Home / Sejarah / Mengenang “Gombloh” Di Hi Tech Mall Surabaya

Mengenang “Gombloh” Di Hi Tech Mall Surabaya

Mengenang Gomblo di Hi Tech Mall Surabaya
Mengenang Gomblo di Hi Tech Mall Surabaya

Mengenang “Gombloh” Di Hi Tech Mall Surabaya

Kabar SurabayaMengenang “Gombloh” Di Hi Tech Mall Surabaya – Perkembangan teknologi sekarang ini semakin maju. Peralatan tradisional seolah tersingkir dan tergantikan oleh hadirnya peralatan yang serba canggih. Perkembangan teknologi yang dirasa sangat pesat yakni di bidang teknologi informasi. Berbagai macam barang berbasis IT tersebut banyak dicari. Maka tidak heran jika para vendor bermunculan memberikan penawaran produk terbaiknya, mulai dari kelas bawah hingga kelas atas.

Hal seperti ini dapat kita rasakan jika berada dikota besar. Surabaya sebagai salah satu kota besar di Indonesia dituntut untuk bersinergi dengan perkembangan teknologi tersebut. Jika di Jakarta terdapat kawasan Glodok atau Mangga Dua Mall yang menyediakan barang-barang IT, maka di Surabaya Anda bisa mengunjungi Hi-Tech Mall. Pusat Perbelanjaan ini berada di jalan Kusuma Bangsa No. 116-118 Surabaya.

Hi-Tech Mall yang dikelola oleh PT. Sasana Boga bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surabaya. Di tempat ini tersedia beragam produk IT dengan merk yang sudah terkenal diantaranya HP, Acer, Toshiba, Dell, Lenovo dan lain sebagainya. Selain itu beberapa software juga tersedia di tempat ini. Tidak hanya melayani penjualan saja namun juga tersedia jasa layanan servis dari berbagai merk. Selain produk IT yang berupa komputer dan gadget di Hi-Tech Mall Anda juga bisa berbelanja produk fashion di Ramayana. Dengan demikian Hi-Tech Mall selalu ramai dikunjungi terutama oleh kalangan mahasiswa dan professional muda.

Baca : Legenda dari Gunung Anyar Surabaya

Dulu mall ini sebenarnya bernama THR (Taman Hiburan Rakyat) Mall. Namun sejak pertengahan tahun 2007, mall ini berubah namanya menjadi Hi tech mall. Nama yang berubah tentunya juga merubah fungsi tempat tersebut. Bernama THR mall dulunya berisikan pusat perbelanjaan dengan beraneka ragam, taman rekreasi, dan juga kesenian daerah yang sering di tampilkan di kawasan ini.. Sejak berganti nama menjadi Hi tech mall, mall ini berubah drastis menjadi pusat perbelanjaan alat elektronik, komputer, laptop, printer, dan alat elektronik lainnya.

Sampai saat ini di belakang gedung Hi Tech Mall juga berdiri beberapa gedung kesenian. Diantaranya yaitu gedung srimulat, gedung kesenian ludruk dan wayang orang. Diantara gedung-gedung pertunjukan tersebut berdiri sebuah pendopo dengan halaman berpaving yang cukup luas. Disini anda bisa menyaksikan replica perahu Raden Wijaya. Biasanya terdapat panggung-panggung pergelaran music tepat di atas kolam tempat replica perahu Raden Wijaya.

Nah, tahukah anda bahwa di bagian belakang gedung mall yang dulunya bernama Taman Hiburan Rakyat (THR) Surabaya Mall itu juga berdiri sebuah monumen almarhum seniman Gombloh yang terbuat dari perunggu. Adakah sesuatu yang spesial sehingga dibangun monument almarhum Gombloh di bagian belakang Hi Tech Mall Surabaya?
Gombloh yang memiliki nama lengkap Soedjarwoto Soemarsono, lahir pada 14 Juli 1948 merupakan seniman legenda kota Surabaya. Lagu ciptaannya cukup banyak, lantunan lagunya pas dan enak didengar. Anak-anak dan para pengamen jalanan mudah sekali menirukannya. Gombloh menjadi inspirasi bagi seniman muda saat ini. sehingga para seniman Surabaya menyebutnya sebagai seorang pujangga.

Baca : Serunya Mainan Anak Tahun 90an

Lirik lagunya sangat unik, nyeleneh tak ubahnya seniman Iwan Fals, Frangky Sahilatua, Doel Sumbang atau bahkan Ebiet. Lagu-lagunya banyak bercerita tentang hal-hal seperti kritik sosial, alam juga rasa cinta negeri. Lagunya yang bertemakan tentang nasionalisme seperti yang berjudul “Kebyar-Kebyar” yang dirilis pada tahun 1979-an sangat pas bila diputar dan diperdengarkan kembali di hari perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Gombloh memang sudah lama tiada namun karyanya tetap kita kenang dan menjadi inspirasi generasi sekarang khususnya para seniman muda kota ini. Di depan Hi tech Mall, anda akan menjumpai Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa yang juga menjadi tujuan wisata para turis saat melancong ke kota Surabaya Sambil berwisata belanja komputer maupun elektronik lainnya, tidak ada salahnya bila bernostalgia mengenang jasa-jasa almarhum Gombloh. Sebab disana juga berdiri monumen Gombloh. (Rizki Rahmadianti)

About Kabar Surabaya

Check Also

masjid-ampel-surabaya

“Masjid Sunan Ampel” Sejarah Peradaban Islam

Masjid Sunan Ampel, Sejarah Peradaban Islam Kabar Surabaya – “Masjid Sunan Ampel” Sejarah Peradaban Islam …