Home / Kabar Surabaya / Park And Ride Mayjend Sungkono Sediakan Lahan Parkir Bagi Masyarakat

Park And Ride Mayjend Sungkono Sediakan Lahan Parkir Bagi Masyarakat

park_and_ride_surabayaPark And Ride Mayjend Sungkono Sediakan Lahan Parkir Bagi Masyarakat

Kabar Surabaya – Park And Ride Surabaya Sediakan Lahan Parkir Bagi Masyarakat – Semakin sempitnya lahan kosong yang ada di Kota Surabaya ini menyebabkan banyak kendaraan terpaksa berhenti di tepi jalan untuk parkir. Hal ini biasanya banyak terjadi di pusat kota Surabaya yang kawasannya sudah sedemikian padat. Bahkan pertokoan atau suatu gedung perkantoran kadangkala mempunyai lahan parkir yang sangat terbatas. Tentunya keadaan ini akan mengakibatkan banyak pengendara kendaraan yang akhirnya memarkirkan kendaraannya di tepi jalan. Padahal hal ini akan mengganggu kelancaran dari lalu lintas.  Bahkan tidak jarang kita akan menjumpai masyarakat yang memarkirkan kendaraannya di tepi jalan raya. Padahal di tepi jalan tersebut sudah di pasang rambu untuk larangan parkir. Untuk mengatasi hal ini, maka pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Perhubungan Kota Surabaya membangun fasilitas Park And Ride Kota Surabaya.

Park And Ride Kota Surabaya ini di bangun guna memenuhi kebutuhan akan lahan parkir yang sudah semakin terbatas. Di harapkan dengan adanya Park And Ride ini, masyarakat bisa memarkirkan kendaraannya dengan aman dan tanpa khawatir melanggar aturan lalu lintas. Park And Ride Kota Surabaya ini telah berdiri di kawasan Mayjed Sungkono dan telah di manfaatkan oleh banyak masyarakat. Masyarakat yang banyak memarkir kendaraannya di Park And Ride Kota Surabaya ini kebanyakan adalah para pekerja yang berkantor di kawasan sekitar Mayjend Sungkono tersebut.

Baca : Bandeng Tandu AW Santapan Bandeng Lezat Tanpa Duri

Park And Ride Mayjend Sungkono ini berlokasi di jalan Mayjend Sungkono No 122. Park And Ride yang memiliki 3 lantai ini terlihat sangat eye catcing dengan pintu masuk yang ber-aksen orange. Pada pintu masuk ini terdapat tulisan park and Ride mayjend sungkono. Sedangkan pada sisi yang berada di tepi jalan bertuliskan Pusat Oleh-Oleh Surabaya. Hal ini menunjukkan bahwasannya Park And Ride ini nantinya bukan hanya sekedar berfungsi sebagai lahan parkir. Melainkan sebagai pusat oleh-oleh khas Surabaya. Ke-depannya pada laintai 2 akan di berikan space khusus bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah untuk berjualan oleh-oleh khas Kota Surabaya.

Fasilitas yang di miliki oleh Park And Ride Mayjend Sungkono terbilang cukup mumpuni. Untuk keamanan kendaraan yang di parkir, setiap lantainya di lengkapi dengan beberapa cctv. Setiap harinya terdapat personel yang bertugas stand by selama 24 jam. Kondisi tempat parkir terbilang luas dan nyaman. Setiap slot parkir terdapat sensor yang menginformasikan apakah slot parkir ini telah terisi atau kosong. Apabila slot parkir ini telah terisi maka lampu akan menyala merah. namun jika slot parkir kosong, lampu akan menyala hijau. Hal ini akan memudahkan pengemudi untuk melihat tempat parkir yang kosong dari jarak jauh.

Baca : Heerlijk Library Cafe Menur Surabaya, Tempat Nongkrong Yang Vintage Banget 

Sejatinya Park And Ride Mayjend Sungkono ini di bangun untuk menunjang adanya AMC (Angkutan Masal Cepat) yang telah di agendakan oleh Pemerintah Kota Surabaya. Nantinya, masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi akan memarkirkan kendaraannya di Park And Ride Mayjend Sungkono. Lalu mereka meneruskan perjalanannya dengan menaiki AMC tadi. Hal ini di harapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas. Namun karena progress dari AMC ini masih belum begitu kentara, saat ini Park And Ride Mayjend Sungkono lebih berfungsi sebagai tempat parkir umum. Bagi anda yang ingin memarkirkan kendaraan di lokasi Park And Ride Mayjend Sungkono, siapkan Rp 5000 untuk mobil dan Rp 2000 untuk motor. Tarifnya akan menjadi 2 kali lipat jika kendaraan anda menginap lebih dari 24 jam (Mobil menjadi Rp 10.000, Motor menjadi Rp 4000). Setiap harinya Park And Ride Mayjend Sungkono bisa menampung 124 Mobil dan 250 motor.

Pada tahun depan Pemerintah Kota Surabaya berencana akan menambah lokasi dari Park And Ride berikutnya. Rencananya akan dibangun di Terminal Joyoboyo dan kawasan Dukuh Menanggal Kota Surabaya. (Yanuar Yudha)

 

About Kabar Surabaya

Check Also

bunga-tebebuya-di-kota-surabaya-b

Bunga Tebebuya Di Surabaya, Buat Surabaya Laksana Jepang

Bunga Tebebuya Di Surabaya, Buat Surabaya Laksana Jepang Kabar Surabaya – Bunga Tebebuya Di Surabaya …