Home / Event / Operasi Bibir Sumbing Gratis 2016, Kembalikan Senyum Anak Indonesia

Operasi Bibir Sumbing Gratis 2016, Kembalikan Senyum Anak Indonesia

operasi-bibir-sumbing-gratis-surabayaOperasi Bibir Sumbing Gratis 2016, Kembalikan Senyum Anak Indonesia

Kabar SurabayaOperasi Bibir Sumbing Gratis 2016, Kembalikan Senyum Anak Indonesia – Saat ini, di Indonesia masih banyak terdapat anak yang menderita bibir sumbing. Sebenarnya bibir sumbing sendiri terbagi menjadi dua kategori. Kategori tersebut adalah cacat pada celah bibir dan cacat pada langit-langit. Cacat ini biasanya langsung bisa di ketahui sejak bayi di lahirkan. Gangguan bibir sumbing ini biasanya terjadi pada fase awal kehamilan. Angka dari anak yang menderita bibir sumbing ini sebenarnya sudah menurun dratis. Namun masih belum bisa ditangani secara tuntas.

Ada beberapa penyebab mengapa anak bisa terserang cacat bibir sumbing, yaitu :

1. Karena Faktor Keturunan / Genetik

Faktor genetika cukup berperan pada anak yang menderita bibir sumbing. Faktor keturunan ini bisa dari kedua orang tua yang pernah mengalami cacat bibir sumbing. Bisa juga dari kakek dan nenek. Biasanya cacat bibir sumbing ini akan terbentuk pada tri-semester pertama kehamilan.

Baca : Kaki Palsu Gratis 2016 Oleh IZI Indonesia

2. Asupan Asam Folat

Asam Folat sangatlah penting untuk pembentukan struktur otak dan jaringan wajah. Bagi anak yang punya keturunan bibir sumbing, maka sebaiknya mendapatkan asupan asam folat yang cukup tinggi.

3. Rokok

Bagi wanita hamil sebaiknya menghentikan kebiasaan merokok. Selain itu hindarilah berada di dekat-dekat orang yang merokok. Zat yang terkandung di dalam rokok dapat memicu janin untuk menderita bibir sumbing.

4. Alkohol

Hindari minuman keras ketika hamil. Zat kimia yang terkandung di minuman keras akan merusak proses pembentukan organ pada bayi.

5. Obesitas

Pada saat mengandung, berat badan calon ibu akan meningkat. Hal ini adalah wajar, namun harus tetap di jaga agar tidak sampai menjadi obesitas. Karena berat badan yang berlebih akan meningkatkan resiko cacat pada janin.

6. Efek Samping Obat

Calon ibu yang sedang mengandung sebaiknya berhati – hati jika meminum obat. pastikan obat yangdi minum tidak ada efek samping untuk perkembangan janin. Konsultasilah kepada dokter apabila ingin meminum obat tertentu.

Dari paparan di atas, jelaslah bahwa kebutuhan akan gizi sangatlah penting bagi ibu hamil. Yang juga harus di perhatikan adalah asupan asam folat yang berfungsi untuk pembentukan jaringan wajah.

Untuk membantu anak-anak yang menderita bibir sumbing, saat ini akan di laksanakan operasi bibir sumbing gratis 2016. Kegiatan ini akan di laksanakan pada tanggal 14 Desember 2016.  Operasi Bibir Sumbing Gratis 2016 ini di kemas dalam kegiatan Bakti Sosial (Baksos). Para pihak yang berperan dalam Baksos ini adalah Smile Train Indonesia, Johnson & Johnson Indonesia danRumah Sakit Husada Utama Kota Surabaya.

Baca : Festival Tunjungan Surabaya Semakin Semarak

Perlu di ketahui, bahwasanya Smile Train adalah organisasi kemanusiaan yang bergerak dalam perbaikan bibir sumbing dunia. Organisasi ini didirikan di Tiongkok pada tahun 1999 dan sampai saat ini telah berhasil melakukan operasi sumbing terhadap lebih dari 38.000 anak di Indonesia.

Operasi Bibir Sumbing Gratis 2016 ini benar-benar gratis. Mulai dari pendaftaran, pemeriksaan, operasi, rawat inap dan obat pasca operasi akan di tanggung sepenuhnya oleh Smile Train Indonesia, Johnson & Johnson Indonesia danRumah Sakit Husada Utama Kota Surabaya.

Operasi Bibir Sumbing Gratis 2016 ini terbuka bagi semua warga negara Indonesia, dengan persyaratan sebagai berikut :

1. Memiliki celah bibir / celah langit-langit / celah bibir dan celah langit-langit

2. Untuk penderita celah bibir, usia minumum untuk bisa di lakukan operasi adalah 3 bulan dan berat badan minumum 5 Kg.

3. Untuk penderita celah langit-langit, usia minumum untuk bisa di lakukan operasi adalah 1 tahun dan berat badan minumum 10 Kg.

4. Membawa Fotocopy KTP Orang Tua dan Kartu Keluarga.

Lokasi Pendaftaran dan Pusat Informasi Operasi Bibir Sumbing Gratis 2016 adalah:

Rumah Sakit Husada Utama Surabaya

Jl. Prof.Dr.Moestopo No.31-35 Surabaya

Call Center : 031-5018335.ext 1124 dan 085706967429 (Nana).

Kabar Surabaya, Media Surabaya Terpercaya Di Kota Surabaya

About Kabar Surabaya

Check Also

lomba-perahu-layar-surabaya

Aneka Warna Perahu Layar Akan Berlomba Di Pantai Kenjeran Surabaya

Aneka Warna Perahu Layar Akan Berlomba Di Pantai Kenjeran Surabaya Kabar Surabaya – Sudahkah anda …