Home / Wisata / Menikmati Ke-elokan Masjid Cheng Ho Surabaya

Menikmati Ke-elokan Masjid Cheng Ho Surabaya

Menikmati Ke-elokan Masjid Cheng Ho Surabaya

Kabar SurabayaMenikmati Ke-elokan Masjid Cheng Ho Surabaya – Selain wisata aneka kuliner dan wisata keragaman alamnya, rupanya Kota Pahlawan ini juga mempunyai kawasan wisata religi. Salah satu tempat yang bisa di kunjungi dalam wisata religi adalah masjid Cheng Ho. Masjid yang sangat kental dengan bangunan arsitektur dari cina ini terletak di jl. Gading-Surabaya. Masjid yang bernama lengkap Masjid Muhammad Cheng Ho ini berdiri di lahan seluas 21 x 11 m2. Sedangkan bangunan utamanya memiliki luas 11 x 9 m2.

Sejarah dari masjid Muhammad Cheng Ho ini berkaitan dengan sosok laksamana Cheng Ho yang melakukan agenda perjalanan ke Asia Tenggara. Cheng Ho membawa misi berdagang dan menjalin persahabatan serta menyebarkan agama Islam. Perjalanan laksamana Cheng – Ho yang beragama Islam ini terjadi pada tahun 1405 hingga yahun 1433. Selain pulau jawa Laksamana Cheng Ho juga mengunjungi Aceh dan Palembang. Karena membawa misi perdamaian di setiap kota yang di singgahinya laksamana Cheng Ho selalu di sambut hangat dan ramah oleh penduduk sekitar.

Baca : Kebun Bibit Wonorejo, Lokasi Wisata Murah dan Komplit

Di Kota Pahlawan ini, masjid Muhammad Cheng Ho di prakarsai oleh Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI). Di samping unik. Masjid Cheng Ho Surabaya ini memiliki sarat makna dalam setiap lekuk arsitekturnya. Berikut makna yang ada di dalam bangunannya :

Ukuran Ka’bah : Bangunan masjid ini berukuran 11 x11 di ambil dari ukuran Ka’bah saat di bangun oleh Ibrahim.
Sarang laba – laba : Ornamen dari atap masjid Cheng Ho di bentuk persegi angka delapan yang mirip dengan sarang binatang laba-laba. Angka 8 adalah angka keberuntungan bagi kaum Tionghoa , sedangkan laba-laba adalah binatang yang menyelamatkan Nabi Muhammad daripada uberan kaum Quraish
Warna : Merah simbol kebahagiaan, kuning Simbol perdamaian
Jumlah Anak Tangga : masjid ini mempunyai anak tangga yang berbeda jumlahnya di sisi kiri dan kanan. Sisi kiri berjumlah 5 yang melambangkan rukun Islam, sedangkan sisi kanan berjumlah 6 yang melambangkan rukun iman.
Tanpa Pintu : Salah satu keunikan masjid ini adalah tanpa adanya daun. Hal ini mengisyaratkan bahwasannya Masjid Cheng Ho terbuka bagi siapapun tanpa memandang golongan.

Di dalam area masjid Cheng Ho Surabaya ini terdapat pula Sekolah TK, tempat belajar bahasa asing Mandarin, kantin, dan lapangan olehraga. Selain di Surabaya, masjid Muhammad Haji Cheng Ho juga terdapat di berbagai kota, termasuk Pasuruan. Tepatnya ada di kawasan Pandaan dan di luar pulau, seperti kota Palembang, dengan nama masjid-nya adalah Al-Islam Muhammad Cheng Ho. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

taman-suroboyo-kenjeran

Menikmati Angin Pantai Dari Taman Suroboyo Kenjeran

Menikmati Angin Pantai Dari Taman Suroboyo Kenjeran Kabar Surabaya –  Menikmati Angin Pantai Dari Taman …