Home / Wisata / Menikmati Indahnya Malam Di Taman Mundu Tambaksari Surabaya

Menikmati Indahnya Malam Di Taman Mundu Tambaksari Surabaya

taman-mundu-surabayaMenikmati Indahnya Malam Di Taman Mundu Tambaksari Surabaya

Kabar Surabaya –  Menikmati Indahnya Malam Di Taman Mundu Tambaksari Surabaya – Sejak di pimpin oleh Walikota Tri Rismaharini, Kota Surabaya mulai menggencarkan penghijauan. Program penghijauan ini di lakukan secara menyeluruh dan merata di semua  kawasan di Kota Pahlawan ini. Ada beberapa macam kegiatan penghijauan yang beliau inisiasi. Mulai dari program pemilahan, pengolahan dan daur ulang sampah yang akhirnya di kenal dengan program Green and Clean. Program pembuatan pupuk mandiri yang di lakukan oleh rumah kompos. Program rumah kompos ini membuat Kota Surabaya tidak lagi mengeluarkan biaya untuk merawat tanaman yang ada di seluruh kota. Kabarnya Kota Surabaya bisa menghemat hingga 2 milyar per-bulan untuk program kompos mandiri ini. Terakhir, yang paling fenomenal adalah pembuatan dan re-strukturisasi taman kota.

Saat ini Kota Surabaya telah memiliki puluhan taman kota yang siap menjadi penyuplai oksigen bagi warga Kota Surabaya. Taman kota di Surabaya ini memiliki ciri khas yang berbeda antara satu dengan lainnya. Demikian juga dengan semua fasilitas penunjangnya. Hal inilah yang membuat kita tidak akan bosan untuk mengunjungi taman-taman ini satu -persatu. Salah satu taman yang akan di kunjungi oleh Kabar Surabaya kali ini adalah Taman Mundu Tambaksari Surabaya.

Baca : Rumah Batik Surabaya, Koleksi Terlengkap Batik Jawa Timur

Mengapa taman kota yang satu ini di beri nama Taman Mundu…?. Ternyata di taman ini terdapat 2 buah pohon Mundu yang berukuran lumayan besar. Pohon ini termasuk tanaman yang saat ini sudah jarang di temui. Buahnya berbentuk mirip seperti manggis, namun berwarna kuning. Manfaatnya sangat banyak untuk kesehatan tubuh, namun saat ini kita tidak membahas masalah herbal..karena fokus ke taman saja ya. Sesuai dengan namanya, Taman Mundu Tambaksari Surabaya ini terletak di kawasan Tambaksari. Tepatnya berada di depan Stadion Kebanggaan Arek Suroboyo, yaitu Gelora 10 November. Dulunya Tim Sepak bola Persebaya Surabaya selalu bertanding di sini, sebelum akhirnya pindah ke Stadion Gelora Bung Tomo yang berkapasitas lebih besar.

Sebelum di bangun taman, lokasi ini dulunya hanyalah sebuah lapangan yang tidak terurus. Biasanya lapangan ini hanya di gunakan untuk sekedar berolahraga ringan dan parkir kendaraan. Namun di tangan seorang kreator yang cukup kreatif, akhirnya lapangan yang tidak terurus ini di sulap menjadi sebuah taman yang cukup indah dan megah.

Taman Mundu ini memiliki luas sebesar 4800 meter-persegi. Peresmiannya di lakukan pada tanggal 10 Juli 2010 oleh Bambang DH. Konsep dari Taman Mundu Tambaksari Surabaya ini adalah mirip seperti sebuah panggung terbuka. Jadi taman ini sangat cocok untuk di gunakan sebagai tempat pertunjukan musik dan kesenian lainnya. Jika kita masuk melalui depan Gelora 10 November, kita akan berjalan di tengah-tengah kolah air yang berukuran cukup besar. Pada masing-masing kolam air ini terdapat air mancur menari.

Baca : Sejuta Sensasi Danau Unesa Lidah Wetan

Fasilitas yang di tawarkan oleh Taman Mundu tambaksari Surabaya ini terbilang cukup lengkap. Mulai dari jogging track, lintasan kerikil untuk refleksi kaki, taman bermain anak, panggung terbuka dan tempat duduk yang sangat luas.

Fasilitas paling fantastis yang jarang di miliki oleh taman kota lainnya adalah air mancur menari. Air mancur menari ini mampu memancarkan air setinggi hampir 10 meter dengan bentuk yang bervariasi. Air mancur menari ini akan cukup indah di pandang bila kita berkunjung ke Taman Mundu Tambaksari Surabaya pada malam hari. Karena selain menari, sorotan lampu warna-warni yang menerpa air mancur ini membuatnya berkelap-kelip sangat indah layaknya pelangi.

Satu lagi fasilitas yang cukup modern adalah tersedianya spot air kran siap minum yang di dirikan oleh pihak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Swasembada Kota Surabaya. Fasilitas ini akan menyuguhkan para pengunjung air layak minum secara gratis. Kita tinggal membuka kran, lalu mengalirlah air segar untuk kita komsumsi.

Taman Mundu Tambaksari Surabaya ini biasanya akan ramai di kunjungi oleh warga mulai sore hari hingga malam hari. pada sore hari biasanya akan banyak anak-anak kecil yang bermain sepatu roda di lokasi ini. Sedangkan hari Minggu pagi akan tampak banyak para remaja melakukan jogging di kawasan jogging tracknya. Jadi ditaman ini para orang tua bisa berolah raga, sementara anak-anaknya bermain sepatu roda. Namun kita juga bisa hanya bersantai sejenak untuk menikmati tarian dari air mancur warna-warni yang ada di tengah taman. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

atalantis-land-kenjeran-surabaya-a

Atlantis Land Kenjeran, Wahana Hiburan Terbaru Di Tepi Pantai Surabaya

Atlantis Land Kenjeran, Wahana Hiburan Terbaru Di Tepi Pantai Surabaya Kabar Surabaya – Kemanakah warga …