Home / Event / Pawai Ogoh-Ogoh Akan Semarakkan Long Weekend

Pawai Ogoh-Ogoh Akan Semarakkan Long Weekend

pawai-ogoh-ogoh-surabaya-2Pawai Ogoh-Ogoh Akan Semarakkan Long Weekend

Kabar Surabaya – Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwasannya pada tanggal 17 Maret 2018 nanti semua umat Hindu di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Nyepi. Kata Nyepi berasal dari kata sepi, sunyi atau hening. Hal ini berarti semua umat Hindu tidak boleh melakukan aktifitas seperti biasanya, Mereka akan melakukan ritual Catur Brata, yang mempunyai 4 pantangan, yaitu :

  1. Amati Geni: berpantang untuk menyalakan api, lampu atau alat elektronik
  2. Amati Karya: harus menghentikan kerja atau aktivitas fisik lainnya guna belajar dan refleksi diri atas hidup yang dijalani
  3. Amati Lelanguan: berpantang untuk menghibur diri atau melakukan kesenangan.
  4. Amati Lelungaan: dilarang untuk bepergian.

Baca : Rumah Sakit Terapung Unair Akan Layani Warga Kota Surabaya

Di Kota Surabaya ini, sebagaimana kota Multikultural lainnya, juga terdiri dari berbagai suku dan agama. Warga Kota Surabaya yang beragama Hindu memunyai beberapa pura di kota ini. Salah satu dan yang paling terbesar adalah Pura Segara yang ada di kawasan Pantai Kenjeran Surabaya. Di tempat inilah prosesi perayaan Hari Raya Nyepi selalu di lakukan. Prosesi perayaan Hari Raya Nyepi yang selalu di nanti-nantikan oleh masyarakat adalah Pawai Ogoh-Ogoh Surabaya 2018.

Pawai Ogoh-Ogoh Surabaya 2018 ini biasanya akan di langsungkan tepat sehari sebelum acara hari Raya Nyepi di laksanakan. Jika tidak ada aral meluntang, para umat Hindu nantinya akan mengarak ogoh-ogoh ini pada tanggal 16 Maret 2017. Prosesi pengarakan Pawai Ogoh-Ogoh Surabaya 2018 ini akan di laksanakan mulai pukul 15.00wib.

pawai-ogoh-ogoh-surabaya

Ogoh-ogoh sendiri mempunyai makna sebagai cerminan dari sifat-sifat negatif manusia. maka tidak heran bila ogoh-ogoh di rupakan sebagai bentuk raksasa yang berwajah menyeramkan. Pada perhelatan Pawai Ogoh-Ogoh Surabaya 2018 kali ini, para umat Hindu akan mengarak sebanyak 9 ogoh-ogoh raksasa. Setelah di arak, nantinya ogoh-ogoh ini akan di bakar hingga habis. Pembakaran ogoh-ogoh ini memiliki makna membakar atau menghilangkan sifat-sifat negatif manusia. Sehingga setelah perayaan Hari Raya Nyepi ini, umat Hindu akan kembali menjadi manisia yang bersih tanpa sifat-sifat negatif.

Pawai Ogoh-Ogoh Surabaya 2018 ini terbuka untuk umum. Biasanya pada saat arak-arakan ini banyak masyarakat umum yang datang untuk menyaksikannya secara langsung. Dan bukan hanya mereka yang beragama Hindu saja yang datang, melainkan banyak juga yang beragama lain. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat tolerasi dan kerukunan warga Kota Surabaya sangatlah baik.

Baca : Surabaya Datangkan Mobil PMK Paling Canggih Pertama Di-Indonesia

Rute arak-arakan dari Pawai Ogoh-Ogoh Surabaya 2018 ini akan di laksanakan dari Pura Segara yang berada di Jalan Baru Pura Segara. Keluar dari Pura. ogoh-ogoh akan di bawa ke jalan Wiratno, terus ke Jalan M Latif dan Jalan Sukolilo Lor. Kemudian Ogoh-Ogoh akan masuk ke Jembatan Suroboyo melalui sisi selatan. Setelah melalui Jalan Pantai Kenjeran Lama, ogoh ogoh akan di bawa kembali ke Pura Segara untuk kemudian di bakar.

pawai-ogoh-ogoh-surabaya

Pawai yang berlangsung setahun sekali ini biasanya selalu mengundang banyak juru foto untuk mengabadikannya. Hal ini akan membuat Jembatan Suroboyo menjadi penuh sesak dengan warga yang hadir. Apalagi pada Pawai Ogoh-Ogoh Surabaya 2018 kali ini juga akan di tampilkan kesenianBarongsai dan Reog. Hal ini membuktikan bahwa KOta surabaya adalah kota yang sangat memiliki toleransi yang cukup tinggi. SElain itu, nantinya juga akan ada tarian massal yang di lakukan oleh 75 mahasiswa Hindu Surabaya. Tri Kolosal ini bertajuk “Mandala Giri”. Mereka akan membawannya di tengah-tengah Jembatan Suroboyo. Jadi tunggu apalagi, ambil kameramu dan nanti sore berangkat ke kawasan Kenjeran Surabaya. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

parade-budaya-dan bunga

Surabaya Vaganza Akan Penuhi Kota Surabaya Dengan Aneka Ragam Bunga

Surabaya Vaganza Akan Penuhi Kota Surabaya Dengan Aneka Ragam Bunga Kabar Surabaya – Puncak dari …