Home / Kabar Surabaya / Menikmati Rancak Alunan Perkusi Dari Grup Musik Patrol Surabaya

Menikmati Rancak Alunan Perkusi Dari Grup Musik Patrol Surabaya

musik-patrol-surabayaMenikmati Rancak Alunan Perkusi Dari Grup Musik Patrol Surabaya

Kabar Surabaya Menikmati Rancak Alunan Perkusi Dari Grup Musik Patrol Surabaya – Dalam waktu sebulan kedepan, umat Muslim akan menjalani ibadah puasa selama 30 hari penuh. Salah satu kegiatan penting yang harus di lakukan pada saat menjalankan ibadah puasa adalah makan sahur. Bagi sebagian orang, terkadang melewatkan kegiatan makan sahur ini, di karenakan ketiduran. Agar tidak melewatkan ibadah makan sahur, banyak orang yang memasang alarm baik di handphone atau di jam weker. Melihat pentingnya ibadah tersebut, ada sekelompok orang yang setiap menjelang sahur berupaya untuk membangunkan orang yang sedang menjalankan ibadah puasa, Mereka biasanya akan berkeliling menelusuri gang-gang di sekitar pemukiman warga dengan membawa alat seadanya. Biasanya mereka membawa alat berupa kentongan. Dengan kentongan bambu sederhana, mereka bisa menciptakan alunan yang rancak dan enak di dengar. Dari sinilah kemudian muncul yang namanya Musik Patrol.

Pada awal terbentuknya, Musik Patrol ini hanya ber”senjatakan” kentongan untuk alat musiknya. Namun lambat laun kelengkapan alat musik dari Grup Musik Patrol ini semakin beragam. Mulai dari Gamelan, Gong, Hand Drum, Tong Plastik, Kaleng bekas cat dan peralatan sederhana lainnya. Beberapa peralatan tersebut adalah barang-barang bekas yang di jadikan alat musik. Dari semua peralatan sederhana tersebut, ternyata bisa keluar alunan lagu yang sangat cantik. Para pemusik patrol ini bisa membawakan lagu dari bermacam genre musik. Lagu yang di hasilkan bisa bergenre Dangdut, Pop bahkan Rock.

Baca : Toko Susu Formula Murah Di Surabaya, Solusi Hemat Bagi Bunda

Di Kota Surabaya sendiri, Grup Musik Patrol Surabaya bisa di jumpai di basnyak kawasan perkampungan. Grup Musik Patrol ini biasanya terdiri dari 8 sampai 10 orang. Biasanya mereka masih berusia anak-anak yang masih bersekolah dari tingkat Sekolah dasar hingga Sekolah Menengah Atas. Dalam satu grup mereka mempunyai beberapa asisten dan satu orang pelatih. Bagi grup patrol yang sudah profesional, mereka telah mempunyai kostum khusus yang mereka pakai saat perlombaan ataupun tampil menghibur masyarakat di tempat umum.

Dalam perkembangannya, musik patrol ini kemudian masuk ke dalam lingkup kesenian musik tradisional. Pemerintah Daerah juga tidak tinggal diam dalam menyikapi perkembangan musik patrol ini. Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kerap sekali mengadakan perlombaan antar Grup Musik Patrol Surabaya ini. Beberapa Grup Musik Patrol di Kota Pahlawan ini yang kerap menjadi juara, telah menjadi binaan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya. Mereka akan di tampilkan apabila Pemerintah Kota Surabaya mempunyai agenda-agenda kota. Misalkan untuk menyambut tamu dari luar kota ataupun tamu dari manca negara.

Di Kota Surabaya, Grup Musik Patrol banyak terdapat di kawasan Timur Kota Pahlawan. Beberapa grup musik ptrol ini adalah :

Baca : Parade Budaya Dan Pawai Bunga Ulang Tahun Surabaya Di Gelar Lebih Awal

  1. Grup Musik Patrol Surabaya Putro Nanggal

Grup Musik Patrol Putro Nanggal ini bermarkas di kelurahan Rungkut Menanggal Kota Surabaya. Kebanyakan dari grup musik patrol ini masih anak-anak yang berusia di bawah 15 tahun. Meskipun berusia muda, Grup Musik Patrol ini telah menyabet banyak piala dalam perlombaan musik patrol yang diselenggarakan oleh Pemerintah maupun pihak swasta. Saat ini Putro Nanggal telah melengkapi grupnya dengan seorang manager dan pelatih.

2. Grup Musik Patrol Surabaya Jabal Nur

Kelompok Grup Musik Patrol ini terbentuk dari tangan dingin Bapak Ali Mufrod yang ingin agar anak-anak di kawasan Gunung Anyar Kidul mempunyai kegiatan positif, ketimbang hanya “cangkruk-an” tidak jelas. Karena terus di latih dan di tempa dengan semangat dan disiplin, akhirnya Jabal Nur bisa menjadi Grup Patrol terkemuka di Kota Surabaya ini.

3. Grup Musik Patrol Ande-Ande Lumut

Grup Musik Patrol Ande-Ande Lumut ini termasuk paling junior bila di bandingkan dengan 2 pendahulunya di atas. Kelompok ini bermukin dikawasan Rungkut Menanggal Kota Surabaya. Ciri khas dari Ande-Ande Lumut ini adalah, mereka mempunyai seorang penari yang mengenakan topeng tradisional.

Meskipun Musik patol ini termasuk ke dalam golongan musik tradisional, namun penggemarnya sangatlah banyak. Apabila ada perlombaan grup musik patrol yang di selenggarakan di lokasi umum, di jamin penontonnya bakalan muluber. Hal ini di karenakan selain musik yang enak di dengar, penampilan mereka di atas panggung terbilang cukup unik. (Ita Pebri).

About Kabar Surabaya

Check Also

aplikasi-go-parkir-surabaya

Aplikasi Go Parkir, Solusi Mencari Slot Parkir Dari Rumah

Aplikasi Go Parkir, Solusi Mencari Slot Parkir Dari Rumah Kabar Surabaya – Seiring dengan bertambahnya …