Home / Kabar Surabaya / Mudik Gratis Lebaran 2017 Mulai Membuka Pendaftaran

Mudik Gratis Lebaran 2017 Mulai Membuka Pendaftaran

Mudik-gratis-lebaran-2017Mudik Gratis Lebaran 2017 Mulai Membuka Pendaftaran

Kabar Surabaya – Mudik Gratis Lebaran 2017 Mulai Buka Pendaftaran – Saat ini puasa sudah memasuki hari ke-4 dan Hari Raya Idul Fitri masih 3 minggu lagi. Namun hal ini tidak membuat pemerintah daerah dan pusat menjadi berleha-leha. Pemerintah saat ini mulai berusaha agar masyarakat bisa merayakan Lebaran dengan aman, nyaman dan tenang. Salah satu yang menjadi fokus perhatian utama pada saat lebaran tentu saja tradisi mudik. Untuk meringankan beban masyarakat pada saat mudik nanti, pemerintah kembali akan membuka Program Mudik Gratis Lebaran 2017.

Sebagaimana kita ketahui bahwa tradisi mudik adalah tradisi yang selalu wajib di jalani oleh umat muslim hampir di seluruh Indonesia. Bagi mereka yang bekerja atau tinggal di luar kota, luar pulau bahkan di luar negeri akan berbondong-bondong untuk pulang kampung. Acara pulang kampung ini dalam rangka untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan para sanak saudara. Berbagai alat transportasi akan mereka gunakan untuk pulang kampung. Mulai kendaraan pribadi, kendaraan umum seperti bis, kereta api, kapal laut bahkan pesawat terbang. Tidak heran jika seminggu sebelum Lebaran semua tiket kendaraan umum sudah habis terjual. bahkan tiket kereta api kabarnya langsung sold out begitu loket online di buka.

Baca : Mudik Gratis 2017 Jasa Raharja, Sarana Mudik Gratis Sekeluarga

Bagi yang tidak kebagian tiket kendaraan umum, tentunya kendaraan pribadi menjadi solusinya. Yang menjadi masalah adalah, jumlah kendaraan pribadi semakin lama semakin meningkat. Sementara infrastruktur jalan masih belum ada peningkatan. Hal inilah yang setiap tahunnya membuat tradisi mudik selalu di warnai oleh kemacetan panjang. Tidak jarang pula. kemacetan ini juga di barengi dengan angka kecelakaan lalu-lintas yang cukup tinggi. Kedua hal itulah yang selalu ingin di hindari oleh pemerintah. Program Mudik Gratis Lebaran 2017 inilah yang kemudian dapat di harapkan untuk menekan panjangnya kemacetan dan tingginya angka kecelakaan.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim saat ini telah membuka Program Mudik Gratis Lebaran 2017. Pendaftaran Program Mudik Gratis Lebaran 2017 akan di buka pada tanggal 5 Juni 2017 dan akan terus di buka hingga kuota terpenuhi. Sebanyak 20 rute tujuan telah di siapkan untuk mengangkut para pemudik ke tempat tijuan masing-masing. Rute tersebut adalah sebagai berikut :

1. Rute Surabaya – Situbondo – Banyuwangi
2. Rute Surabaya – Jember – Banyuwangi
3. Rute Surabaya – Lumajang – Jember
4. Rute Surabaya – Bondowoso
5. Rute Surabaya – Malang – Blitar
6. Rute Surabaya – Kertosono – Trenggalek
7. Rute Surabaya – Lumajang – Tulungagung
8. Rute Surabaya – Pare – Kediri – Trenggalek
9. Rute Surabaya – Nganjuk
10. Rute Surabaya – Madiun – Magetan
11. Rute Surabaya – Madiun – Ngawi
12. Rute Surabaya – karangjati – Ngawi
13. Rute Surabaya – Madiun – Ponorogo
14. Rute Surabaya – Madiun – Pacitan
15. Rute Surabaya – Madiun
16. Rute Surabaya – Kediri
17. Rute Surabaya – Bojonegoro
18. Rute Surabaya – Tuban
19. Rute Surabaya – Pamekasan
20. Rute Surabaya – Sumenep

Bagi warga Jawa Timur yang ingin mengikuti Program Mudik Gratis Lebaran 2017 ini dapat menaftr melalui 2 cara. Cara pertama adalah pendaftaran secara Offline. Untuk ini anda harus datang langsung ke kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur yang ada di Jl. Ahmad Yani 268 Kota Surabaya. Pendaftaran ini akan di buka pada pukul 08.00wib hingga pukul 15.00wib setiap harinya.

Baca : Terminal Bus Purabaya Bersiap Menuju Terminal Kelas Dunia

Cara kedua adalah pendaftaran secara Online. cara ke dua ini terbilang cukup simple. anda tinggak masuk ke situs www.mudikgratis.dishub.jatimprov.go.id. Yang perlu di siapkan oleh para pendaftar dari Program Mudik Gratis Lebaran 2017 ini adalah Fotocopy KTP atau Kartu Keluarga.

Untuk pemberangkatan peserta Program Mudik Gratis Lebaran 2017 akan di laksanakan pada tanggal 22 Juni 2017 (hari Kamis) dan 23 Juni 2017 (Hari Jumat). Pemberangkatan ini akan di laksanakan di tempat yang sama dengan pendaftaran yaitu kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur yang ada di Jl. Ahmad Yani 268 Kota Surabaya. Pemberangkatan sendiri akan di lepas oleh Gubenur Jawa Timur bapak Soekarwo (Pak Dhe Karwo) dan Wakil Gubenur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Pemerintah Provinsi jawa Timur berharap bahwa masyarakat dapat mengikuti Program Mudik Gratis Lebaran 2017 dengan ramai-ramai. Semoga langkah ini dapat mengurangi kepadatan di jalan raya dan meminimalisir angka kecelakaan yang masih saja terjadi pada saat momen mudik Lebaran. (Yanuar Yudha)

 

About Kabar Surabaya

Check Also

suroboyo-bus-bayar-pakai-sampah

Risma Mulai Melatih Warga Surabaya Untuk Beralih Ke Transportasi Umum

Risma Mulai Melatih Warga Surabaya Untuk Beralih Ke Transportasi Umum Kabar Surabaya – Saat ini …