Home / Endorsement / Dari Nasi Kotak, Irwan Hernawan Merajai Bisnis Catering Prasmanan Di Jawa Timur

Dari Nasi Kotak, Irwan Hernawan Merajai Bisnis Catering Prasmanan Di Jawa Timur

catering-prasmanan-surabayaDari Nasi Kotak, Irwan Hernawan Merajai Bisnis Catering Prasmanan Di Jawa Timur

Kabar SurabayaDari Nasi Kotak Irwan Hernawan Merajai Bisnis Catering Prasmanan Di Jawa Timur – Nekad dan Tekad, inilah motto yang di pegang oleh Irwan Hernawan dalam menjalankan bisnisnya. Tidak bisa memasak, tetapi nekad membuka bisnis di bidang makanan. Itulah yang di lakukan oleh pemuda berusia 27 tahun ini. “Saya ini bisanya cuman makan, kalau urusan masak tidak bisa sama sekali ” terangnya. “kalau di ibaratkan mau masak air aja pasti gosong” imbuhnya sambil tertawa kecil. Namun Irwan Hernawan memiliki keyakinan bahwa bisanis makanan adalah bisnis yang akan terus berkembang.

“Semua orang pasti butuh makan” katanya kepada Kabar Surabaya. Itulah keyakinan yang dia pegang selama menjalankan bisnis di bidang makanan ini. Perjalanan bisnis makanan yang Irwan geluti bukannya tanpa halangan. Bisnis pertama yang dia bangun berupa warung makan hancur berantakan. Hal tersebut di karenakan, pria kelahiran Jakarta ini kurang fokus dalam menjalankan bisnis pertamanya.

Tidak mau larut dalam keterpurukan, Irwan Hernawan lalu mencoba bangkit kembali. Kali ini dia mengincar bisnis catering nasi kotak. Di bisnis kedua inilah nama Berkah Catering tercipta, tepatnya pada bulan Oktober 2014. Target market dari catering nasi kotak ini adalah rumah tangga dan para pekerja kantoran.

Baca : Pampers Bagikan 723 Popok Pampers Di Setiap Puskesmas Surabaya

Tidak mau mengulang kesalahan di usaha pertamanya, pria yang saat ini juga menjabat sebagai Finance & Accounting Manager in PT. Lippo Mall Indonesia (Lippo Karawaci Tbk.) ini lebih fokus dalam mengatur waktu antara pekerjaan dan usahanya.

Keseriusan Irwan Hernawan dalam bisnis catering nasi kotak ini di buktikannya melalui sistim pemasaran yang memanfaatkan media online. Promosi online melalui berbagai media sosial, marketplace, website dan forum online sangat dia gencarkan. Strategi ini rupanya membuahkan hasil yang memuaskan. Hal ini di karenakan masih banyak pemain lain di bidang catering yang belum maksimal untuk memanfaatkan media online. Berkah Catering sendiri mempunyai website yang bernama www.berkahcatering.web.id.

Inovasi pemasaran dengan media online inilah yang langsung menaikkan Berkah Catering menjadi Jasa Boga nomor wahid di Kota Surabaya dalam waktu 1 tahun saja. Bahkan sebagian besar order yang di dapat Berkah Catering berasal dari media online.

Setelah di rasa bisnis catering nasi kota mulai berkibar, Irwan mulai tergelitik untuk mencoba bergerak di bidang catering prasmanan. Hal ini juga tergolong nekad, mengingat, pria yang saat ini bermukim di Sidoarjo ini tidak mempunyai pengalaman memadai di bidang catering prasmanan. Menyadari hal tersebut, suami dari Ariyas Puji ini tidak menyerah,  semua artikel mengenai bisnis catering prasmanan dia kumpulkan dan di pelajari dengan seksama.

Tekad luar biasa inilah yang akhirnya membawa Berkah Catering menjadi salah satu jasa boga catering prasmanan paling di perhitungkan di Kota Pahlawan ini. Bahkan saat ini omzetnya mencapai 75 – 200juta rupiah per-bulannya. Irwan ingat betul bagaimana dia memulai usaha catering prasmanan untuk pertama kalinya. Modal dan pengalaman yang dia miliki sangatlah minim. Namun sekali lagi, melalui pemasaran online, akhirnya pria yang memiliki latar belakang ilmu managemen ini berhasil memperoleh klien pertamanya. “Waktu itu yang memesan catering prasmanan adalah klien yang hendak merayakan pesta reuni SMA” kenangnya.

Baca : Unair Umumkan Obat Infeksi Efektif Untuk Menyembuhkan Luka Diabetes

Keunggulan dari Berkah catering ini adalah strategi harga yang murah, namun mempunyai cita rasa yang berkwalitas dan pelayanan yang profesional. Dengan strategi tersebut saat ini Berkah Catering mampu melayani berbagai acara penikahan, baik di gedung maupun di rumah. Saat ini Berkah Catering telah mempunyai cabang di Sidoarjo, Mojokerto, Malang dan akan membuka cabang selanjutnya di Kota Jakarta.

Melihat usahanya yang terus berkembang, saat ini Irwan mulai melakukan penataan management. “Selain operasional, manajemen juga harus di perhatikan” jelas Irwan. Untuk itulah pria kelahiran 1989 ini mendirikan PT.Berkah Kulina Nusantara yang memiliki kantor di jalan Gunungsari 211 Kota Surabaya .

Terdapat 8 unit usaha yang saat ini di naungi di PT.Berkah Kulina Nusantara ini, yaitu :

1. Berkah Catering

2. Berkah Sayur

3. Berkah Sate

4. Streat Chef Cafe

5. Berkah Tour & Travel

6. Berkah Rent Car

7. Alkayyisa Wedding Organizer

8. Berkah Cellular

“Apa yang saya lakukan ini telah membuktikan bahwa modal adalah nomor kesekian dalam menjalankan suatu usaha”tutur Irwan. “Yang terpenting adalah tekad yang kuat dan mau belajar” imbuhnya. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya