Home / Kabar Surabaya / New Bonek Untuk Persebaya Surabaya Yang Lebih Baik

New Bonek Untuk Persebaya Surabaya Yang Lebih Baik

bonek-mania-persebaya-surabayaNew Bonek Untuk Persebaya Surabaya Yang Lebih Baik

Kabar Surabaya – New Bonek Untuk Persebaya Surabaya Yang Lebih Baik – Seperti yang kita ketahui bersama, bahwasannya saat ini status Persebaya Surabaya sudah kembali di akui oleh Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI). Di bawah organisasi PSSI yang saat ini di komandani oleh Edy Rahmayadi, kesebelasan yang ber-home base di Kota Surabaya ini akan berlaga di Liga 2. Liga 2 ini dulu di kenal dengan nama Divisi Utama.

Proses kembalinya Persebaya Surabaya untuk berlaga kembali, ternyata juga di dukung oleh adanya manajemen yang baru. Managemen baru ini adalah harian terkemuka di Indonesia, yaitu Jawa Pos. Manajemen yang di ketuai oleh Azrul Aanda selaku Presiden Klub ini sebenarnya adalah manajemen yang dulu juga pernah mengurus Persebaya Surabaya pada masa lalu. Pada waktu itu sang ayah Dahlan Iskan sebagai manager Persebaya. Dari Dahlan Iskan-lah sebutan Bonek (Bondo Nekad) berasal.

Proses peralihan dari manajemen lama ini adalah dengan cara pembelian sebanyak 70% saham dari pengurus lama. Dengan demikian saat ini jawa Pos menjadi pemilik dari Persebaya Surabaya. Sementara 30% saham sisanya masih di miliki oleh koperasi yang beranggotakan tim internal Persebaya Surabaya. Dengan adanya manajemen yang baru ini, di harapkan pengelolaan Persebaya Surabaya bisa lebih profesional.

Baca : Angkringan Surabaya Timur, Angkringan Matahari

Ada 2 hal yang saat ini tengah di godog oleh manajemen Persebaya Surabaya. Yaitu Tim kesebelasan Persebaya dan Suporter Persebaya (Bonek). Untuk kesebelasan Persebaya, saat ini sedang dalam proses pembentukan tim, setelah sebelumnya merekrut Iwan Setiawan sebagai pelatih. Hal yang kedua adalah me-rebranding Bonek.

Azrul Ananda sendiri, adalah sosok yang di harapkan bisa memberikan image positif terhadap Bonek. Karena tidak di pungkiri bahwasannya selama ini banyak stigma negatif yang melekat pada Bonek. Mulai dari ugal-ugalan di jalan raya, sering mengambil dagangan pkl dan lain sebagainya. Namun sejatinya saat ini Bonek juga sudah berusaha untuk kembali ke jalan yang benar.  Putra Dahlan Iskan ini pernah mengungkapkan, bahwasannya Persebaya Surabaya adalah satu-satunya Tim Besar di Indonesia yang mempunyai basis suporter (Bonek) yang tersebar hingga ke seluruh Indonesia. Bahkan adapula yang berada di luar negeri. Dan Bonek tidak pernah bisa di pisahkan dari Persebaya Surabaya. “Seporter ini di kenal sangat loyal dan militan kepada Timnya” jelas Azrul.

Baca : Surabaya Snow Cake, Oleh-Oleh Baru Khas Kota Surabaya

Untuk me-rebranding Bonek, pada tanggal 16 februari 2017 lalu, pihak manajeman telah mengundang perwakilan dari seluruh Bonek Mania. Mereka di kumpulkan dalam acara yang bertajuk Bonek Conference. Di acara ini, manajemen dan Bonek mania berusaha menyatukan visi dan misi dalam untuk memperbaiki citra Bonek.

Dalam acara yang di hadiri oleh 200 perwakilan komuitas Bonek ini, manajemen memaparkan visi dan misinya. Ada 3 rencana yang di buat oleh manajeman, yaitu : Bonek Member Card, Rebranding Image Bonek dan Bonek Academy.

Bonek member card ini, selain sebagai suporter database juga akan berfungsi sebagai tiket terusan. Re-Branding Image Bonek ini adalah untuk mengubah image negatif Bonek. Manajemen menambahkan kata “kreatif” sebagai tambahan. Jadi singkatan bonek saat ini adalah Bondo-Nekad-Kreatif di tambah tagline Let’s Do The Creative Thing.

Ada 2 pokok kegiatan yang akan di lakukan, yaitu aksi dan kompetisi. Untuk Aksi akan ada kegiatan berupa Bonek Safety Riding, Bonek Conference dan Bonek berbagi. Sedangkan untuk kompetisi akan ada berbagai macam perlombaan seperti Lomba desain logo bonek, Lomba lagu Persebaya, Lomba proposal bisnis dan lomba aksi di tribun. Bonek Academy adalah suatu program yang berkesinambungan untuk mewadahi semua kegiatan bonek, namun hal ini akan berusaha di wujudkan pada 2 smpai 3 tahun kedepan.

Dalam kesempatan ini, Puji Agus Santoso juga mengungkapkan bahwa penjualan Tiket masih menjadi sokongan dana utama untuk membangun Tim Kesebelasan Persebaya Surabaya yang tangguh dan juara. Oleh karena itu, nantinya manajemen akan bekerjasama dengan vendor tiket F-1 yang ada di Sepang Malaysia. “Kita akan memakai sitem yang terintegrasi, terkoneksi dan terkontrol” jelas Puji. Tiket juga akan di jual secara online dan melalui agen. Mungkin baru Persebaya Surabaya yang akan menerapkan penjualan tiket dengan sistim canggih seperti ini di Indonesia.

Baca : Mie Pangsit Kotamadya Surabaya, Mie Legenda Surabaya

Satu hal yang patut di apresiasi oleh masyarakat adalah keinginan dari manajemen untuk menjadikan sepak bola sebagai hiburan keluarga. Jadi, nantinya para seporter bisa membawa istri maupun anak mereka untuk menonton pertandingan sepakbola dengan aman dan nyaman. Oleh karena itu pihak manajemen akan membuat tribun ramah anak. Manajemen juga berharap agar para suporter bisa meredam keinginannya untuk merokok selama pertandingan. Hal ini agar asap rokoknya tidak terkena ke anak-anak atau seporter lainnya yang tidak suka akan asap rokok.

Dengan adanya Azrul Ananda sebagai Presiden Klub, maka kita semua berharap agar Persebaya Surabaya bisa di kelola dengan baik layaknya beliau mengelola olahraga Bola basket dengan DBL-nya. Jika klub sepakbola lain masih menghaapkan sponsor dari rokok, tidak demikian dengan manajemen Persebaya Surabaya. Kabarnya manajemen telah melakukan pembicaraan sponsor dengan Bank Jatim dan Honda. Impian dari para Bonek ini adalah bahwa Persebaya Surabaya jangan sampai di bawa ke arah Politik. Keinginan inipun rupanya di setujui oleh sang Presiden Klub. Azrul Ananda berjanji akan menjadikan Persebaya Surabaya menjadi Klub Profesional dan menjadi pelopor Klub yang di kelola secara profesional di Indonesia. Apapun langkahnya kami ingin melihat Persebaya Juara dan Bonek bisa lebih positif lagi. Salam Satu Nyali….Wani!!!. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

suroboyo-bus-bayar-pakai-sampah

Risma Mulai Melatih Warga Surabaya Untuk Beralih Ke Transportasi Umum

Risma Mulai Melatih Warga Surabaya Untuk Beralih Ke Transportasi Umum Kabar Surabaya – Saat ini …