Home / Kuliner / Nasi Goreng Jancuk, Kuliner “Big and Hot” di Surabaya

Nasi Goreng Jancuk, Kuliner “Big and Hot” di Surabaya

nasi-goreng-jancuk-surabayaNasi Goreng Jancuk, Kuliner “Big and Hot” di Surabaya

Kabar SurabayaNasi Goreng Jancuk, Kuliner “Big and Hot” di Surabaya – Kota Surabaya adalah kota metropolitan kedua setelah Jakarta. Pertumbuhan ekonomi pun berputar semakin cepat. Menyebabkan tumbuhnya persaingan untuk memperoleh kehidupan yang layak. Salah satunya adalah sektor bisnis kuliner. Para penjaja makanan, baik tradisional maupun modern semakin banyak bermunculan di Surabaya. Beragam inovasi yang ditawarkan oleh pemilik usaha kuliner adalah bertujuan untuk bisa bertahan dalam persaingan bisnis. Tidak hanya citarasa dari makanannya saja, tetapi juga dari segi pelayanan dan konsep rumah makan. Bahkan tidak sedikit rumah makan yang berada di Surabaya menggunakan nama yang unik. Tujuannya tidak lain adalah untuk menarik perhatian dan minat orang untuk membeli. Salah satu wisata kuliner yang memakai nama unik di Surabaya adalah Nasi Goreng Jancuk.

Dalam kehidupan masyarakat Jawa, kata “jancuk” masih sering dianggap sebagai kata yang tabu. Secara umum mereka mempunyai anggapan bahwa kata tersebut memiliki konotasi yang negative dan tidak baik. Namun bagi masyarakat kota Surabaya, kata “jancuk” merupakan identitas diri. Saat ini kata”jancuk/jancok” mempunyai perubahan makna ameliorasi. Sehingga bila anda saat ini tinggal atau sering singgah ke Surabaya biasanya tidak akan merasa asing dengan semua kebiasaan dari masyarakat lokal yang sering mengucapkan salam kepada teman-temannya dengan mengeluarkan kata-kata umpatan, yaitu “jancuk”. Atau bahkan ada yang menjadikannya sebagai ungkapan rasa kekaguman.

Baca : Kue Lapis Surabaya, Buah Tangan Untuk Keluarga

Nah, di kota Surabaya tepatnya di Surabaya Suite Hotel (eks. Surabaya Plaza Hotel) juga menggunakan istilah kata “jancuk” dalam salah satu menu makanan andalan di restoran mereka. Nama menu makanan tersebut yaitu Nasi Goreng Jancuk. Menu ini hasil kreasi dari Executive Food and Beverage Manager Surabaya Suite Hotel, Eko Sugeng Purwanto. Pada mulanya chef Eko membuatkan nasi goreng untuk kawan-kawannya, namun cher Eko sengaja menambah jumlah cabai yang dipakai. alhasil, setelah melahap suapan pertama dari nasi goreng tersebut, teman-teman chef Eko dengan spontan mengatakan “jancuk pedes cak”.

Melihat reaksi tersebutlah pihak Manajemen Surabaya Suite Hotel lantas menamai menu makanan kreasi chef Eko dengan nama nasi goreng jancuk. Nasi goreng jancuk memiliki dua level pedas. Untuk level pedas biasa, nasi goreng ini menggunakan satu ons cabai setiap porsinya. Nasi goreng ini dilengkapi dengan topping irisan telor dadar, udang, suiran daging ayam, bawang goreng dengan tambahan krupuk udang dan acar. Pastinya menambah niikmatnya nasi goreng yang bisa dimakan 4-5 orang ini yang disajikan langsung di atas penggorengan. Menu Nasi goreng jancuk yang disuguhkan oleh Surabaya Plaza Hotel ini mempunyai kelebihan rasa yang sangat pedas dan jumlah porsi yang jumbo

Baca : Mie Pangsit Kotamadya Surabaya, Mie Legenda Surabaya

Harga yang ditawarkan nasi goreng di hotel berbintang empat ini mulai dari Rp 75.000 per orang, all you can eat atau dapat menikmati sepuasnya Nasi Goreng Jancuk Pedas, Ekstra Pedas, Mie Jemblung, es teh, dan air mineral. Ada juga dengan pilihan harga Rp 350.000 per nett, pengunjung bisa menikmati Nasi Goreng Jancuk untuk porsi makan lima orang dan satu pitcher es the. Atau dengan membayar Rp 450.000 per nett untuk tujuh orang serta es teh dua pitcher. Meskipun begitu, anda tidak perlu khawatir harga yang anda keluarkan akan sebanding dengan pelayanan hotel berbintang empat yang memuaskan. Dan jaminan akan rasa makanan ini tidak akan menyesal.

Nasi Goreng Jancuk menjadi menu favorit pengunjung yang rata-rata merupakan anak muda Surabaya. jadi belumlah lengkap jika saat ini anda belum bisa mencicipi Nasi Goreng Jancuk pada saat  berkunjung ke kota Surabaya. Bagi para pecinta kuliner yang menggemari masakan pedas, wajib mencoba salah satu menu ikon kota Surabaya ini. (Rizki Rahmadianti)

About Kabar Surabaya

Check Also

bandeng-tanpa-duri-aw-surabaya

Bandeng Tandu AW, Santapan Bandeng Lezat Tanpa Duri

Bandeng Tandu AW, Santapan Bandeng Lezat Tanpa Duri Kabar Surabaya – Bandeng Tandu AW Santapan …