Home / Wisata / Monumen Kapal Selam, Museum Unik Berbentuk Kapal Selam

Monumen Kapal Selam, Museum Unik Berbentuk Kapal Selam

monumen-kapal-selam-surabayaMonumen Kapal Selam, Museum Unik Berbentuk Kapal Selam

Kabar SurabayaMonumen Kapal Selam, Museum Unik Berbentuk Kapal Selam – Kota Surabaya memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik dan wajib untuk dikunjungi. Masyarakat Surabaya dan sekitarnya tidak perlu susah payah memilih tempat liburan untuk sekedar refreshing dari penat setelah melakukan aktifitas pekerjaan. Di pusat kota Surabaya terdapat salah satu monumen yang menjadi sejarah peristiwa penting, yaitu Monumen Kapal Selam atau yang sering dikenal dengan sebutan monkasel.

Jika mendengar kata kapal selam, pasti yang dibayangkan adalah kapal selam yang berada di kedalaman laut. Namun kapal selam yang satu ini berada di daratan. Yap… monumen kapal selam adalah sebuah museum yang terletak di Surabaya. Tepatnya di tepi Kalimas, berada di JL. Pemuda No. 39 Surabaya, di sebelah Plaza Surabaya.

Monumen ini berupa kapal selam sungguhan yaitu KRI Pasopati 410, dengan panjang 76,6 meter dan lebar 6,3 meter. Kapal selam ini dibuat pada tahun 1952 dengan jenis SS tipe Wishkey class dan merupakan armada Angkatan Laut Indonesia yang dibuat oleh Uni Soviet.

Baca : Berburu Kuliner Dan Oleh-oleh Khas Kenjeran Surabaya

Lokasi monumen ini ada di pusat kota Surabaya. Akses menuju ke tempat ini sangatlah mudah, bisa menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Jika Anda berasal dari luar kota pun juga bisa menggunakan akses kereta api karena monkasel ini letaknya tidak jauh dari stasiun gubeng.

Ada banyak fasilitas yang bisa dinikmati jika berkunjung ke tempat ini bersama keluarga untuk liburan atau sekedar menghabiskan waktu weekend. Pengunjung bisa masuk ke dalam kapal selam. Di dalamnya terdapat 7 ruangan yang dipisah dengan pintu yang kedap, yaitu :

1. Ruang torpedo haluan : di dalam ruangan ini terdapat tporpedo cadangan dan tempat tidur ABK (Anak Buah Kapal)
2. Ruang tinggal perwira : ruangan ini merupakan ruang tinggal perwira, tempat bekerja, sekaligus ruang makan perwira.
3. Ruang periskop : ruangan ini merupakan pusat informasi tempur (PIT) dan juga pusat pengoperasian kapal selam. Disini terdapat periskop yang dapat digunakan untuk melihat hingga ketinggian 9 meter keatas.
4. Ruang ABK : ruangan ini merupakan ruangan untuk ABK beristirahat dan bersantai. Terdapat tempat tidur, ruang makan, dan tempat penyimpanan makanan.
5. Ruang diesel pendorong : di dalam ruangan ini terdapat motor diesel dan pendorong yang digunakan sebagai pendorong utama saat naik ke permukaan.
6. Ruang listrik : di dalam ruangan ini terdapat 2 buah motor listrik yang digunakan untuk menggerakkan baling-baling dan melakukan pengisian batere.
7. Ruang torpedo buritan : di dalam ruangan ini terdapat 2 buah peluncur torpedo buritan yang digunakan untuk menyerang dan menghindar.

Baca : Serunya Berfoto di Museum De Mata Surabaya

Setiap harinya monumen ini banyak dikunjungi karena rasa ingin tau pengunjung tentang kapal selam dan apa yang ada di dalamnya. Harga tiketnya sangat murah Rp 10.000. Selain itu, banyak fasilitas lain yang bisa pengunjung dapatkan diantaranya yaitu :
 kolam renang dengan harga Rp 8.000
 music live yang ada di moncafe
 area bermain anak antara lain ayunan dan jungkat-jungkit
 tempat duduk santai yang ada di pinggir sungai kalimas
 menonton fil di videorama yang menyajikan tentang sejarah kapal selam di Indonesia
 jogging track di area monumen

Inilah sekilas ulasan tentang tempat wisata monumen kapal selam yang ada di Surabaya. Dengan adanya museum ini, masyarakat pun jadi tahu bahwa Surabaya memang layak disebut kota pahlawan karena banyaknya bukti sejarah yang ada. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

rumah-air-surabaya

Rumah Air Surabaya, Wisata Edukasi Pengolahan Air Sejak Jaman Belanda

Rumah Air Surabaya, Wisata Edukasi Pengolahan Air Sejak Jaman Belanda Kabar Surabaya – Rumah Air …