Home / Kabar Surabaya / Parkir Meter Surabaya, Sarana Parkir Untuk Masa Depan

Parkir Meter Surabaya, Sarana Parkir Untuk Masa Depan

cara-penggunaan-parkir-meter-surabayaParkir Meter Surabaya, Sarana Parkir Untuk Masa Depan

Kabar SurabayaParkir Meter Surabaya, Sarana Parkir Untuk Masa Depan – Bicara tentang masalah parkir di Kota Surabaya, rasanya tidak akan ada habisnya. Pasalnya, masih banyak Juru Parkir (jukir) nakal yang sering meminta tarif parkir di luar ketentuan yang ada. Bahkan tarif parkir yang di minta bisa dua kali hingga tiga kali lipat dari tarif parkir yang telah di tentukan oleh Pemerintah Kota Surabaya. Yang paling parah adalah, meskipun di lokasi tersebut sudah ada tanda Parkir Gratis, tetap saja muncul jukir yang siaga untuk menarik tarif parkir kendaraan anda. Hal inilah yang menyebabkan masyarakat akhirnya mengajukan banyak keluhan ke Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Untuk menjawab keluhan masyarakat mengenai tarif parkir dan para jukir nakal tersebut, akhirnya Pemerintah Kota Surabaya memasang Parkir Meter Surabaya.

Tarif parkir di Kota Surabaya ini sebenarnya telah di tuangkan dalam Peraturan Walikota Surabaya (Perwali) nomor 37 tahun 2015. Besaran tarif parkir menurut aturan tersebut adalah :

  1. Tarif Sepeda Motor untuk parkir di Tepi jalan Umum (TJU) adalah Rp 1.000
  2. Tarif Sepeda Motor untuk tempat isidentil dan di  parkir zona adalah Rp 2.000
  3. Biaya Tarif Mobil pribadi untuk parkir di Tepi jalan Umum (TJU) adalah Rp 3.000
  4. Tarif Mobil pribadi untuk parkir di tempat isidentil adalah Rp 4.000
  5. Tarif Mobil pribadi untuk parkir di zona parkir adalah Rp 5.000
  6. Biaya Mobil pribadi untuk parkir di tempat wisata adalah Rp 5.000

Meskipun tarif parkir sudah jelas aturannya, namun di lapangan tarifnya bisa naik berkali-lipat. Tidak jarang tarif untuk mobil di kenakan untuk motor. Hal seperti inilah yang biasanya membuat pengguna parkir sering berselisih paham dengan para jukir. Namun banyak pula yang hanya pasrah di kenakan tarif tinggi, asalkan kendaraannya tetap aman. Selain tarif tinggi, banyak juga jukir yang memberikan karcis bekas kepada pengguna parkir. Karcis bekas ini sering di gunakan secara berkali-kali.

Baca : Peluang Usaha 2017 Yang Menjanjikan

Beragam keluhan juga sering di sampaikan Netizen melalui Media Sosial. Berikut beberapa keluhan Netizen yang dapat kami ambil melalui Fan Page Kabar Surabaya.

” Sudah jelas-jelas di Alfa Mart terpampang tulusan parkir gratis, eh baru naik motor sudah di datangi tukang parkir, ini jukir atau preman ya..?” kata Masduki.

” Fotokopi cuman habis Rp 500 eh di tarik parkir Rp 2000 ” tutur Ridwan

” Pernah sekali parkir mobil di kawasan Jembatan Surabaya, sudah parkirnya ruwet dan memakan badan jalan, parkir mobil kena tarif Rp 30.000, sangar kan…?” tutur Rizki Rahmadianti, salah satu anggota KIM Swaraguna Surabaya.

Sebelum Parkir Meter Surabaya di rilis, sebenarnya Dinas Perhubungan Kota Surabaya juga telah mengeluarkan suatu inovasi. Inovasi tersebut adalah adanya hadiah langsung bagi pengguna parkir. Hadiah langsung ini di bisa di dapatkan pengguna parkir  dengan cara menggosok hologram yang ada di karcis parkir. Namun rupanya cara ini juga tidak berjalan dengan baik.

Untuk mengatasi keluhan para pengguna parkir ini. akhirnya Pemerintah Kota Surabaya memasang Parkir Meter di Surabaya. Parkir Meter Surabaya ini akan memutus rantai pembayaran pengguna parkir kepada para jukir. Tindakan inilah yang di harapkan dapat mencegah kecurangan yang di lakukan oleh jukir. Cara ini juga di anggap ampuh untuk mencegah kebocoran pendapatan Kota Surabaya dari tarif parkir.

Pengoperasian fasilitas Parkir Meter Surabaya ini sebenarnya cukulah mudah. Melalui alat ini para pengguna parkir akan di tuntut untuk membayar tarif parkir dengan menggunakan E-Money. Jadi nantinya Pemerintah Kota Surabaya akan menerbitkan kartu parkir khusus. Para pengguna parkir, nantinya bisa mendapatkan kartu ini di agen/outlet resmi yang telah di tunjuk. Rencananya Pemerintah Kota Surabaya akan menggandeng Bank Jatim sebagai penerbit kartu parkir serta pengisian top-upnya.

Baca : Fakta dan Mitos Tentang Coklat Yang Perlu Kita Ketahui

Cara menggunakan alat Parkir Meter Surabaya ini sebenarnya cukup mudah. Berikut langkah-langkah yang harus di lakukan oleh pengguna parkir jika ingin menggunakan alat Parkir Mater Surabaya.

  1. Pastikan kartu parkir anda masih terdapat saldo yang cukup.
  2. Datangai Parkir Meter Surabaya  yang terdekat dengan kendaraan anda
  3. Nyalakan layar pada alat Parkir Mater Surabaya jika masih dalam keadaan mati.
  4. Pilih jenis kendaraan ada (Mobil / Motor)
  5. Masukkan Nomor Polisi kendaraan anda.
  6. Masukkan durasi parkir kendaraan anda.
  7. Langkah terakhir, tempelkan / tap kartu parkir anda pada alat Parkir Meter Surabaya di lokasi yang di tentukan.
  8. Setelah itu akan alat Parkir Meter Surabaya akan mencetak 2 struk parkir.
  9. Satu struk bisa anda tempelkan di kendaraan dan struk yang lain bisa anda bawa.

Pengoperasian Parkir Mater Surabaya ini tidak lantas membuat para jukir menjadi pengangguran. Mereka justru akan di angkat menjadi bagian dari sistem dan akan mendapatkan gaji tetap sesuai dengan Upah Minumum Regional (UMR) Kota Surabaya yang tahun 2017 ini mencapai Rp 3.400.000/bulan.

Dengan di operasikannya Parkir Meter Surabaya ini, di harapkan tidak akan ada lagi jukir-jukir nakal yang se-enaknya mempermainkan harga karcis parkir. Dengan demikian masyarakat juga di untungkan dan lebih aman lagi dalam meninggalkan kendaraannya di lokasi parkir.  (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

aplikasi-go-parkir-surabaya

Aplikasi Go Parkir, Solusi Mencari Slot Parkir Dari Rumah

Aplikasi Go Parkir, Solusi Mencari Slot Parkir Dari Rumah Kabar Surabaya – Seiring dengan bertambahnya …