Home / Event / Pawai Ogoh-Ogoh Surabaya 2016

Pawai Ogoh-Ogoh Surabaya 2016

pawai-ogoh-ogoh-surabayaPawai Ogoh-Ogoh Surabaya 2016

Kabar SurabayaPawai Ogoh-Ogoh Surabaya 2016 – Menjelang Hari raya Nyepi tahun 2016 atau dalam hitungan Agama Hindu di sebut tahun Saka 1938 ini, umat Hindu akan menyelenggarakan Pawai Ogoh-Ogoh Surabaya 2016. Pawai Ogoh-Ogoh ini akan di berangkatkan dari pura besar seperti Pura Segara yang terletak di kawasan Kenjeran Surabaya. Tidak ketinggalan pula Pura Agung Jagad Karanak yang ada di daerah Perak Surabaya. Selain Pura yang ada di kota Surabaya. Pura-Pura kecil yang ada di sekitar Surabaya juga akan berpartisipasi menyemarakkan pawai Ogoh-ogoh Surabaya 2016 ini. Seperti Pura Jagad Dumadi yang terletak di dusun Laban Kulon, desa Laban dan Pura Kertha Bumi yang ada di dusun Bangsal Wetan desa Penggalang. Keduanya berasal dari Kecamatan Mengganti, Kabupaten Gresik.

Baca : Jembatan Kenjeran, Icon Baru Kota Surabaya

Dari Pura masing-masing, Pawai Ogoh-Ogoh Surabaya ini akan di berangkatkan menuju ke pelataran Tugu Pahlawan. Yang nantinya di tempat ini akan di pusatkan sebagai tempat Upacara Tawur Agung Kesanga. Selain kelompok seni Ogoh-Ogoh nantinya, di rencanakan ada kesenian Reog Ponorogo dan kesenian Barongsai yang ikut serta meramaikan acara ini. Hal ini akan menunjukkan bahwa Kota Surabaya adalah kota yang rukun, damai dan nyaman bagi semua pemeluk agama.

Menurut rencana, acara Pawai Ogoh-Ogoh ini akan di laksanakan pada hari Selasa, tanggal 8 Maret 2016, pada pukul 11.00 wib. Pawai Ogoh – Ogoh ini adalah rangkaian dari persembahyangan Tawur Agung Kesanga, yang merupakan puncak untuk menuju ke Catur Berata Penyepian. Dimana pada hari Selasa, tanggal 8 Maret 2016 Seluruh Umat Hindu akan memperingati hari Raya Nyepi tahun saka 1938.

Baca : Surabaya North Quay, Wisata Baru Di Surabaya

Nantinya sebelum di berangkatkan untuk melaksanakan pawai, Ogoh – ogoh ini terlebih dahulu di sucikan oleh pendeta dengan menggunakan air suci. Rencananya tidak kurang dari 15 Ogoh- Ogoh akan berpawai ,mengitari Tugu Pahlawan – Surabaya. Nantinya Seusai melaksanakan pawai Ogoh-Ogoh Surabaya 2016 ini. Semua Ogoh – Ogoh akan di bawa ke beberapa Pura di Kota Surabaya dan akan di bakar menjelang senja. Pembakaran Ogoh – Ogoh ini merupakan simbol keinsyafan manusia akan kekuatan alam semesta dan waktu yang maha dahsyat. Kekuatan tersebut meliputi kekuatan Bhuana Agung (alam raya ) dan Bhuana Alit (manusia). (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

minggu-pertanian-pemkot-surabaya-2

Pemkot Surabaya Kembali Gelar Produk Pertanian

Pemkot Surabaya Kembali Gelar Produk Pertanian Kabar Surabaya – Kota Surabaya adalah kota metropolitan terbear …