Home / Event / Parade Surabaya Juang 2017 Siap Menggempur Kota Surabaya

Parade Surabaya Juang 2017 Siap Menggempur Kota Surabaya

parade-surabaya-juangParade Surabaya Juang 2017 Siap Menggempur Kota Surabaya

Kabar Surabaya – Parade Surabaya Juang 2017 Siap Di Gelar – Kedatangan Bulan November 2017 tinggal menghitung hari saja. Pada bulan tersebut Kota Surabaya mempunyai kenangan yang tidak akan terlupakan sampai di akhir masa nanti. Karena di bulan November-lah ratusan ribu Arek-Arek Suroboyo di adu nyalinya dengan melakoni pertempuran terdahsyat di negeri ini. Pertempuran selama kurang lebih 30 hari ini sejatinya di sebabkan oleh kekurang-ajaran para tentara Sekutu, yaitu Inggris dan Belanda. Tentara Sekutu yang seharusnya ke Surabaya hanya di tugaskan untuk melucuti senjata tentara Jepang yang kalah pada perang dunia kedua, malah beralih untuk menduduki Kota Surabaya. Tentara sekutu yang datang dengan persenjataan lengkap, pesawat terbang dan kapal perang lalu memborbardir Kota Surabaya. Namun bukan orang Surabaya kalau kemudian harus takut. Meskipun bersenjata sepucuk bambu runcing, arek-arek Suroboyo tetap melawan dengan gagah berani.  Perlawanan Arek-Arek Suroboyo inilah yang kemudian akan di gambarkan dalam Parade Surabaya Juang 2017 mendatang.

Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata telah meng-agendakan beberapa acara guna menyambut Hari Pahlawan ini. Acara tersebut adalah sebagai berikut :

Baca :  Pemutihan Pajak Kendaraan 2017 Jawa Timur Segera Di Gelar

  1. Sekolah Kebangsaan (23 Oktober 2017 – 8 November 2017) : Acara ini di kemas dengan perogram edukatif yang di tujukan kepada sekolah-sekolah dasar dan  menengah yang ada di Kota Surabaya. Tujuannya adalah agar para calon penerus bangsa ini mengerti dan paham akan perjuanangan para pejuang pada masa perang kemerdekaan dulu. nantinya mereka akan mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Kota Surabaya ini dan berdialog langsung dengan Walikota Surabaya Tri Rismaharini.
  2. Wisata Kepahlawanan / Heroick Track (20 Oktober 2017 – 7 November 2017) : Wisata keliling Kota surabaya ini nantinya akan mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang mempunyai cerita pada saat pertempuran 10 November 1945. Wisata ini terbuka bagi seluruh masyarakat bagi yang ingin mengikutinya bisa mendaftar di Surabaya torism Information Center yang berada di Balai Pemuda Jalan Gubenur Suryo Nomor 15 Kota Surabaya.
  3. Parade Surabaya Juang 2017 : Parade ini nantinya akan menampilkan teatrikal dan rekontruksi dari perang 10 November 1945 yang sesungguhnya.

Pada tahun ini Parade Surabaya Juang 2017 akan melibatkan 2500 hingga 3000 peserta. Para peserta ini terdiri dari :

  • Tentara Nasional Indonesia (TNI),
  • Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari tingkat Kelurahan, Kecamatan hingga dinas-dinas yang terkait
  • Berbagai Komunitas Kepemudaan yang ada di Kota Surabaya
  • Komunitas Veteran Republik Indonesia Kota Surabaya
  • Ratusan Siswa dan siswi dari beberapa sekolah yang ada di Kota Surabaya

Pawai Surabaya Juang ini adalah acara yang sangat di tunggu-tunggu oleh masyarakat Kota Surabaya dan mendapatkan sambutan yang cukup luas dari masyarakat di luar Kota Surabaya. Hal ini terbukti dengan keikutsertaan mereka dalam acara tahunan ini. Beberapa komunitas pecinta sejarah yang sudah menyatakan keikut-sertaannya adalah dari Kota Bandung, Jakarta, Magelang, Yogjakarta dan Malang. Namun biasanya menjelang hari pelaksanaan nanti, akan banyak peserta dari kota lain yang akan mendaftar. Dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya tetap akan menerima atensi dari para peserta yang ingin ikut meramaikan even Parade Surabaya Juang 2017 ini.

Dari Kota Surabaya sendiri, nantinya akan di motori oleh Komunitas Pencinta Sejarah, Roobeburg Surabaya. Dalam jumpa pers-nya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya mengungkapkan bahwasannya tidak akan mudah mengatur sekian banyak orang dalam memainkan teatrikal Parade Surabaya Juang 2017 ini. “Namun kami akan di bantu oleh sutradara untuk mengatur mereka” jelasnya.

Baca : Mall Pelayanan Publik Surabaya, Satu Atap Layani Semua Kebutuhan Warga

Parade Surabaya Juang 2017 ini nantinya akan di langsungkan pada hari Minggu tanggal 5 November 2017. Untuk Pawai Parade Surabaya Juang 2017 akan di mulai pada pukul 08.00wib. Para peserta akan berangkat dari Komplek Tugu Pahlawan Kota Surabaya. Dari Tugu pahlawan peserta Parade Surabaya Juang 2017 akan mulai berjalan di Jalan Kramat Gantung untuk menuju ke Gedung Siola. Perjalanan Parade Surabaya Juang 2017 akan berlanjut ke Jalan Tunjungan hingga ke Hotel Majapahit untuk mendengarkan pembacaan puisi. Lalu Di depan Grahadi untuk mendengarkan pidato dari Gubenur Suryo.

Pawai Surabaya Juang 2017 ini akan di lanjutkan menuju ke monumen Bambu Runcing untuk mengikuti teatrikal peperangan. Setelah dari Monumen Bambu Runcing. perjalanan akan di teruskan di jalan darmo dan akan berakhir di Taman Bungkul Surabaya.  (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

bulak-fest-2017

Bulak Fest 2017 Bakal Ramaikan Kawasan Pantai Kenjeran Surabaya

Bulak Fest 2017 Bakal Ramaikan Kawasan Pantai Kenjeran Surabaya Kabar Surabaya – Bulak Fest 2017 Bakal …