Home / Sejarah / Perobekan Bendera Belanda Di Hotel Yamato

Perobekan Bendera Belanda Di Hotel Yamato

 

perobekan-bendera-hotel-yamato-surabayaPerobekan Bendera Belanda Di Hotel Yamato (Rekonstruksi)

Kabar SurabayaPerobekan Bendera Belanda Di Hotel Yamato – Banyak orang yang mengetahui bahwa sebutan Kota Surabaya sebagai Kota Pahlawan adalah karena peristiwa pertempuran arek – arek Suroboyo pada bulan Nopember 1945. Namun sejatinya, peristiwa pertempuran 10 Nopember 1945 ini di awali pada tanggal 19 September 1945. Peristiwa ini di kenal dengan sebutan Insiden Bendera, yaitu Perobekan Bendera Belanda Di Hotel Yamato (sekarang bernama Hotel Majapahit).

Untuk memperingati peristiwa Insiden Bendera ini, Pemerintah Kota Surabaya berencana akan menggelar Rekonstruksi Perobekan Bendera Belanda Di Hotel Yamato. Rekonstruksi Perobekan Bendera Belanda Di Hotel Yamato ini nantinya akan melibatkan sekitar 200 orang veteran dan 2000 pelajar. Selain itu rekonstruksi Perobekan Bendera Belanda Di Hotel Yamato juga akan melibatkan kesatuan dari Angkatan Laut, Angkatan Darat dan Angkatan Udara dengan mengenakan seragam dinasnya masing – masing.

Baca : Misteri Bunker Belanda di Surabaya

Rekonstruksi Perobekan Bendera Belanda Di Hotel Yamato ini merupakan rangkaian dari Hari Pahlawan yang puncaknya akan di peringati pada tanggal 10 Nopember 2016 mendatang. Event ini nantinya akan berlangsung secara seru dan benar – benar menggambarkan situasi dan kondisi sebenarnya. Yaitu tentang bagaimana heroiknya semangat dari Arek – Arek Suroboyo yang tidak mau harga dirinya di injak -injak lagi oleh tentara Belanda. Apalagi mereka dengan sombongnya mengibarkan bendera mereka (Merah – Putih – Biru) di atap gedung Hotel Yamato.

Adegan teaterikal Perobekan Bendera Belanda Di Hotel Yamato ini juga akan di ramaikan oleh komunitas-komunitas pecinta sejarah yang ada di Kota Surabaya. Mereka akan ikut dalam drama yang berlangsung sekitar 3 jam dengan pakaian dan kostum yang sesuai dengan kondisi di tahun 1945. Tujuan dari Rekonstruksi Perobekan Bendera Belanda Di Hotel Yamato ini adalah membawa para penonton ke dalam suasana ketegangan di saat moment-moment penyobekan kain biru pada bendera Belanda (Merah-Putih-Biru) di atap gedung Hotel Yamato Surabaya.

Selain teaterikal, Rekonstruksi Perobekan Bendera Belanda Di Hotel Yamato juga akan di meriahkan oleh Paduan Suara dan Marching Band dari pelajar di Kota Surabaya.

Baca : Ice Poopy Surabaya, Sensasi Segarnya Es Coklat
Untuk mensukseskan jalannya Rekonstruksi Perobekan Bendera Belanda Di Hotel Yamato yang akan di gelar pada hari Senin 19 September 2016 ini. Rencananya Jalan Tunjungan akan di tutup untuk sementara waktu. Yaitu mulai pada pukul 06.00wib hingga pukul 09.00wib.
Pengalihan arus di lakukan pada kendaraan dari arah Gemblongan. Yang nantinya akan di belokkan ke jalan Gentengkali dan ke arah Undaan. Untuk kendaraan yang dari arah selatan bisa masuk ke Jalan Ngemplak. Apabila anda  hendak menuju ke Jalan Gubernur Suryo, maka  bisa menyeberang jembatan. Kemudian belok kiri ke Jalan Simpang Dukuh.
Bila nanti terjadi kepadatan arus lalu lintas di Jalan Praban. Maka kendaraan dari arah Jalan Blauran nanti akan dialihkan ke Jalan Bubutan. Penutupan Jalan Tunjungan ini tidak berlaku bagi tamu yang akan menuju ke Hotel Swiss Bellinn. Karena mereka bisa melakukan contra flow di Jalan Gubernur Suryo dari Simpang Dukuh.
Bagi warga Kota Surabaya yang ingin menonton Perobekan Bendera Belanda Di Hotel Yamato, bisa memarkir kendaraannya di Gedung Tunjungan (Eks Siola), Lokasi parkir Tanjung Anom dan Genteng Besar.
Karena Rekonstruksi Perobekan Bendera Belanda Di Hotel Yamato ini akan di laksanakan di hari kerja (Senin) maka Pemkot Surabaya meminta maaf apabila nanti terjadi kemacetan yang padat dan panjang. Karena waktu pelaksanaan dari Rekonstruksi Perobekan Bendera Belanda Di Hotel Yamato juga berlangsung di saat jam berangkat kerja dan jam berangkat sekolah bagi anak – anak. Untuk itu dihimbai kepada warga Kota Surabaya untuk melakukan antisipasi sebelumnya. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

museum-tugu-pahlawan-surabaya

Museum Tugu Pahlawan Surabaya, Saksi Bisu Perjuangan Arek-Arek Suroboyo

Museum Tugu Pahlawan Surabaya, Saksi Bisu Perjuangan Arek-Arek Suroboyo Kabar Surabaya – Museum Tugu Pahlawan …