Home / Kabar Surabaya / PDAM Surabaya 2016 Perbaiki Pelayanan Ke Warga

PDAM Surabaya 2016 Perbaiki Pelayanan Ke Warga

pdam-surabayaPDAM Surabaya 2016 Perbaiki Pelayanan Ke Warga

Kabar SurabayaPDAM Surabaya 2016 Perbaiki Pelayanan Ke Warga – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sembada adalah perusahaan yang bertanggung jawab untuk memberikan aliran air bersih yang layak kepada warga Kota Surabaya. PDAM Surabaya 2016 merupakan perusahaan peninggalan pemerintahan Belanda. Sejarah perkembangan PDAM Surabaya 2016 ini bermula pada tahun 1890. Di mana saat itu kebutuhan air bersih untuk warga Kota Surabaya masih di angkut dari Pasuruan dengan menggunakan moda Kereta Api. Baru pada tahun 1922 PDAM mulai membangun Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) yang bernama IPAM Ngagel I. Baru pada tahun 1950 PDAM di serahkan kepada Pemerintah Kota Surabaya.

Setelah di serahkan kepada Pemerintah Kota Surabaya, PDAM mulai membangun beberapa IPAL lagi untuk memenuhi kebutuhan air bersih kepada warga. Hal ini di karenakan Kota Surabaya sudah semakin padat sehingga kebutuhan akan air bersih juga meningkat dengan pesat. Saat ini total PDAM Surabaya 2016 telah mempunyai enam unit IPAL, yaitu

Baca : Serangan Tomcat Di Surabaya Mulai Mengkhawatirkan

1. IPAL Ngagel I

2. IPAL Ngagel II

3. IPAL Ngagel III

4. IPAL Karangpilang I

5. IPAL Karangpilang II

6. IPAL Karangpilang III

Perkembangan Kota Surabaya yang sangat pesat memaksa PDAM Surabaya 2016 untuk bekerja ekstra guna memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga Kota Surabaya. Saat ini kebutuhan air bagi warga Kota Surabaya lebih banyak di suplai dari aliran sungai Kalimas. Untuk itulah sangat di perlukan kesadaran warga untuk selalu ikut bekerjasama dalam membantu menjaga kebersihan air sungai dengan tidak membuang limbah ke sungai.

Saat ini PDAM Surabaya 2016 berupaya untuk melakukan peremajaan peralatan, termasuk sambungan pipa dan meteran rumah tangga. Hal ini di karenakan banyak pipa yang tertanam di dalam tanah umurnya sudah tua dan mengalami keropos. Hal ini sebenarnya cukup wajar mengingat umurnya sudah puluhan tahun. Kondisi pipa yang demikian tentu saja membuat banyak air yang bocor dan terbuang percuma. Sehingga sangat merugikan perusahaan yang mempunyai kantor di Jl. Mayjend Prof. Dr. Moestopo 2 Surabaya, tepatnya bersebelahan dengan Stasiun Kereta Api Gubeng Baru.

Imbas dari proses Peremajaan dan penggantian pipa ini , akhirnya terdapat beberapa wilayah di Kota Surabaya ini yang mengalami gangguan pasokan air. Gangguan pasokan air ini membuat kelancaran air ke warga mengecil hingga tidak keluar sama sekali. Hal inilah yang akhirnya mendatangkan komplain masyarakat terhadap kinerja PDAM Surabaya 2016. Masyarakat kebanyakan mengeluhkan masalah ini. Mereka tetap di kenai tagihan bulanan, padahal air keluarnya sangat sedikit, bahkan hanya keluar saat tengah malam saja.

Baca : Call Center 031-5351314 Untuk Tanggap Darurat Bencana

Demi memenuhi kebutuhan pelanggan, pihak PDAM Surabaya 2016 siap untuk memberikan air bersih secara gratis. Sebanyak 5 kubik air/hari telah di siapkan bagi warga Kota Surabaya yang mengalami gangguan air. Pemberian air bersih ini tidak di pungut biaya apapun. Namun pihak PDAM Surabaya 2016 mensyaratkan bahwa Rumah Tangga yang akan di kirimi air bersih harus mempunyai tempat untuk menampung air seperti tandon.

Selain penyediaan air bersih secara gratis, PDAM Kota Surabaya juga membuka pengajuan Gerobak Sampah secara gratis kepada warga Kota Surabaya. Untuk mendapatkan Gerobak Sampah ini caranya cukup mudah. Warga Kota Surabaya cukup mengajukan proposal atau surat pernyataan yang di ketahui oleh RT / RW setempat. Program ini merupakan salah satu bentuk Corporate Social Responsibility PDAM Surabaya 2016 kepada masyarakat luas.

Untuk bisa mengetahui info lebih dalam tentang PDAM Surabaya, warga Kota Surabaya bisa membuka website www.pdam-sby.go.id. PDAM KOta Surabaya juga membuka kontak langsung. Nomor Call Center yang bisa di hubungi adalah 031-2926666. Untuk SMS Center : 08123316666.  (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

suroboyo-bus-bayar-pakai-sampah

Risma Mulai Melatih Warga Surabaya Untuk Beralih Ke Transportasi Umum

Risma Mulai Melatih Warga Surabaya Untuk Beralih Ke Transportasi Umum Kabar Surabaya – Saat ini …