Home / Kabar Surabaya / Pemkot Surabaya Mulai Mengoperasikan Bis Sekolah Surabaya

Pemkot Surabaya Mulai Mengoperasikan Bis Sekolah Surabaya

bis-sekolah-surabayaPemkot Surabaya Mulai Mengoperasikan Bis Sekolah Surabaya

Kabar Surabaya – Pemkot Surabaya Mulai Mengoperasikan Bis Sekolah Surabaya – Masih banyaknya anak sekolah yang memakai kendaraan pribadi seperti motor bahkan mobil untuk berangkat ke sekolah membuat sebagian orang tua merasa khawatir. Hal ini di karenakan kepadatan tingkat kepadatan lalu lintas di jalanan Kota Surabaya yang cukup tinggi. Selain itu, tidak jarang masih banyak anak sekolah yang belum mempunyai Surat Ijin Mengemudi (SIM). Kejadian ini wajar, mengingat mereka belum cukup umur untuk membuat SIM.

Jarak yang cukup jauh juga merupakan salah satu alasan bagi sebagian orang tua untuk mengizinkan anaknya membawa kendaraan pribadi ke sekolah. Meskipun mereka belum cukup umur. Yang menjadi alasan utama adalah, dengan Jarak yang cukup jauh tentunya akan membuat mereka lebih lama di jalan. Bagi yang rumahnya dengan sekolah masih bisa di tempuh dengan menaiki satu kali transportasi umum tentu bisa menghemat biaya transportasi. Namun bagi yang rumah dengan sekolahnya harus ganti transportasi umum beberapa kali tentunya akan sangat berat di ongkos.

Baca : Pelatihan Kerja Disnaker Surabaya 2017 Kembali Di Buka

Untuk mengatasi kerisauan dari para orang tua ini, Pemerintah Kota Surabaya mempunyai jalan keluar yang cukup melegakan. Mulai saat ini Pemkot Surabaya mulai mengoperasikan Bis Sekolah Surabaya. Bis Sekolah Surabaya ini di kelola langsung oleh Dinas Perhubungan Kota Surabaya dalam rangka mendukung program SOS (Save Our Student). Di harapkan dengan adanya Bis Sekolah Surabaya ini, tingkat penggunaan kendaraaan pribadi oleh para pelajar akan semakin berkurang.

Pada awal peluncuran ini, Dinas Perhubungan Kota Surabaya telah menyiapkan 6 buah armada Bis Sekolah Surabaya yang desain interior dan eksteriornya terbilang cukup modern. Bis Sekolah Surabaya yang ekteriornya di dominasi warna kuning ini mempunyai susunan kursi empuk yang di susun menyamping. Cuaca panas…?, jangan khawatir, karena Bis Sekolah Surabaya ini sudah di lengkapi oleh AC yang berhembus dengan sejuk. Selain kursi untuk duduk, juga di sediakan pegangan tangan bagi mereka yang berdiri. Logo khas Kota Surabaya berupa buaya dan ikan hiu tergambar besar di sisi kanan dan kiri dari Bis Sekolah Surabaya.

Ada 5 tujuan utama yang ingin di capai oleh Pemkot Surabaya dengan pengoperasian Bis Sekolah Surabaya ini, yaitu :

Baca : Beasiswa Surabaya 2017 Mulai Membuka Pendaftaran

  1. Mengurangi pemakaian kendaraan pribadi, terutama bagi siswa yang belum mempunyai SIM
  2. Mengurangi tingkat kepadatan jalan raya, terutama pada saat jam berangkat sekolah dan pulang sekolah.
  3. Meringankan beban orang tua, karena tidak perlu mengantar hingga ke sekolah. Para orang tua hanya perlu mengantarkan anak sampai pada halte-halte yang menjadi titik penjemputan dari Bis Sekolah Surabaya.
  4. Menghemat pengeluaran orang tua dalam hal transportasi, karena Bis Sekolah Surabaya ini sepenuhnya gratis.
  5. Meningkatkan silaturahmi antar siswa. Karena di dalam Bis Sekolah Surabaya ini akan di isi oleh siswa mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Siswa-siswa ini nantinya juga berasal dari sekolah yang berbeda-beda.
  6. Pada akhirnya nantinya Bis Sekolah Surabaya juga akan bisa mengurangi angka kecelakaan pada anak sekolah.

Dari ke 6 buah armada Bis Sekolah Surabaya ini, nantinya akan melayani 2 rute perjalanan. Jalur perjalanan tersebut adalah :

  1. Rute pertama berangkat dari Dinas Perhubungan Kota Surabaya yang beralamatkan di Jalan Dukuh Menanggal No.1 Kota Surabaya. Rute ini akan melalui Sekolah Bhayangkari, SMPN 32 Surabaya, SMP/SMA Santa Maria, SMA Trimurti, SDN Kaliasin V, SMAN6 Surabaya, SMPN 1 Surabaya, SMAN Komplek (1,2,5 dan 9), SMPN 29 Surabaya, SMAN 4 Surabaya, rute ini akan berakhir di SMKN 5 Surabaya. Total ada 4 armada yang melayani rute pertama ini.
  2. Rute kedua berangkat dari kantor Kecamatan Rungkut yang beralamatkan di jalan Rungkut Asri Utara No.1 Kota Surabaya. Rute ini akan menjangkau SMPN 39 Surabaya, SMAN 16 Surabaya, SD Negeri Baratajaya, SD Negeri Ngagel Rejo, SMPN 48 Surabaya. SMAN 4 Surabaya, SMPN 29 Surabaya, SMP/SMA Gracia, SMA komplek (1,2,5,9), SMPN 1 Surabaya. Total ada 2 armada Bis Sekolah Surabaya yang melayani rute kedua ini.

Bis Sekolah ini akan berangkat setiap harinya mulai pada pukul 05.30wib dan akan melakukan penjemputan pada pukul 15.00wib. Titik pemjemputan akan di mulai dari SMPN 1 Kota Surabaya. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

Unjuk-Rasa-Sopir-Angkutan-Kota

Kekompakan Pemkot Dan Warga Kota Surabaya Teruji Pada Saat Unjuk Rasa Sopir Angkutan Kota

Kekompakan Pemkot Dan Warga Kota Surabaya Teruji Pada Saat Unjuk Rasa Sopir Angkutan Kota Kabar …