Home / Kuliner / Rawon Kalkulator, Kuliner Unik Di Taman Bungkul Surabaya

Rawon Kalkulator, Kuliner Unik Di Taman Bungkul Surabaya

rawon-kalkulator-taman-bungkul-surabaya-aRawon Kalkulator, Kuliner Unik Di Taman Bungkul Surabaya

Kabar SurabayaRawon Kalkulator, Kuliner Unik Di Taman Bungkul Surabaya – Apa yang ada di benak anda ketika nama Rawon di gabungkan dengan nama Kalkulator? Kuliner Kalkulator dengan kuah Rawon..? atau Rawon daging sapi yang di dalam bumbunya terapat onderdil Kalkulator? Ya enggak lah….. Nama kalkulator ini ternyata sebutan untuk para pelayan warung Rawon yang terletak di Taman Bungkul ini. Kok bisa ya?

Baca : Hangatnya Rawon Pak Pangat

Warung Rawon Kalkulator ini terletak di Jalan Raya Progo Surabaya, atau tepatnya di dalam sentra PKL Taman Bungkul Surabaya. Memang warung ini berada pas di belakan taman bungkul dan terletak di depan makam mbah Bungkul. Nama dari warungnya sendiri adalah Sedap Malam. Memang dulu warung rawon ini bukanya hanya pada malam hari, namun sekarang pada pukul delapan pagi juga sudah buka.

Penampakan warungnya sendiri cukup bersih dengan deretan kursi memanjang seperti pada warung pada umumnya. Satu porsi rawon kalkulator ini terdiri dari nasi putih hangat dan dua daging sapi besar. Lalu atasnya di guyur oleh bumbu rawon yang khas. Bumbu rawon yang hitam manis dan gurih lalu di berikan taburan kecambah kecil di atasnya. Tidak ketinggalan 1 lembar krupuk udang yang pasti kriuk-kriuk banget. Wow..benar-benar kuliner yang tepat untuk menemani malam. Bila berkenan pengunjung bisa menambahkan perasa jeruk nipis yang memang sudah di sediakan di atas meja.

Daging sapi berukuran besar ini saya sangka bakalan liat dan keras, namun ketika sudah tergigit, wow, ternyata uuwemmmpuk banget. Dan bumbu rawon ini benar-benar merasuk banget hingga kedalam daging. Oh iya selain daging kita juga bisa memilih tambahan menu seperti paru, tempe goreng, empal, telor asin dan perkedel kentang. Kebanyakan orang termasuk saya, paling favorit tentunya telur asin yang paling cocok dipadukan dengan sepiring nasi rawon, pas mantab.

Baca : Legitnya Tahu Tek, Makanan Khas Surabaya

Setelah makan, waktunya totalan. Untuk 5 orang yang pesanan menunya plus tambahan lauk yang berbeda-beda pula. Di sini uniknya, para pelayan yang menghitung berapa yang akan kita bayar ternyata tidak menggunakan bantuan alat hitung atau kalkulator. Bayangkan aja 5 orang dengan menu tambahan yang ribet, si pelayan langsung menghitung di depan kita, hanya dengan komat-kamit mulutnya. Dan… hasilnya benar. Karena ketepatan perhitungan dari pelayan inilah yang akhirnya menjuluki Rawon ini rawon kalkulator. Mungkin para pelayan di sini waktu training di ikutkan kursus “kumon” terlebih dahulu agar pinter ngitung dengan cepat. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

bandeng-tanpa-duri-aw-surabaya

Bandeng Tandu AW, Santapan Bandeng Lezat Tanpa Duri

Bandeng Tandu AW, Santapan Bandeng Lezat Tanpa Duri Kabar Surabaya – Bandeng Tandu AW Santapan …