Home / Event / Ratusan Piring Rujak Uleg Tersedia Untuk Pengunjung Di Festial Rujak Cingur Surabaya

Ratusan Piring Rujak Uleg Tersedia Untuk Pengunjung Di Festial Rujak Cingur Surabaya

Festival-rujak-uleg-surabayaRatusan Piring Rujak Uleg Tersedia Untuk Pengunjung Di Festial Rujak Uleg Surabaya

Kabar Surabaya – Kemeriahan acara di Hari Jadi Kota Surabaya yang ke 725 masih terus berlangsung. Setelah pada Minggu Kemarin kita di hibur oleh cantiknya kendaraan hias dalam Surabaya Vaganza 2018, Pada hari minggu besok, saatnya kita berpesta Kuliner. Ya..pada hari Minggu nanti Pemerintah Kota Surabaya akan menyelenggarakan Festival Rujak Uleg 2018.

Acara Festival Rujak Uleg 2018 kali ini akan di jamin lebih heboh, lebih atraktif, lebih semarak dan lebih ramai daripada pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini di karenakan jumlah peserta yang telah mendaftarkan diri lebih banyak daripada tahun lalu. Hal ini bearti jumlah Rujak Uleg yang di bagikan kepada para penonton juga bertambah. Jangan khawatir mengenai pembayaran, karena Rujak Uleg yang di bagikan ini sifatnya gratis.

Baca : Pesta Kuliner Di Pasar Malam Tjap Toenjoengan

Festival Rujak Uleg 2018 ini sebetulnya adalah upaya Pemerintah Kota Surabaya dalam menjaga kelestarian daripada kuliner asli khas Kota Surabaya ini. Biasanya Rujak Uleg ini di sebut juga Rujak Cingur. Hal ini di karenakan banyak penjual Rujak Uleg yang menambahkan cingur atau irisan daging dari bibir sapi ke dalam rujak uleg. Cita rasa dari cingur sapi yang kenyal, legit serta rasanya yang khas bisa memberikan aroma tersendiri dalam Rujak Uleg ini. Festival Rujak Uleg ini juga telah mencatatkan diri pada Musium Rekor Indonesia (Muri) sebagai Festival Kuliner dengan peserta pengulek terbanyak.

Rujak Uleg ini ada 2 versi, yaitu versi matang dan versi mentah. Untuk versi matang, rujak cingur ini berisi sayuran berupa lacang panjang, daun kangkung, buah mentupun, potongan tempe dan tahu yang telah di goreng. Sebelum di sajikan untuk sayurannya di rebus terlebih dahulu. Sedangkan untuk versi mentah isiannya berupa buah seperti bengkoang, mangga, mentimun, nanas dan buah lainnya. Kedua versi rujak ini lantas di siram dengan bumbu yang terbuat dari kacang tanah, petis dan gula merah. Bumbu ini sebelum di siramkan haruslah di uleg terlebih dahulu.

Para peserta dari Festival Rujak Uleg 2018 ini beragam, mulai dari Dinas-dinas yang ada di Pemerintah Kota Surabaya, Perusahaan swasta, BUMN, Kecamatan, Kelurahan, Komunitas, perwakilan kota sahabat serta perwakilan negara sahabat.

Baca :  Pemkot Surabaya Kembali Gelar Produk Pertanian

Para peserta ini nantinya tidak akan hanya menguleg rujak saja. Mereka juga memakai pakaian atau kostum yang cukup heboh. Sepeti kostum cak / ning bahkan ada pula yang berkostum unik seperti memakai kostum baju buaya, memakai tanduk sapi dan lain sebagainya. Maka jangan heran, meskipun temanya kuliner namun para peserta ini juga berdandan seperti peserta karnaval sengan aneka ragam kostum. Selain kostum para peserta ini juga mempunyai yel-yel yang tak kalah hebohnya. Hal ini di karenakan pada Festival Rujak Uleg 2018 ini ada penilaian tersendiri bagi kelompok yang bisa menampilkan kostum unik, yel-yel dan tentunya kelezatan dari Rujak Uleg yang mereka racik.

Festival Rujak Uleg 2018 ini akan di laksanakan di kawasan Kya-Kya Kembang Jepun Kota Surabaya. Kawasan ini telah bertahun-tahun menjadi lokasi dari penyelenggaraan Festival Rujak Uleg Kota Surabaya. Jalanan sepanjang kurang lebih 750 meter dan lebar 20 meter ini nantinya akan di padati oleh ribuan pengunjung. Waktu pelaksanaan dari Festival Rujak Uleg 2018 ini adalah pada hari Minggu 13 Mei 2018. Waktu pelaksanaannya adalah di mulai pada pukul 14.00wib.

Bagi warga Kota Surabaya yang ingin menonton Festival Rujak Uleg 2018, berikut Kabar Surabaya berikan tipsnya :

  1. Karena waktu pelaksanaan di siang/sore hari, maka pastikan anda membawa pelindung tubuh dari sengatan panas matahari. Siapkan topi atau payung dan pakailah pakaian yang mempu menyerap keringat
  2. Usahakan mencari lokasi parkir kendaraan yang aman dan nyaman. Parkir di Jembatan Merah Plaza bisa menjadi opsi terbaik, namun anda harus lebih jauh berjalan kaki ke lokasi acara.
  3. Patikan barang berharga anda seperti dompet dan HP selalu dalam pengawasan.
  4. Bagi anda yang membawa makanan dan minuman, tolong buang sampah pada tempatnya ya.. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

pawai-ogoh-ogoh-surabaya

Pawai Ogoh-Ogoh Akan Semarakkan Long Weekend

Pawai Ogoh-Ogoh Akan Semarakkan Long Weekend Kabar Surabaya – Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwasannya pada …