Home / Kabar Surabaya / Perpustakaan Umum Surabaya Balai Pemuda, Tempat Asyik Untuk Baca Buku

Perpustakaan Umum Surabaya Balai Pemuda, Tempat Asyik Untuk Baca Buku

perpustakaan-umum-balai-pemuda-surabayaPerpustakaan Umum Surabaya Balai Pemuda, Tempat Asyik Untuk Baca Buku

Kabar Surabaya – Perpustakaan Umum Surabaya Balai Pemuda, Tempat Asyik Untuk Baca Buku – Kota Surabaya adalah kota dengan banyak sebutan. Mulai dari Kota sejarah, dengan nama Kota pahlawan. Kota Belanja, dengan banyaknya Mall dan pusat perbelanjaan yang ada di seluruh pelosok kota ini. Kota Seribu Taman, dengan di bangunnya banyak taman yang mempunyai tema dan fungsi yang berbeda-beda. Serta kota Literasi, dengan banyaknya perpustakaan yang ada di kota ini. Perpustakaan ini hampir ada di semua Kecamatan, Kelurahan bahkan di setiap RW di Kota Pahlawan ini. Yang ada di setiap RW di sebut sebagai Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Kali ini Kabar Surabaya berkesempatan untuk mengunjungi Perpustakaan Umum Surabaya Balai Pemuda.

Untuk mengunjungi Perpustakaan Umum Surabaya Balai Pemuda, anda bisa masuk melalui pintu samping yang lokasinya berbatasan langsung dengan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya. Alamat pastinya adalah jalan Gubenur Suryo Nomor 15. Saat ini masuknya hanya melalui pintu samping saja, karena pintu depan masih di tutup oleh lembaran seng. Hal ini karena proses restrukturisasi gedung Balai Pemuda masih belum selesai.

Baca : Menikmati Indahnya Malam Di Taman Mundu Tambaksari Surabaya

Apabila anda menggunakan motor, maka setelah mengambil karcis yang ada di mesin, anda akan di arahkan langsung ke tempat parkir baru yang ada di dalam tanah (basement). Enak kan…motor kita aman dari hujan dan sengatan sinar matahari. Sedangkan bila anda menggunakan mobil, maka anda bisa langsung parkir di pelataran Gedung Balai Pemuda.

Lokasi dari Perpustakaan Umum Surabaya Balai Pemuda ini berada di sisi belakang Gedung Balai Pemuda. Jadi sebelum menuju ke perpustakaan, anda akan melewati Rumah Bahasa dan Ruang Pusat Informasi Pariwisata Kota Surabaya. Rumah Bahasa adalah tempat di mana kita bisa mengikuti kursus bahasa asing (Inggris, Korea, Mandarin, Jepang dan lain sebagainya) secara gratis. Sedangkan Pusat Informasi Pariwisata Kota Surabaya adalah tempat anda bisa mencari info mengenai semua destinasi wisata yang ada di Kota Surabaya. Oh iya, di tempat ini anda juga bisa memesan tempat untuk bisa berwisata secara gratis keliling Kota surabaya dengan menaiki Bis Surabaya Shopping And Culinary Track.

Perpustakaan Umum Surabaya Balai Pemuda ini sangat eye cathing banget, dengan tulisan besar di depan ruangannya. Begitu memasuki ruangan, anda akan di tanya oleh petugas di pintu masuk. Ini yang penting..Bilang saja ke Petugas mau baca buku, sebab kalau anda bilang mau makan es krim, maka anda akan langsung di suruh keluar menuju kedai es krim Zangrandi..hehehe. Sebelumya anda juga harus mengisi buku tamu terlebih dahulu. Tas sama jaket juga harus di titipkan di ruangan depan. Setelah itu kita akan di berikan nomor penitipan barang dan secarik kertas kecil yang harus kita isi dengan buku-buku yang kita baca nanti. Baru kemudian anda bisa melangkah lebih dalam lagi ke lokasi buku-buku berada.

Baca : Pelangi Cinderamata Di Mirota Surabaya

Ruangan Perpustakaan Umum Surabaya Balai Pemuda ini lumayan luas. Penataannya juga bagus dan tidak membosankan seperti perpustakaan – perpustakaan yang pernah Kabar Surabaya kunjungi. Rak buku di susun hanya pada salah satu sudut ruangan saja. Jadi mata tidak akan suntuk untuk melihat barisan buku-buku saja. Koleksi bukunya lumayan lengkap mulai dari buku fiksi, agama, pelajaran dan lain sebaginya. Untuk tempat membaca buku ada dua macam. Yang pertama tempat duduknya seperti perpustakaan pada umumnya yaitu meja dan kursi standart. Bagi anda yang telah selesai membaca buku, jangan menaruh buku di raknya lagi. Namun kita bisa menaruhnya di container plastik, nanti biar petugasnya yang mengembalikan ke rak bukunya.

Di Perpustakaan Umum Surabaya Balai Pemuda terdapat sofa yang cukup empuk dengan warna biru. Peringatan ya…bagi yang sudah dalam keadaan mengantuk , jangan sekali-sekali duduk di sofa. Karena selain sofanya empuk, ditambah suhu ruangan yang sejuk, akan membuat mata anda terpejam dalam waktu singkat.

Selain buku-buku, Perpustakaan Umum Surabaya Balai Pemuda juga menyediakan beberapa perangkat komputer yang bisa anda pergunakan. Komputer ini telah di lengkapi dengan sambungan internet juga. Tapi ingat jangan bermain WAR atau COC di komputer ini ya.. Kalau mau main game online mending cari warnet terdekat. Selain browsing-Browsing dengan perangkat komputer kita juga bisa browsing pakai gadget kita sendiri. Jangan kuatir bila tidak punya kuota, karena perpustakaan ini akan berbaik hati dengan berbagi sinyal wifi kepada seluruh pengunjung.

Baca : Sejuta Sensasi Danau Unesa Lidah Wetan

Selain untuk dewasa Perpustakaan Umum Surabaya Balai Pemuda juga menyediakan dua ruangan khusus untuk anak-anak. Di ruangan ini anak -anak akan di manjakan dengan beragam buku cerita dan pendidikan yang sangat menarik. Desain ruangannya cukup nyaman juga, namun posisi duduknya sifatnya lesehan di atas karpet. Dinding ruangannya-pun bergambar karakter Aggry Bird. Selain itu juga di lengkapi denganbeberapa komputer untuk anak. Kalau komputer ini mungkin isinya baru game untuk anak-anak.

Di sebelah ruangan anak, terdapat yang namanya Bank Indonesia (BI) Corner. Di lokasi ini terdapat rak yang berisikan buku-buku dengan tajuk ekonomi. Kalau melihat ukurannya yang tebal, kelihatannya bacaannya berat deh..hehe. Di sebelahnya terdapat ruangan khusus bagi penggemar K-Pop. Ini beneran, ga bercanda…namanya adalah Korean Corner. Sudut ini adalah hasil dari kerjasama antara Pemerintah dan Pemerintah Korea. Sayangnya waktu Kabar Surabaya berkunjung ke Perpustakaan Umum Surabaya Balai Pemuda, penjaga Korean Corner belum datang. Sebenarnya penasaran juga sih,siapa tau yang jaga adalah Yoo in-Na, Jang Na-ra, Ha ji won, Shi Min ah atau Song Hye Kyo. Kalau beneran iya, di jamin Perpustakaan Umum Surabaya Balai Pemuda bakal ramai oleh pengunjung..khususnya cowok..hehe.

Bagi anda yang ingin membuat kartu Perpustakaan Umum Surabaya Balai Pemuda bisa di layani di ruang depan. Syarat untuk membuat Perpustakaan sangat mudah, yaitu :

  1. Mengisi semua formulir pendaftaran dan menyerahkan Copy dari KTP Surabaya
  2. Untuk pelajar yang belum memiliki KTP bisa menggunakan Kartu Keluarga
  3. Kartu Perpustakaan ini berlaku 1 tahun dan pembuatannya GRATIS.

Dengan kartu perpustakaan ini kita bisa meminjam buku dengan GRATIS,namun jangan telat untuk mengembalikannya. Karena jika telat, anda akan di denda Rp 500 untuk buku umum dab Rp.200 untuk buku anak-anak. Anda bisa mengunjungi Perpustakaan Umum Surabaya Balai Pemuda setiap hari, termasuk hari Sabtu dan Minggu mulai pukul 07.00wib hingga pukul 21.00wib. Namun untuk tanggal merah dan cuti bersama perpustakaan ini tutup. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

suroboyo-bus-bayar-pakai-sampah

Risma Mulai Melatih Warga Surabaya Untuk Beralih Ke Transportasi Umum

Risma Mulai Melatih Warga Surabaya Untuk Beralih Ke Transportasi Umum Kabar Surabaya – Saat ini …