Buah Undaan Surabaya

Kabar SurabayaMelirik Keunikan Taman Buah Undaan Surabaya – Surabaya adalah kota seribu taman. Sebutan ini dikarenakan banyaknya ruang publik berupa taman yang tersebar di Kota Surabaya. Kota Surabaya adalah salah satu kota yang masih memperhatikan keberadaan taman kota. Ini merupakan bukti adanya perhatian dari pemerintah Kota Surabaya akan kelestarian taman kota. Salah satu contohnya adalah Wisata Taman Buah Undaan di Surabaya. Wisata Taman Buah Undaan di Surabaya merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi jika anda berkunjung Ke Kota Surabaya.

Wisata Taman Buah Undaan adalah salah satu taman yang memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Taman Buah Undaan merupakan wisata taman yang cocok untuk mengisi liburan anda. Taman Buah Undaan ini terletak di Jl. Undaan Kulon No.7, Peneleh, Kec.Genteng, Kota Surabaya. Sebelum menjadi taman yang cantik, tempat ini dulunya adalah sebuah Stasiun Pompa Bensin milik Pertamina. Taman Buah Undaan ini awalnya diresmikan pada tanggal 18 Agustus 2009 oleh Bambang DH yang saat itu menjabat sebagai Walikota Surabaya.

Bagi wisatawan lokal yang berasal dari Kota Surabaya pastinya sudah tidak bingung dengan lokasi Taman Buah Undaan Surabaya. Namun tidak demikian jika wisatawan dari luar kota, tentunya mereka masih bingung dan takut kesasar. Untuk itu jika menggunakan kendaraan pribadi, anda bisa bertanya langsung kepada warga Surabaya. Atau bisa juga dengan bantuan google maps dari smartphone anda. Jika anda menggunakan kendaraan umum, anda bisa berhenti di Terminal Joyoboyo kemudian melanjutkan perjalanan menuju Taman Buah Undaan dengan menggunakan ojek online.

Baca : Jejak Sejarah Di Museum Surabaya

Taman Buah Undaan Kota Surabaya didirikan di sebelah sisi sungai, tepatnya di anak sungai yang terkenal, yaitu Kalimas. Dari Taman Ekspresi kita sudah bisa melihat Taman Buah Undaan ini. Demikian juga sebaliknya, dari Taman Buah Undaan kita juga bisa melihat Taman Ekspresi.

Begitu memasuki area taman kota, kita akan langsung paham kenapa taman yang berada di undaan kulon ini disebut sebagai taman buah-buahan. Hal ini dikarenakan bangku yang ada di Taman Buah Undaan Surabaya ini berbentuk buah-buahan. Begitu memasuki taman, pengunjung di sambut sebuah buah apel yang berwarna merah. Jika dilihat dari samping buah ini nampak digigit, dibekas gigitan terdapat prasasti peresmian taman surabaya.

Untuk menjelajahi area Taman Buah Undaan,telah tersedia dua joging track di sisi luar kanan dan kirinya. Di antara di dua jalur tadi, kita akan menemukan kolam air mancur. Di taman ini anda juga bisa menikmati indahnya atraksi semburan air mancur, dengan berbagai bentuk semburan dan disertai sorotan lampu warna-warni. Keistimewaan Taman Buah Undaan ini terletak pada bangku tamannya. Sambil bersantai, kita bisa duduk di tempat duduk yang berbentuk buah.  Kita juga dapat berfoto-foto dengan latar belakang air mancur yang ada.

Ada 3 macam tempat duduk berbentuk buah di Taman Buah Undaan, yaitu buah pisang, buah pepaya dan buah belimbing. Lokasi tempat duduk ini mengitari air mancur dan area bermain anak. Tempat duduk buah yang berbentuk buah pisang ada 3 buah, tempat duduk berbentuk buah pepaya dan berbentuk buah blimbing berjumlah 3 buah.

Baca : 5 Tempat Wisata Alam Di Surabaya Timur

Mengenai ragam bentuk tempat duduk buah pisang sendiri, mempunyai 2 bentuk yang unik, yaitu 2 dalam bentuk buah pisang utuh dan 1 buah dalam bentuk buah pisang terkelupas. Untuk bentuk buah pepaya, tempat duduknya sudah dalam bentuk terbuka 1/4 nya, sehingga terlihat daging merah dan bijinya.

Untuk Wahana permainan di taman ini ada 8 macam, yaitu 3 wahana bermain panjat, 1 wahana bermain gelantungan, 2  permainan jungkat-jungkit, 1 wahana permainan prosotan yang berukuran jumbo dan 1 wahana permainan ayunan. Wahana permainan luncuran, atau prosotan di Taman Buah Undaan ini sangat berbeda bila di bandingkan dengan di taman-taman kota lain. Selain dari ukurannya yang bisa di bilang jumbo, sehingga prosotan ini dapat dipakai secara bebarengan sekaligus 4 anak kecil. Bahan untuk pembuatan luncuran ini terbuat dari semen cor.

Meskipun lokasi dari Taman Buah di Undaan ini termasuk kecil, namun taman buah ini ini mempunyai  ciri yang khas . Ada sejumlah fasilitas uniknya yang tidak mungkin anda jumpai di taman kota lainnya. (Yanuar YUdha)

About Kabar Surabaya

Check Also

taman-bulak-kenjeran-surabaya

Taman Bulak Kenjeran, Tempat Bermain Air Di Kali Surabaya

Taman Bulak Kenjeran, Tempat Bermain Air Di Kali Surabaya Kabar Surabaya – Taman Bulak Kenjeran, …