Home / Wisata / Menikmati Wahana Edukasi Alam Di Mini Agrowisata Kota Surabaya

Menikmati Wahana Edukasi Alam Di Mini Agrowisata Kota Surabaya

Mini-Agrowisata-Kota-Surabaya-1Menikmati Wahana Edukasi Alam Di Mini Agrowisata Kota Surabaya

Kabar Surabaya – Pada saat akhir pekan atau libur panjang, biasanya banyak warga Kota Surabaya yang berbondong-bondong untuk pergi keluar kota. Biasanya mereka ingin refreshing sejenak dari penatnya kegiatan/pekerjaan di Kota Pahlawan ini. Kebanyakan, lokasi yang menjadi tujuan dari refreshing ini adalah wilayah yang dingin atau sejuk, yaitu Kota Malang/Kota Batu. Karena memang kawasan tersebut terletak di dataran tinggi sehingga hawanya cukup sejuk. Namun untuk menuju ke kawasan tersebut sangatlah di butuhkan perjuangan yang sangat tinggi, mulai dari kemacetan yang sudah menjadi hal biasa, biaya transportasi dan juga stamina. Bisa-bisa tujuannya ingin refreshing malah stress karena terjebak macet di jalan.

Nah, bagi anda yang benar-benar ingin menikmati refreshing yang aman, santai murah dan mempunyai nilai edukasi yang tinggi, anda bisa datang ke Mini Agrowisata Kota Surabaya. Kawasan Mini Agrowisata Kota Surabaya ini sejatinya adalah bagian dari Kantor Dinas Pertanian Kota Surabaya. Namun jangan salah, kawasan ini luasnya cukup lebar. Total luas dari Mini Agrowisata Surabaya ini adalah 6000 meter-persegi. Biaya masuknya gratis lo.. Untuk alamat dari Mini Agrowisata Kota Surabaya ini adalah Jl. Pagesangan II No.56 Jambangan Surabaya.

Baca : Ratusan Piring Rujak Uleg Tersedia Untuk Pengunjung Di Festial Rujak Uleg Surabaya

Meskipun ada kalimat “Mini” di depannya, ternyata Agrowisata yang di kelola oleh Pemerintah Kota Surabaya ini sangatlah lengkap. Para pengunjung yang datang ke Mini Agrowisata Kota Surabaya akan mendapatkan edukasi yang lengkap mengenai Pertanian, Peternakan dan juga Perikanan. Hal ini cukup unik, mengingat Kota Surabaya sendiri adalah Kota besar dengan segala kepadatan penduduknya.

Di Mini Agrowisata Kota Surabaya ini pengunjung bisa belajar tentang aneka jenis tanaman yang di budidayakan di sini. Bermacam tanaman ada di lokasi ini, mulai tanaman buah, aneka sayuran, anggrek, tanaman toga dan banyak lagi lainnya. Nantinya pengunjung juga bisa belajar tentang bagaimana menanam tanaman dengan cara tabulapot maupun sistim hidroponik yang saat ini cukup terkenal di masyarakat. Pada saat buah dan sayur di Mini Agrowisata Kota Surabaya sedang panen biasanya para pengunjung akan mendapatkan bagian untuk di bawa pulang. Jika bibit tanaman dalam green house sedang banyak, kita bisa loh meminta secara gratis kepada pengelola untuk di tanam di rumah.

Untuk peternakannya, Mini Agrowisata Kota Surabaya menyediakan pelatihan membudidayakan ayam petelur, ternak kambing dan ikan. Di sini para pengunjung juga bebas loh memberi makanan kepada henwan ternak. Yang menjadi favorit anak-anak adalah memberi makan kepada kelinci. Di Mini Agrowisata Kota Surabaya ini ada beberapa binatang yang sengaja di pertontonkan kepada pengunjung seperti burung merak.

Oh iya jika kaki anda merasa lelah setelah berjalan-jalan di tempat ini, Mini Agrowisata Kota Surabaya punya terapi ikan. Anda tinggal mencelupkan kaki anda ke saluran air yang berisi ikan-ikan kecil. Nantinya si ikan-ikan kecil ini akan dengan senang hati mengerumuni kaki anda untuk mencari kulit mati anda. Hmmmm…refresing yang menyenangkan bukan…

Baca :  Romantisnya Berperahu Di Bawah Kerlipan Lampion Di Atas Kalimas

Mini Agrowisata Kota Surabaya ini buka setiap hari. Pada hari kerja Senin – Kamis buka pada pukul 08-00wib hingga pukul 14.00wib. Pada hari Sabtu dan Minggu buka mulai pukul 08.00wib sampai pukul 15.00wib. Menurut Joestamadji Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), pengunjung di Mini Agrowisata Kota Surabaya ini semakin hari semakin ramai. Apalagi setelah hari Sabtu dan Minggu di buka. Kalau hari kerja kebanyakan yang datang adalah anak-anak sekolah yang ingin belajar bersama guru pendampingnya. Mini Agrowisata Kota Surabaya juga telah menyiapkan pendamping guna menemani para pengunjung untuk belajar di sini. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

rumah-air-surabaya

Rumah Air Surabaya, Wisata Edukasi Pengolahan Air Sejak Jaman Belanda

Rumah Air Surabaya, Wisata Edukasi Pengolahan Air Sejak Jaman Belanda Kabar Surabaya – Rumah Air …