Home / Kuliner / Pecel Semanggi Ikon Kuliner Kota Surabaya

Pecel Semanggi Ikon Kuliner Kota Surabaya

pecel-semanggi-surabayaPecel Semanggi Ikon Kuliner Kota Surabaya

Kabar SurabayaPecel Semanggi Ikon Kuliner Kota Surabaya – Kalau Anda  sedang travelling ke Kota Surabaya, maka tidaklah lengkap kalau belum mencoba santapan kuliner di Surabaya. Salah satu ikon kuliner lawas yang keberadaannya saat ini hampir punah adalah Pecel Semanggi. Meskipun memakai nama pecel di depan-nya kudapan khas Surabaya ini berbeda dengan pecel yang sering kita santap. Sayur yang di gunakan adalah daun semanggi segar yang di rebus. Lalu di tambah sedikit kecambah. Semanggi biasanya tumpuh di tempat yang lembab dan berarir seperti pematamang sawah. Memang pada saat ini, tanaman semanggi sendiri sudah jarang dijumpai mengingat jumlah sawah yang semakin berkurang luasannya. Untuk bumbunya terbuat dari ubi jalar yang di campur dengan gula merah, sedikit terasi dan cabai. Komposisi inilah yang membuat bumbu Semanggi ini terasa legit dan halus.

Baca : Kreco Rebus, Kuliner Khas Surabaya yang Mulai Tersisih

Para penjaja Semanggi ini biasanya adalah wanita paruh baya yang berasal dari daerah Benowo-Surabaya. Daerah yang berbatasan dengan kota Gresik ini memang masih kaya akan daun semanggi. Namun seiring dengan perkembangan jaman, saat ini daun semanggi sangat susah untuk di peroleh. Sehingga akhirnya mereka mulai membudidayakan daun langka ini.

Biasanya tiap pagi dari kawasan Benowo mereka berkumpul di daerah pasar kembang. Lalu kemudian berpencar ke seluruh area di Kota pahlawan. Sejumlah penjual menjajakan pecel semanggi dengan berjalan di komplek-komplek perumahan. Ada juga beberapa yang memiliki tempat mangkal yang tetap. Para pedangan ini tetap mempertahankan konsep membawa bakul dan pedagang biasanya duduk di bawah dalam meracik pecel semanggi.

Pecel Semanggi Ikon Kuliner Kota Surabaya ini, di sajikan dengan beralaskan daun pisang. Untuk memakannya tidak menggunakan sendok. Namun dengan potongan krupuk puli yang telah di sediakan. Krupuk puli yang dipakai juga unik, karena ukurannya yang relatif lebih besar dari krupuk puli biasanya. Saat ini satu porsi Pecel Semanggi di hargai sekitar Rp 7.000 hingga Rp. 8.000. Semoga Kuliner yang menjadi Ikon Kota Surabaya ini tetap bertahan hingga akhir masa nanti. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

bandeng-tanpa-duri-aw-surabaya

Bandeng Tandu AW, Santapan Bandeng Lezat Tanpa Duri

Bandeng Tandu AW, Santapan Bandeng Lezat Tanpa Duri Kabar Surabaya – Bandeng Tandu AW Santapan …