Home / Event / Parade Surabaya Juang 2016 Siap Membara

Parade Surabaya Juang 2016 Siap Membara

parade-surabaya-juang-2016Parade Surabaya Juang 2016 Siap Membara

Kabar SurabayaParade Surabaya Juang 2016 Siap Membara – Di Bulan November ini, Indonesia akan memperingati suatu hari yang telah di kenang sepanjang masa. Hari di mana ribuan nyawa para pejuang yang kebanyakan terdiri dari arek – Arek Suroboyo gugur dan tewas di medan peperangan. Hari tersebut adalah Hari Pahlawan. Event Hari Pahlawan yang di peringati pada tanggal 10 November di setiap tahunnya ini merupakan refleksi dari dahsyatnya pertempuran yang terjadi di Kota Surabaya. Pada hari tersebut, tentara Sekutu yang datang ke Kota Surabaya mendapatkan perlawanan dari Arek – Arek Suroboyo yang tidak ingin di jajah kembali oleh Belanda. Sengitnya pertempuran antara tentara Sekutu yang di bekali dengan senjata canggih mendapatkan perlawanan yang sangat militan dari Arek – Arek Suroboyo yang hanya bersenjatakan bambu runcing. Heroiknya pertempuran yang terjadi di Kota Surabaya inilah yang setiap tahunnya selalu di peringati oleh Pemerintah Kota Surabaya dengan menyelenggarakan Parade Surabaya Juang 2016.

Parade Surabaya Juang 2016 ini akan melibatkan ratusan peserta yang berasal dari Tentara Nasional Indonesia (TNI), Pegawai di Pemerintahan Kota Surabaya, para siswa dan siswi dari beberapa sekolah di Surabaya dan dari beragam Komunitas Pemuda yang ada di Kota Surabaya. Tidak hanya dari Kota Surabaya, gelaran Parade Surabaya Juang 2016 ini juga akan melibatkan beberapa komunitas sejarah dari luar kota seperti Bandung, Jakarta, Jogjakarta, Magelang, Malang dan Magelang. Salah satu komunitas pecinta sejarah asal Kota Surabaya yang ikut serta dalam Parade Surabaya Juang 2016 adalah Roodeburg Soerabaya.

Baca : Tradisi Kupatan Sukolilo, Kupat Gratis Khas Kenjeran

Nantinya, suasana dari Parade Surabaya 2016 Juang ini akan di buat lebih dramatis dan lebih realistis dari pada event Parade Surabaya Juang 2016 tahun – tahun sebelumnya. Ada empat atraksi peperangan yang akan di peragakan pada Parade Surabaya Juang 2016 ini. Yaitu Teatrikal peperangan Benteng Kedung Cowek, Atraksi peperangan di depan Gedung Siola, Atraksi peperangan di depan Hotel Majapahit Kota Surabaya, Atraksi perang di depan Gedung Grahadi Surabaya, Atraksi perang di Jl.Polisi Istimewa (depan SMAK St.Louis), Atraksi perang di depan SMAK Santa Maria, Atraksi perang di area Taman Bungkul dan Atraksi peperangan di depan Monumen bambu Runcing Surabaya.

Yang perlu di tekankan di sini, apabila anda mempunyai penyakit jantung, jangan menonton dari jarak dekat. Hal ini di karenakan, suara bom, granat maupun letupan senjata akan di buat semirip mungkin dengan suasana pada saat itu. Di Parade Surabaya Juang 2016 ini, kita akan benar – benar di bawa kembali ke masa jaman awal – awal kemerdekaan di tahun 1945. Bukan hanya senjata genggam. Nantinya akan ada senjata berat seperti panser dan tank Dingo yang khusus di datangkan dari Kota Bandung.

Parade Surabaya Juang 2016 akan di laksanakan pada tanggal 6 November 2016. Rute parade akan di mulai dari Tugu Pahlawan- Jl.Kramat Gantung-Siola-Jl.Tunjungan-Jl.Gubenur Suryo-Jl.Panglima Sudirman-Jl.Urip Sumoharjo-Jl.Raya Darmo-Jl. Polisi Istimewa-Sekolah Santa Maria Jl. Darmo  dan akan berakhir di Taman Bungkul Kota Surabaya. Berikut beberapa Atraksi Peperangan yang akan di visualisasikan pada Parade Surabaya Juang 2016 :

Baca : Pemkot Surabaya Tolak Pengajuan Saluran Oleh Warga Lewat Musrenbang

1. Teatrikal peperangan Benteng Kedung Cowek

Teatrikal ini berupa penyerahan plakat Perang Benteng Kedung Cowek yang di lakukan oleh Komunitas Roodebrug Surabaya kepada Walikota Surabaya Tri Rismaharini. Penyerahan Bendera Sang Saka Merah Putih kepada tokoh Bung Tomo di sertai dengan lagu Indonesia Raya. Lokasi Teatrikal ini berada di Viaduk .

2. Atraksi peperangan di depan Gedung Siola

Di tempat ini akan di laksanakan visualisasi pidato Bung Tomo dan pertempuran perang tokoh Madun. Lagu-lagu perjuangan yang di nyanyikan oleh Kelompok Paduan Suara akan menjadi Soundtrack dari Teatrikal di tempat ini.

3. Pengibaran Bendera Merah Putih dan Pembacaan Puisi di depan Hotel Majapahit

Akan di laksanakan pengibaran Bendera Sang Saka Merah Putih dan pembacaan puisi karya KH.Mustofa Bisri oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini yang di iringi oleh Kelompok paduan Surabaya dari SMAK ST Lois 1 Kota Surabaya. Disini Walikota Surabaya akan turun dari Panser dan bergabung dengan LVRI Kota Surabaya.

4. Atraksi perang di depan Gedung Grahadi

Di tempat ini akan di lakukan Teatrikal pidato Gubenur Suryo dan peperangan yang dulu terjadi di depan Gedung Grahadi.

5. Atraksi peperangan di Monumen bambu Runcing Surabaya

Di lokasi ini akan di laksanakan perang yang cukup seru dengan tema Legiun Barisan Pelajar Nusantara

Baca : Sepenggal Cerita, Sejarah Gerbong Maut Di Surabaya

6. Atraksi peperangan di Jl. Polisi Istimewa (SMK St Louis)

Di Lokasi ini akan Pasukan Polisi istimewa akan bergabung dengan parade dan menuju ke garis finish

7. Atraksi peperangan di Taman Bungkul Surabaya

Atraksi peperangan di Taman Bungkul Surabaya ini merupakan acara puncak dari Parade Surabaya Juang 2016. Semua peserta pawai akan bergabung di sini dan melakukan peperangan akbar memperingati Hari Pahlawan 2016. Teatrikal pidato Bung Tomo juga akan di perdengarkan di lokasi ini.

Event Parade Surabaya Juang ini akan di gelar mulai pukul 08.30wib dan di perkirakan berakhir pada pukul 11.00wib. Demi kelancaran acara Parade Surabaya Juang 2016, Pihak Kepolisian akan menutup ruas-ruas jalan yang akan di lalui oleh para peserta pawai. Bagi para penonton pawai, di harapkan untuk memarkirkan kendaraannya di tempat parkir – parkir umum dan menonton dari trotoar. Mohon untuk tidak maju ke area yang di gunakan peserta pawai dan buanglah sampah bekas makanan d tempat sampah yang telah di sediakan. (Yanuar Yudhatama)

About Kabar Surabaya

Check Also

minggu-pertanian-pemkot-surabaya-2

Pemkot Surabaya Kembali Gelar Produk Pertanian

Pemkot Surabaya Kembali Gelar Produk Pertanian Kabar Surabaya – Kota Surabaya adalah kota metropolitan terbear …