Home / Kuliner / Nikmatnya Soto Ayam Lamongan “Cak Har”

Nikmatnya Soto Ayam Lamongan “Cak Har”

soto-ayam-lamongan-cak-harNikmatnya Soto Ayam Lamongan “Cak Har”

Kabar SurabayaNikmatnya Soto Ayam Lamongan “Cak Har” – Soto memang menjadi kuliner Indonesia yang mmemiliki keragamn yang kaya. Banyak daerah di Indonesia memiliki soto khasnya dengan cita rasa yang berbeda-beda. Misalnya saja di Jawa Timur, Soto Lamongan menjadi salah satu jawara kuliner yang merambah ke banyak kota di wilayah Indonesia. Di kota Surabaya ada soto lamongan yang sangat populer yakni Soto Ayam Lamongan “Cak Har” namanya.

Soto Ayam Lamongan “Cak Har” berlokasi di daerah Merr, tidak jauh dari kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Jika melewati Jalan Ir. H. Soekarno dan melihat banyak kendaraan baik mobil ataupun motor yang memadati parkir disana, sudah dipastikan itu adalah lokasi warung Soto Ayam Lamongan “Cak Har” yang terkenal.

Baca : Kelezatan Lontong Balap Pak Gendut Yang Melegenda

Area di tempat ini sangat luas, bahkan untuk ukuran sebuah warung soto tergolong super luas. Justru lebih terkesan seperti tempat nongkrong daripada tempat jualan soto. Rumah makan yang terbuka ini terlihat seperti rumah makan tradisional Jawa karena menggunakan bahan kayu sebagai material-nya untuk di seluruh perabotan yang ada di dalamnya, seperti meja dan kursinya. Soto Ayam Lamongan “Cak Har” ini tidak pernah sepi oleh pembeli. Terkadang akan sulit menemukan tempat duduk kosong karena saking penuhnya dengan pembeli. Dengan pelayanan yang sangat cepat dan tempat yang bersih, membuat warung Soto Ayam Lamongan “Cak Har” semakin terkenal. Maka tak heran jika sejak buka di pagi hari hingga tutup di malam hari, warung ini tidak pernah sepi dari pembeli.

Salah satu keunikan dari warung Soto Ayam Lamongan “Cak Har” adalah pelayanan yang diberikan kepada pembeli yang datang. Pembeli dapat memesan bagian daging ayam sesuai dengan selera. Misalnya ingin memesan daging ayam bagian dada saja tanpa kulit, maka yang disajikan benar-benar seesuai permintaan, tidak ada campuran bagian yang lain. Selain itu disini kita juga bisa memesan menu akstra, misalnya menu ceker ayam, kulit ayam, dan juga “balungan” atau tulang belulang ayam dengan sedikit daging yang masih menempel.

Yang khas dari warung Soto Ayam Lamongan “Cak Har” adalah kuahnya yang kental bersantan, memiliki warna kuning yang menggoda. Nasinya terendam oleh kuah dengan dilengkapi taburan daun seledri, potongan daging ayam yang melimpah, dan juga koya. Koya merupakan sejenis bubuk gurih yang terbuat dari tumbukan kerupuk udang dan diberi sedikit tambahan bumbu. Di warung Soto Ayam Lamongan “Cak Har”, menyediakan satu toples penuh koya di masing-masing meja agar pembeli bisa mengambil bumbu koya tersebut sepuasnya. Meskipun kuah sotonya bertekstur creamy, namun terasa ringan dan tidak terasa eneg. Kalian pun bisa menambahkan sambal, kecap dan jeruk nipis sesuai selera.

Baca : Makmu Kiper Foodcourt, Tempat Asik Buat Selfie

Warung Soto Ayam Lamongan “Cak Har” juga terkenal berkat krokotan / balungan ayam yang bisa diminta secara gratis. Banyak yang menggemari balungan soto Cak Har. Sambil makan soto sambil menggigit-gigit (krokot-krokot) balungan yang masih banyak ditempeli daging ayam. Walau ini hanya tulang ayam, namun tulang ayam ini sudah diolah dengan melalui proses memasak yang cukup panjang. Sehingga tulangnya sudah lunak dan resapan bumbunya pun sangat terasa.

Tak salah jika warung Soto Ayam Lamongan “Cak Har” menjadi salah satu kuliner Surabaya yang wajib dicoba. Cita rasa soto ayam yang gurih dan tambahan bumbu koya yang diambil sesuai selera, membuat pembeli puas menikmati soto yang disajikan.

keterangan :
Warung Soto Ayam Lamongan “Cak Har” berada di Jalan Ir. H. Soekarno (Merr) Surabaya
buka mulai pukul 07.00 sampai pukul 23.00 WIB

About Kabar Surabaya

Check Also

dapur cokelat surabaya

Dapur Cokelat Surabaya, Outlet Bagi Pecinta Cokelat

Dapur Cokelat Surabaya, Outlet Bagi Pecinta Cokelat Kabar Surabaya – Dapur Cokelat Surabaya, Outlet Bagi Pecinta …