Home / Event / Pawai Ogoh – Ogoh Surabaya 2017

Pawai Ogoh – Ogoh Surabaya 2017

pawai-ogoh-ogoh-surabaya-2017Pawai Ogoh – Ogoh Surabaya 2017

Kabar Surabaya Pawai Ogoh – Ogoh Surabaya 2017 – Pada tanggal 28 Maret 2017 mendatang, Kota Surabaya akan menggelar pawai di kawasan Pantai Kenjeran Surabaya. Pawai ini di lakukan untuk memperingati Hari Raya Nyepi yang jatuh pada hari Selasa minggu depan. Hari Raya Nyepi di tahun 2017 ini, oleh para pemeluk agama Hindu di sebut sebagai Tahun Saka 1938. Pada perayaan Nyepi ini para umat Hindu akan melaksanakan ritual Catur Brata Penyepian. Ritual ini meliputi beberapa aspek, antara lain

1. Amati Geni : tidak menyalakan api atau cahaya apapun di dalam rumah.

2. Amati Karya : tidak melakukan kerja fisik, namun berdiam diri di rumah

3. Amati Lelungan : tidak melakukan perjalanan atau bepergian

4. Amati Lelaguan : tidak mengadakan hiburan atau bersenang-senang.

Namun sebelum melakukan empat ritual tersebut, para umat Hindu akan menggelar acara Tawur Kesada. Ritual Tawur Kesada ini akan di kemas dengan acara dengan Pawai Ogoh – Ogoh Surabaya 2017. Pawai ini mengandung makna untuk mengusir roh-roh jahat yang ada di dalam diri manusia.

Pawai Ogoh – Ogoh Surabaya 2017 ini tidak hanya di ikuti oleh peserta yang berasal dari Kota Surabaya saja. Para umat Hindu yang berasal dari Kota Gresik, Lamongan Mojokerto dan Sidoarjo juga akan ikut berpartisipasi untuk mengarak Ogoh-Ogoh mereka sendiri. Di Kota Surabaya sendiri terdapat pura besar yang bernama Pura Segara. Sedangkan di kawasan Gresik terdapat Pura Jagad Djumadi dan Pura Kherta Bumi. Pura-Pura inilah yang biasanya selalu aktif dalam menampilkan Ogoh-ogoh dalam berbagai macam bentuk.

Baca : Hari Jadi Surabaya 2017, Sajikan Acara Seru Dan Atraktif

Bentuk dari Ogoh-ogoh ini biasanya berupa raksasa dengan wajah yang amat menyeramkan. Biasanya Pura di tanah Jawa akan memesan langsung Ogoh-Ogoh dari Pulau Bali. Hal ini seperti yang di lakukan oleh salah satu Pura Besar di Kota Surabaya, yaitu Pura Segara yang terletak di kawasan Kenjeran. Pura ini selalu mendatangkan Ogoh-Ogoh dari Pulau Dewata. Tidak tanggung-tanggung biasanya mereka memesan 6 buah Ogoh-Ogoh sekaligus, yang akan dikirim dengan menggunakan dua kontainer.

Berat dari masing-masing Ogoh-Ogoh ini bisa mencapai 100kg per-buah. Maka tidak heran jika satu Ogoh-ogoh harus di angkat hingga 20 orang. Banyaknya orang yang menopang, hingga ragam bentuk dari Ogoh-Ogoh raksasa inilah yang selalu menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk menonton Pawai Ogoh – Ogoh Surabaya 2017 .

Selain Ogoh-Ogoh, pada Pawai Ogoh-Ogoh Surabaya 2017 ini akan mengikutsertakan pula Reog Ponorogo serta Barongsai. Hal ini tentu saja menunjukkan kalau Kota Surabaya selalu menjunjung tinggi Persatuan dan Kesatuan Bangsa. Seperti kita tahu, bahwasannya Reog Ponorogo mencerminkan kebudayaan Jawa. Sedangkan Barongsai mencerminkan kebudayaan Tionghoa. Selain persatuan bangsa, acara ini juga sekaligus melambangkan kerukunan antara umat beragama.

Pawai Ogoh – Ogoh Surabaya 2017 ini di dukung sepenuhnya oleh Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparta Surabaya). Pawai Ogoh – Ogoh Surabaya 2017 akan di langsungkan pada hari Senin tanggal 27 Maret 2017.

Ada yang berbeda dari pelaksanaan Pawai Ogoh-Ogoh 2017 ini. Bila pada tahun 2016 lalu pawai ini di pusatkan di Tugu Pahlawan, maka pada tahun 2017 ini akan di laksanakan di Kawasan Kenjeran Surabaya. Ogoh-Ogoh akan di berangkatkan dari Pura Segara pada pukul 14.30wib dan akan kembali lagi ke Pura Segara.

Baca : Monumen Kapal Selam, Museum Unik Berbentuk Kapal Selam

Rute yang di lalui oleh Pawai Ogoh – Ogoh Surabaya 2017 ini adalah start dari Pura Segara lalu menuju ke Jalan Sadikin dan Jalan Abdul Latif, setelah itu Pawai ini akan mengarah ke Jalan Raya Pantai Lama dan masuk ke Jembatan Surabaya. Setelah melewati Jembatan Surabaya, Pawai akan menuju ke Jalan Sukolilo Lor dan Jalan Abdul Latif. Dari sini perjalanan Ogoh-Ogoh akan menuju ke Jalan Wiratno dan Jalan Sadikin. Setelah melalui kedua jalan ini Pawai akan berakhir dengan masuk kembali ke dalam Pura Segara.

Karena Pawai Ogoh – Ogoh Surabaya 2017 ini berlangsung pada siang hari, di himbau kepada masyarakat yang akan menonton agar memakai pelindung tubuh dari sengatan sinar matahari. Bawalah air minum secukupnya agar anda tidak mengalami dehidrasi akibat teriknya matahari. Waspada selalu terhadap barang bawaan anda, kamera. handphone dan dompet. Acara ini biasanya di padati oleh banyak masyarakat, jadi jangan sampai barang-barang teesebut hilang atau berpindah tangan. (Yanuar Yudha)

Foto : Surabaya.go.id

About Kabar Surabaya

Check Also

the-next-boy-girl-band-season-2

THE NEXT BOY/GIRL BAND INDONESIA 2 SEGERA DI GELAR

 THE NEXT BOY/GIRL BAND INDONESIA 2 SEGERA DI GELAR Kabar Surabaya – Setelah sebelumnya sukses …