Home / Reportase Khusus / Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan Untuk Negeri

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan Untuk Negeri

bahan-bakar-hemat-pertaminaPertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan Untuk Negeri

Kabar SurabayaPertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan – Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwasannya Indonesia adalah negara yang memiliki kandungan sumber energi yang sangat besar. Mulai dari Minyak Bumi, Gas Alam maupun yang terbaru adalah energi Panas Bumi. Namun energi ini adalah energi yang suatu saat akan habis apabila kita tidak bijak dalam mengelola dan menggunakannya. Untuk itulah Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan hadir untuk mengelola energi yang hasilnya akan di gunakan bagi membangun negeri.

Berdasarkan laman resmi Pertamina.com, perusahaan yang merupakan Badan Umum Milik Negara (BUMN) ini lahir pada tanggal 10 Desember 1957. Perusahaan ini telah menyelenggarakan usaha pengelolaan energi dari hulu hingga ke hilir. Jenis energi yang saat di kelola oleh Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan antara lain adalah usaha minyak dan gas bumi. Bahkan langkah terbaru dan paling fenomenal yang di lakukan oleh Pertamina saat ini adalah penerapan harga Bahan Bakar Minyak satu harga di seluruh Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ini adalah salah satu perwujudan nyata Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan untuk membangun Indonesia.

Baca : Harga BBM Turun 

Pertamina telah mengeluarkan beberapa varian produk bagi masyarakat, yaitu :

1. Bahan Bakar Minyak (BBM)

Bahan Bakar Minyak ini terdiri dari Minyak Bensin, Minyak Tanah, Minyak Diesel, Minyak Solar dan Minyak Bakar

2. Bahan Bakar Khusus (BBK)

Bahan Bakar Khusus ini terdiri dari Aviaion Gasoline dan Aviation Turbin Fuel (Bahan Bakar Khusus Pesawat Udara), Bio Pertamax, Bio Solar, Pertamax, Pertamax Plus, Pertamax Racing (merupakan bahan bakar varian terbaru dari Pertamina), Premium dan Pertalite.

3. Bahan Bakar Subsidi

Bahan Bakar Subsidi ini adalah jenis bahan bakar yang masih mendapatkan subsidi khusus dari pemerintah. Jenis Bahan Bakar Subsidi ini semestinya di komsumsi oleh masyarakat yang kurang mampu (berpendapatan rendah). Varian dari bahan bakar Subsidi ini adalah Premium dan Bio Solar.

4. Non Bahan Bakar Minyak

Selain Bahan Bakar berjenis minyak, Pertamina juga mengeluarkan varian bahan bakar non minyak dengan jenis sebagai berikut : Aspal.

5. Bahan Bakar Gas.

Bahan Bakar Gas adalah varian produk terbarukan dari Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan. Produk gas ini merupakan bahan bakar yang ramah lingkungan dan berharga murah. Ada 3 jenis Bahan Bakar Gas yang di produksi oleh pertamina, yaitu Fuel Gas, Liquid Protoleum Gas dan Musicool

Baca : Ciri SPBU Pasti Pas Dan Jujur

6. Petrokimia

Produk Pertamina jenis Petrkimia ini adalah Asam Tereftalat Murnis, Benzene, Polytam, Propylene dan Paraxylene.

7. Pelumas

Pelumas adalah jenis produk dari Pertamina yang berfungsi sebagai alat untuk mengurangi gesekan di dalam mesin. Produk ini terbagi menjadi beberapa varian berdasarkan penggunaannya, yaitu : Circulating Oils, Air Cooled Motorcycle or Small Engine Oil, Heat Transfer Oils, Heavy Duty Diesel Engine Oils, Grease, Automatic Transmission & Manual Transmission Oils.

Pelumas untuk industri : Industri Pelumas Turbin, Industrial Compressor Oils, Industrial and Marine,  Industri Pelumas Gear dan Engine Oils,

Pelumas Untuk Kendaraan : Pelumas Powershift, Pelumas Mesin Gas Alam,  & Hydraulic Untuk Alat Berat.

right Gas Untuk Kebutuhan Gas Yang Praktis, Aman dan Hemat

Guna memenuhi kebutuhan bahan bakar untuk rumah tangga, saat ini Pertamina gencar mensosialisasikan varian terbaru Bahan Bakar Gas, yaitu LPG Bright Gas. Dalam hal ini Pertamina ingin meng-edukasi masyarakat akan pentingnya penggunaan dan penghematan bahan bakar serta penerapan subsidi yang tepat sasaran. Sasaran dari produk baru yang memiliki pesan sebagai Bright Gas Hemat ini adalah rumah tangga kelas menengah ke-atas yang saat ini masih menggunakan LPG 3kg yang berwarna hijau. Karena sejatinya LPG 3kg tersebut adalah LPG bersubsidi yang hanya di peruntukkan bagi masyarakat miskin.

Sebagai varian baru, tentunya Bright Gas mempunyai keunggulan – keunggulan tersendiri di bandingkan varian LPG sebelumnya. Keunggulan tersebut adalah :

1. Bright Gas Terbukti Lebih Aman

Pihak Pertamina menjamin bahwa Bright Gas termasuk dalam kategori LPG Aman. Hal ini di karenakan Bright Gas memiliki Katup Pengaman Ganda (Doble Spindle Valve System). Dengan sistim ini, apabila salah satu katup mengalami kerusakan gas tidak akan bocor karena masih bisa tertahan oleh katup kedua.

2. Bright Gas Memiliki Fitur Pangamanan Segel

Setiap tabung Bright Gas mempunyai segel resmi berjenis hologram, sehingga tidak mudah untuk di palsukan. Oleh karenanya Pertamina dapat menjamin kualitas tabung maupun isi yang terkandung di dalamnya. Selain itu pada setiap tabungnya terdapat stiker mengenai petunjuk penggunaan yang dapat di ikuti dengan cukup mudah.

3. Pilihan Warna Yang Menarik

Bright Gas hadir dengan dua varian warna yang cukup cantik, yaitu ungu dan pink. Dengan warna yang cantik ini di harapkan akan memberikan nuansa yang nyaman bagi dapur anda, dan memasak akan menjadi hal yang menyenangkan untuk di lakukan.

4. Lebih Nyaman

Bright Gas hadir dengan kemasan tabung 5,5kg yang nyaman untuk di jinjing dan di bawa oleh ibu rumah tangga sekalipun.

Baca : Mengurus Perpanjangan STNK Di SAMSAT Corner 

5. Layanan Pesan Antar

Pertamina membekali Bright Gas dengan layanan penjualan yang baik, yaitu Bright Gas Layan Antar. Dengan fasilitas ini kita tidak lagi di repotkan untuk menukarkan tabung gas yang kosong ke agen, namun hanya dengan menghubungi 1500 000 maka Brigt Gas akan langsung meluncur ke rumah anda.

6. Harga Terjangkau

Untuk masalah harga, Bright Gas 5,5 kg di jual dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu Rp 57.500 untuk wilayah jawa-Bali, dan Rp 62.000 untuk kalimantan.

Saat ini Bright Gas hadir dengan tiga varian ukuran, yaitu tabung LPG 12kg dan 5,5kg serta  dalam bentuk kaleng dengan ukuran 220gram. Ketiga varian ukuran ini tentu saja memudahkan konsumen untuk memilih varian sesuai dengan kegunaannya.

Varian Bright Gas 12Kg  biasanya digunakan untuk kebutuhan rumah tangga menengah ke atas, sedangkan Bright Gas 5Kg lebih sering di gunakan untuk rumah tangga menengah ke bawah dan para pedagang yang memerlukan gas sebagai bahan pemasak makanan, seperti pedagang nasi goreng, gorengan dan lain sebagainya. Untuk varian terakhir, yaitu tabung 220gr cocok untuk melakukan kegiatan memasak di luar rumah, misalkan di bawa untuk keperluan berkemah. sehingga tidak perlu lagi memakai kayu bakar untuk memasak makanan.

Dengan gambaran informasi di atas tentunya kita semakin yakin akan slogan Pertamina yang berbunyi Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan. (Yanuar Yudha)

Sumber : Pertamina.com

About Kabar Surabaya

Check Also

Ekspedisi Kalimas Surabaya , The Surabaya Begin

Ekspedisi Kalimas Surabaya , The Surabaya Begin Kabar Surabaya – Ekspedisi Kalimas Surabaya , The …