Home / Umum / Pemkot Surabaya Tolak Pengajuan Saluran Oleh Warga Lewat Musrenbang

Pemkot Surabaya Tolak Pengajuan Saluran Oleh Warga Lewat Musrenbang

saluran-air-surabayaPemkot Surabaya Tolak Pengajuan Saluran Oleh Warga Lewat Musrenbang

Kabar Surabaya – Pemkot Surabaya Tolak Pengajuan Saluran Oleh Warga Lewat Musrenbang – Ada yang baru dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2016 ini. Sekarang, Pemkot Kota Surabaya tidak akan lagi meng-akomodasi permintaan warga Surabaya melalui musrenbang mengenai pembangunan saluran air. Hal ini untuk menghindari bahwa pengerjaan saluran air yang terjadi pada tahun kemarin yang di kerjakan oleh dinas terkait adalah pesanan warga wilayah tertentu saja.

Baca : Jembatan Kenjeran, Icon Baru Kota Surabaya

Hal inilah yang akhirnya membuat pengerjaan pembanguna saluran air di wilayah Surabaya tidak bisa menyeluruh. Misalnya di RW A ada permintaan pembangun saluran air, sedangkan di RW B tidak ada permintaan pembangunan saluran air, maka yang terjadi kemudian adalah aliran air dari RW A akan tumpah ke RW B yang tidak di bangun saluran air. Akhirnya dikedua RW tersebut justru tetap saja terjadi genangan ketika hujan turun. Hal inilah yang menebabkan penyelesaian permasalahan pembangunan saluran air tidak bisa menyeluruh.  Padahal saluran air itu sendiri seharusnya satu arah menuju ke laut.

Untuk mencegah kejadian tersebut, maka saat ini seluruh pengerjaan fisik saluran akan langsung di tangani oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Pematusan (DPUBMP). Pekerjaan ini nantinya akan mengacu kepada Surabaya Drainage Master Plan (SDMP). Dengan cara ini di harapkan pembangunan sistim saluran air akan di tangani langsung oleh Pemkot Surabaya dan akan terintegerasi serta berkelanjutan. Sehingga tidak ada lagi proyek yang terkesan mangkrak.

Baca : Kampung Wisata Dolly

Rencananya dana untuk pembangunan saluran air ini tidak akan berubah, yaitu tetap Rp 80 Milyar/tahun untuk setiap Kelurahan. Namun demikian, di harapkan Pemkot Surabaya segera melakukan sosialisasi kepada warga mengenai Surabaya mengenai Surabaya Drainage Master Plan (SDMP) tersebut. Hal ini agar masyarakat mengetahui dengan pasti rencana pengerjaannya.

Meskipun Pemkot Surabaya menolak usulan warga tentang pembangunan saluran air melalui Musrenbang. Namun Pemkot Surabaya tetap menerima usulan dan aspirasi warga untuk dijadikan acuan pembangunan di tahun selanjutnya. Apabila warga memiliki keluhan mengenai saluran air yang mengalami kendala, bisa langsung melaporkan ke Sapawarga.

Baca : Sapawarga, Sarana Langsung Interaksi Warga Ke Pemkot Surabaya

About Kabar Surabaya

Check Also

Ekspedisi-Mahanugra-I-2018

Calon Guru Besar ITS Pimpin Ekspedisi Mahanugra I/2018

Calon Guru Besar ITS Pimpin Ekspedisi Mahanugra I/2018 Kabar Surabaya – Sabtu pagi 27 Januari …