Home / Kabar Surabaya / Pemutihan Pajak Kendaraan 2016 Segera Di Gelar

Pemutihan Pajak Kendaraan 2016 Segera Di Gelar

pemutihan-pajak-kendaraan-bermotor-jawa-timurPemutihan Pajak Kendaraan 2016 Segera Di Gelar

Kabar Surabaya – Pemutihan Pajak Kendaraan 2016 Surabaya Segera Di Gelar -Pada bulan September ini Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) akan kembali menyelenggarakan Pemutihan Pajak Kendaraan 2016 untuk seluruh Kota Di Jawa Timur. Pemutihan Pajak Kendaraan ini berlaku untuk kendaraan roda dua (motor) maupun roda empat (mobil). Hal ini tentunya merupakan kabar baik bagi masyarakat Jawa Timur yang saat ini masih mempunyai tunggakan pajak kendaraan bermotor.

Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor 2016 ini adalah terobosan inovasi dari Pemprov Jawa Timur kepada Warga Jawa Timur yang bertujuan untuk membantu meringankan beban warga dalam melakukan proses daftar ulang pajak kendaraan bermotornya setiap tahun dan proses bea balik nama untuk kendaraan bermotor kedua dan seterusnya. Dengan adanya Pemutihan Pajak kendaraan, di harapkan partisipasi masyarakat dalam membayar pajak juga meningkat.

Baca : E-KTP Akhiri Masa Perekaman Pada 30 September

Surat edaran mengenai Pemutihan Pajak Kendaraan 2016 telah di terbitkan oleh Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Timur dengan nomor 970/4534/1/120.22/2016 dan telah mendapatkan persetujuan dari Gubenur Jawa Timur, Soekarwo. Pelaksanaan untuk program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor 2016 akan di awali pada 5 September 2016 hingga 3 Desember 2016. Dan bila memungkinkan akan di perpanjang seperlunya. Dengan masa periode tersebut, masyarakat Jawa Timur yang akan mengikuti program Pemutihan Pajak Kendaraan 2016 ini akan mendapatkan kesempatan untuk melunasi denda pajak kendaraan bermotornya selama 5 bulan.

Program Pemutihan Pajak Kendaraan 2016 ini meliputi :

1. Pembebasan Pokok dan segala sanksi administratif berupa kenaikan dan/atau bunga Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) atas penyerahan kedua dan seterusnya (BBN II) yang di berikan kepada seluruh masyarakat wajib pajak di Jawa Timur sebagai pemilik kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat.

2. Pembebasan semua sanksi administratif berupa kenaikan dan/atau bunga pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang di berikan kepada seluruh masyarakat wajib pajak di Jawa Timur sebagai pemilik kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat.

Sejatinya proram Pemutihan Pajak Kendaraan 2016 telah berjalan sejak tahun 2009 dan terbukti mampu mendongkrak pendapatan daerah dari pembayaran pajak. Kepada masyarakat yang akan mengikuti program Pemutihan pajak Kendaraan 2016 ini di himbau untuk melakukan pembayaran lebih awal. Hal ini berdasarkan pada pengalaman di tahun – tahun sebelumnya selalu terjadi antrian panjang pada akhir periode program.

Baca : Call Center 112 Surabaya , Siap Tangkal Bencana

Persyaratan untuk mengikuti program Pemutihan Pajak Kendaraan 2016 sangat mudah, para wajib pajak hanya perlu membawa (Surat Tanda Nomor kendaraan ) STNK asli dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli yang sesuai dengan nama di kepemilikan kendaraan. Pembayaran Pemutihan Pajak Kendaraan 2016 ini tidak bisa di lakukan melalui Samsat Corner ataupun via ATM. Melainkan masyarakat wajib pajak harus melakukan pembayaran ke kantor Samsat sesuai dengan wilayahnya masing-masing di mana kendaraannya terdaftar.

Berikut wilayah Kantor Kerja Samsat di Kota Surabaya yang bisa menjadi lokasi pembayaran pajak untuk Pemutihan pajak Kendaraan 2016.

1. Surabaya Timur, Jalan Manyar Kertoarjo 1

Wilayah kerja meliputi Kecamatan :

Kec.Tambaksari

Kec.Gubeng

Kec.Rungkut

Kec.Sukolilo

Kec.Mulyorejo

Kec.Gunung anyar

2. Surabaya Barat, Jalan Tandes Raya No.1

Wilayah kerja meliputi Kecamatan :

Kec.Benowo

Kec.Pakal

Kec.Asem Rowo

Kec.Sukomanunggal

Kec.Tandes

Kec.Sambikerep

Kec.Lakarsantri

3. Surabaya Utara/ Pusat, Jalan Kedung Cowek

Wilayah kerja meliputi Kecamatan :

Kec.Bulak

Kec.Kenjeran

Kec.Semampir

Kec.Pabean Cantikan

Kec.Krembangan

Kec.Tegalsari (Surabaya Pusat)

Kec.Simokerto (Surabaya Pusat)

Kec.Genteng (Surabaya Pusat)

Kec.Bubutan (Surabaya Pusat)

4. Surabaya Selatan, Jalan Ketintang Sraten

Kec.Tenggilis Mejoyo

Kec.Wonokromo

Kec.Wonocolo

Wiyung

Kec.Karang Pilang

Kec.Jambangan

Kec.Gayungan

Kec.Dukus Pakis

Kec.Sawahan. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

gambar-artikel

Suroboyo Bus, Trnasportasi Modern Kota Surabaya

Suroboyo Bus, Trnasportasi Modern Kota Surabaya Kabar Surabaya – Kondisi Lalu lintas Kota Surabaya semakin …