Home / Event / Operasi Katarak Gratis Surabaya 2017 Oleh Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia

Operasi Katarak Gratis Surabaya 2017 Oleh Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia

Operasi Katarak Gratis Surabaya 2017Operasi Katarak Gratis Surabaya 2017 Oleh Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia

Kabar Surabaya – Operasi Katarak Gratis Surabaya 2017 Oleh Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia –  Penyakit Mata Katarak merupakan kerusakan mata yang biasanya gejalanya di ketahui dengan adanya kekeruhan di lensa mata. Tingkat kekeruhan yang terjadi tergantung pada tingkat kerusakan yang terjadi. Biasanya kekeruhan ini berlangsung secara perlahan-lahan dan mengakibatkan penglihatan menjadi kabur. Yang lebih parah lagi bahkan bisa menyebabkan kebutaan mata apabila kekeruhan yang ada pada lensa mata terlalu parah/tebal. Akibatnya akan menghalangi cahaya masuk ke lensa mata.

WHO pernah merilis bahwa sekitar 48 % kebutaan diakibatkan oleh penyakit katarak. Penyakit katarak ini lebih sering muncul pada usia manula. Lantas, sebenarnya apa saja yang bisa menyebabkan penyakit katarak ini?.  Faktor yang menyebabkan timbulnya penyakit katarak adalah :

  1. Penyakit Katarak dapat disebabkan karena terpaan radiasi dari sinar UV yang langsung pada organ mata.
  2. Faktor usia menjadi penyebab pertama dari penyakit ini. Hal ini dapat dibuktikan dengan fakta bahwa mayoritas penderita katarakl ini adalah orang yang telah berusia cukup lanjut.
  3. Faktor keturunan/genetik di perkirakan juga bisa menjadi penyebab dari timbulnya penyakit katarak ini, meskipun belum banyak data yang mendukung.
  4. Trauma fisik yang terjadi pada mata juga berperan mengakibatkan katarak mata. Biasanya akibat dari kecelakaan yang terjadi pada mata.
  5. Penyakit diabetes dan darah tinggi juga berpotensi mengakibatkan katarak mata.

Baca : Surabaya Urban Culture Festival 2017, Semarakkan Kawasan Tunjungan Sehari Penuh

Sedangkan untuk tanda-tanda dan gejala dari penyakit Katarak mata adalah sebagai berikut :

  1. Terdapat kekeruhan terhadap lensa pada mata. Tingkat kekeruhan ini biasanya tergantung pada tingkat penyakitnya. Di mulai dari tingkat kekeruhan yang kecil terus membesar
  2. Pandangan mata akan menjadi kabur lalu penglihatan akan menjadi buram.
  3. Biasanya saat malam hari penglihatan mata menjadi berkurang.
  4. Ketajaman pengelihatan mata akan berkurang, tingkat sensitivitas mata akan cahaya kontras akan menghilang sehingga jika melihat kontur dan warna kurang jelas. Hal ini karena cahaya akan tersebar akibat dari katarak tersebut.

Di Kota Surabaya sendiri ternyata masih banyak di temukan masyarakat yang menderita penyakit Katarak Mata. Biasanya yag menderita penyakit ini kebanyakan adalah mereka yang berusia lanjut dan renta. Dan sayangnya dari kebanyakan mereka masih terkendala oleh mahalnya biaya pengobatan.

Untuk membantu meringankan beban masyarakat yang tidak mampu tersebut, Yayasan Budha Tzu Chi tergerak untuk memberikan bantuan berupa Operasi Katarak Gratis Surabaya 2017. Lokasi dari Yayasan ini berada di Komplek Ruko Mangga Dua Center Blok B-10 Nomor 1 dan 2 ,Jalan. Jagir Wonokromo No. 100 Surabaya. Yayasan yang aslinya berasal dari negara Taiwan ini mempunyai misi untuk menolong sesama dan bergerak di bidang kemanusiaan.

Dalam pelaksanaan program baksos Operasi Katarak Gratis Surabaya 2017 ini yayasan Budha Tzu Chi akan bekerjasama dengan Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Jatim. Baksos Operasi Katarak Gratis Surabaya 2017 ini terbuka untuk seluruh masyarakat Jawa Timur tanpa terkecuali. Program ini benar-benar dilaksanakan secara gratis dan masyarakat tidak akan di pungut biaya sedikitpun bila ingin mengikutinya.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti Operasi Katarak Gratis Surabaya 2017 ini bisa melengkapi persyaratan yang di butuhkan. Persyaratan tersebut adalah :

  1. Foto Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Foto Copy Kartu Keluarga (KK)

Baca : Geek Fest 2017 Sajikan Festival Kreativitas Anak Muda Surabaya

Untuk Informasi lebih lanjut dan pendaftaran baksos Operasi Katarak Gratis Surabaya 2017 ini, calon pasien bisa menghubungi :

  1. Sekretariat Tzu Chi Kota Surabaya dengan nomor telephon : (031) 8475434 dan (031)8475435
  2. Rumah Sakit Bayangkara Kota Surabaya dengan kontak person : AKBP. drg. M. Ony Swasono (081381782827) dan Kompol Nani Purwati, S.Kep (081332089493)

Setelah melakukan proses pendaftaran, calon pasien dari program Operasi Katarak Gratis Surabaya 2017 ini akan menjalani screening di Rumah Sakit Bhayangkara, Jalan Ahmad Yani Nomor 116 Kota Surabaya. Pelaksanaannya akan di lakukan pada hari Sabtu, 8 Juli 2017 pada pukul 08.00wib hingga pukul 16.00wib.

Sedangkan untuk pelaksanaan dari program Operasi Katarak Gratis Surabaya 2017 ini adalah pada tanggal 14 Juli 2017 (hari Jum’at) dan 15 Juli 2017 (hari Sabtu) di Rumah Sakit Bhayangkara, Jalan Ahmad Yani Nomor 116 Kota Surabaya. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

Pertempuran Insiden Bendera Di Surabaya Hadir Dalam Monolog Ke V

Pertempuran Insiden Bendera Di Surabaya Hadir Dalam Monolog Ke V Kabar Surabaya – Pertempuran Insiden Bendera …