Home / Sejarah / Patung Surabaya, Tetenger Asli Suroboyo

Patung Surabaya, Tetenger Asli Suroboyo

tetenger-patung-suroboyoPatung Surabaya, Tetenger Asli Suroboyo

Kabar SurabayaPatung Surabaya, Tetenger Asli Suroboyo – Setiap Kota di Indonesia pasti mempunyai lambang kotanya masing – masing. Biasanya lambang kota ini akan di buatkan patung yang kemudian menjadi tetenger dari kota yang bersangkutan. Kota Surabaya, seperti juga kota – kota lainnya di Indonesia, juga mempunyai Patung yang menjadi ikon dari Kota Pahlawan ini. Karena letak Kota Surabaya yang berada di tepi laut maka tidak heran bila simbol kotanya adalah patung yang berbentuk hewan air. Hewan tersebut adalah ikan hiu yang bernama suro sebagai penguasa laut dan buaya yang bernama boyo sebagai penguasa sungai. Kedua binatang inilah yang menjadi simbol utama dari Patung Surabaya.

Cerita dari Patung Suroboyo ini adalah  pertarungan antara Suro dan Boyo dalam hal memperebutkan daerah kekuasaan. Pertarungan ini mengakibatkan mereka berdua akhirnya mati. Selain itu, terdapat juga cerita tentang perkelahian antara Sawunggaling dan Adipati Jayengrono. Konon, setelah mampu mengusir tentara dari Tartar (Mongol), Raden Wijaya yang akhirnya menjadi raja pertama dari Majapahit. Kemudian dia mendirikan kerajaan di daerah Ujung Galuh (daerah pelabuhan Tanjung Perak) dan memastikan Bupati Adipati Jayengrono guna memimpin wilayah tersebut. Semakin lama pengaruh dari Bupati Jayengrono semakin digjaya, kuat serta mandiri dikarenan telah menguasai ilmu kanuragan Buaya. Hal ini dianggap sebagai ancaman terhadap kerajaan Majapahit. Maka untuk mengalahkan Bupati Jayengrono, Raden Wijaya mengutus Sawunggaling yang telah berhasil mendapatkan ilmu Sura (Ikan Hiu). Pertarungan adu kesaktian dilakukan di pinggir Sungai Kalimas dekat kawasan Paneleh. Adu kesaktian itu berlangsung tujuh hari tujuh dan tujuh malam tragisnya, keduanya meninggal kehabisan tenaga.

Baca : Pesona Thailand Di Patung Budha 4 Wajah Surabaya

Berdasarkan cerita di atas itulah yang akhirnya membentuk simbol dari lambang Kota Surabaya saat ini. Saat ini di Kota Surabaya terdapat 4 Patung Surabaya. Beberapa dari patung Surabaya ini telah menjadi bangunan yang ikonik dengan Kota Surabaya.

1. Patung Surabaya di depan Kebun Binatang Surabaya

Patung Surabaya ini merupakan Patung Surabaya yang pertama kali di bangun di Kota Surabaya. Miniatur Patung ini merupakan karya dari Sigit Marguno yang baru saja meninggal pada bulan Juli 2016 silam. Patung karya Marguno ini merupakan patung yang paling banyak di kunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing yang singgah di Kota Surabaya. Letaknya yang strategis dan berada tepat di pintu masuk Kebun Binatang Surabaya membuat Patung Sura baya ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Saking ramainya di sekitar lokasi saat ini terdapat tukang foto langsung jadi yang siap mengabadikan kehadiran anda di Patung Sura baya ini.

2. Patung Sura baya Di Pinggir Sungai Kalimas

Kalau di lihat dari letaknya, patung inilah yang mewakili legenda dari pertarungan Sura (Ikan Hiu) dan Baya (Buaya) di tepi sungai Kalimas. Ukuran dari Patung Sura baya ini lebih besar daripada Patung Surabaya yang berada di depan Kebun Binatang Surabaya. Kelebihan dari Patung Surabaya yang ada di kawasan Skat park dan BMX ini adalah pancuran air mancur yang keluar dari mulut Sura. Hal ini mengingatkan kita akan patung Kepala Singa (Merlion) yang berada di Negara Singapura. Patung Sura baya ini akan terlihat lebih cantik pada saat malam hari dengan terpaan cahaya lampu warna – warni. Namun karena letaknya yang berada di pinggir sungai, mengakibatkan agak sulit untuk berfoto dengan nyaman di ikon Surabaya ini.

Baca : Temple Of Heaven Surabaya

3. Patung Surabaya Di Kawasan Perak

Kawasan Perak Surabaya merupakan merupakan basis Angkatan Laut Kawasan Timur Indonesia. Di kawasan ini, tepatnya di Jl.Moh natsir Kota Surabaya, terdapat Patung Surabaya yang melingkar pada jangkar dan di atasnya terdapat Burung Garuda.

4. Patung Surabaya Di Kawasan Pantai Kenjeran

Bangunan Patung Surabaya yang ada di kawasan pantai Kenjeran ini merupakan patung yang ukurannya paling kecil dari pata Patung Sura baya lainnya. Patung Surabaya ini letaknya terletak di pantai Kulon Kelurahan Sukolilo Baru Kecamatan Bulak Kota Surabaya. Kawasan pantai Kulon ini dulunya sangat terkenal ramai. Namun seiring perkembangan Pantai kenjeran (Ken Park) secara perlahan Pantai Kulon mulai di tinggalkan pengunjung. Hal ini berdampampak juga pada Patung Sura baya yang terletak di kawasan ini. Patung Surabaya ini terlihat kusam dan di tumbuhi semak belukar di sekelilingnya. Bila sedikit di perhatikan sebenarnya Patung Suroboyo ini bisa menjadi daya tarik sendiri bagi pengunung di Pantai Kenjeran Surabaya.

5. Patung Surabaya di Depan Sentra Ikan Bulak

Patung Suroboyo ini rencananya akan di bangun di Depan Sentra Ikan Bulak Sur abaya. Tepatnya akan berlokasi di dekat Jembatan Surabaya yang sudah cukup terkenal. Patung ini di rencanakan akan menjadi Patung Sura baya yang terbesar yang pernah di bangun di Kota Surabaya. Walikota Surabaya Tri Rismaharini bahkan berani mengatakan kalau Patung Surabaya yang akan di bangun nanti akan terlihat jelas dari atas pesawat. Jadi kita tunggu saja pembangunannya. (Yanuar Yudha)

Kabar Surabaya, Media Surabaya Terpercaya Di Kota Surabaya

About Kabar Surabaya

Check Also

museum-tugu-pahlawan-surabaya

Museum Tugu Pahlawan Surabaya, Saksi Bisu Perjuangan Arek-Arek Suroboyo

Museum Tugu Pahlawan Surabaya, Saksi Bisu Perjuangan Arek-Arek Suroboyo Kabar Surabaya – Museum Tugu Pahlawan …