Home / Kabar Surabaya / Risma Mulai Melatih Warga Surabaya Untuk Beralih Ke Transportasi Umum

Risma Mulai Melatih Warga Surabaya Untuk Beralih Ke Transportasi Umum

suroboyo-bus-bayar-pakai-sampahRisma Mulai Melatih Warga Surabaya Untuk Beralih Ke Transportasi Umum

Kabar Surabaya – Saat ini pembangunan infrastruktur di Kota Surabaya sudah hampir merata. Saat ini sangat sulit untuk membedakan mana wilayah pusat maupun kawasan pinggiran. Pembangunan infrastruktur di Kota Surabaya yang cukup pesat, ternyata berdampak kepada sektor lalu-lintasnya. Meskipun saat ini pertumbungan jalan baru di semua kawasan cukup pesat. Bahkan banyak kawasan yang saluran airnya di tutup box culvert lalu di buat jalan pada permukaannya. Namun karena tingkat pertumbuhan kepemilikan kendaraan pribadi yang cukup tinggi, maka pembangunan jalan yang lebar akan menjadi sia-sia saja. Kemacetan di Kota Pahlawan ini masih terjadi pada kawasan-kawasan tertentu. Terutama pada jam pergi dan pulang kantor.

Salah satu cara yang tepat untuk mengurangi tingkat kepadatan di jalan raya adalah dengan membuat para pemilik kendaraan pribadi untuk mau menaiki transportasi umum. Hal inilah yang kemudian di lakukan oleh Kota Surabaya. Walikota Surabaya mengakui, akan sangat sulit untuk mengubah kebiasaan masyarakat dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum. “Ini yang di sebut dengan transportasi perkotaan” terang Risma. Risma juga menuturkan, bahwa saat ini kondisinya, sebanyak 75persen masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi. “Kalau ini tembus 90persen, maka Kota Surabaya akan macet total”sambungnya.

Baca : Suroboyo Bus, Transportasi Modern Kota Surabaya

Untuk mengatasi hal tersebut, maka saat ini Kota Surabaya mulai menawarkan alternatif transportasi massal. Salah satu yang saat ini telah di resmikan dan mulai beroperasi adalah Suroboyo Bus. Selain Suroboyo Bus, Pemkot Surabaya masih akan mengeluarkan Trem kedepannya nanti.

Suroboyo Bus ini merupakan kendaraan transportasi massal yang terbilang sangat mumpuni dan sangat nyaman bagi para penumpangnya. Kendaraan yang di dominasi warna merah ini memiliki interior yang sangat modern. Beberapa teknologi canggih dan fitur-fitur penunjang lainnya telah di sematkan pada Suroboyo Bus ini. Teknologi inilah yang ada di Suroboyo Bus :

  1. Teknologi GPS yang dapat memberitahukan penumpang mengenai posisi halte yang di laluinya.
  2. Suroboyo Bus telah terkoneksi dengan sistim lalu lintas Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Jadi nantinya bis seharga 2,4 Milyar ini akan bebas dari kondisi lampu merah. Poko’e bablash terus…
  3. Untuk keamanan dari copet dan orang usil lainnya, setiap unit Suroboyo Bus di lengkapi dengan 12 CCTV. CCTV ini langsung terhubung dengan Command Center 112 di gedung Siola. Jadi jangan coba-coba nakal di Bis ini ya…
  4. Kursi di dalam bis ini terbagi menjadi 3, yaitu kursi untuk penumpang laku-laki, penumpang perempuan dan penumpang khusus seperti lansia difable dll.
  5. Bus berkapasitas 64 orang ini berjenis low deck, jadi anda tidak perlu mengangkat kaki terlalu tinggi jika ingin naik atau turun.
  6. Setiap pintu terdapat sensor, untuk menghindari penumpang dari bahaya terjepit.
  7. Anda merasa ngeri jika melihat bis yang ugal-ugalan..?, tenang saja bis ini di desaik untuk kecepatan maksimal 40km/jam..bila melebihi kecepatan tersebut, maka sensor bis akan berbunyi untuk mengingatkan sopir.
  8. Kedepan Suroboyo Bus akan di lengkapi dengan aplikasi yang bernama Go-Bis (Golek Bis), bukan gobes yo Rek…. Aplikasi ini akan bisa di unduh di Playstrore dalam waktu dekat. nantinya aplikasi Go-Bis ini akan bisa memperlihatkan posisi dimana Suroboyo Bus berada. Hal ini bertujuan agar para calon penumpang bisa memperkirakan waktu tunggu dari Suroboyo Bus.

Yang lebih canggih lagi dari Suroboyo Bus ini adalah cara pembayarannya. Bus ini ternyata tidak akan menerima uang tunai. Sebagai ganti alat pembayaran, bis ini hanya akan menerima sampah platik. Lantas bagaimana cara mekanisme penukarannya…?

Baca : Kebun Raya Mangrove Surabaya Akan Di Mulai dari Surabaya Timur

  1. Sebelum berangkat, bawalah sampah plastik yang di butuhkan untuk di tukarkan di halte terdekat. Saat ini sampah yang di bisa di tukarkan dengan tiket bis adalah : 3 kemasan air mineral ukuran 1.5liter, 6 kemasan air mineral ukuran 600ml atau kemasan cup sejumlah 10 buah. Selain halte anda juga bisa menukarkannya di bank Sampah yang telah di tunjuk.
  2. Pastikan sampah tersebut dalam keadaan bersih (lepas merek yang menempel pada tutup kemasan cup atau yang melingkar pada kemasan botol)
  3. Nantinya petugas akan memberikan anda kartu yang di tempeli stiker yang berfungsi sebagai tiket. Tiket ini berlaku untuk satu kali jalan atau lebih asalkan tidak melampaui batas waktu yang di tentukan. batas waktu tiket ini adalah kurang lebih selama 2 jam setiap tiket.

Dengan adanya Suroboyo Bus ini Pemerintah Kota Surabaya berharap dapat mengatasi problem kemacetan lalu lintas serta mengajarkan masyarakat untuk mengolah kembali sampah plastik. Kota Surabay memang bukan yang pertama kali menerapkan pembayaran transportasi umum dengan menggunakan plastik. Namun untuk Indonesia Kota Surabayalah yang pertama kali mengawalinya. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

kebun-raya-mangrove-surabaya

Kebun Raya Mangrove Surabaya Akan Di Mulai dari Surabaya Timur

Kebun Raya Mangrove Surabaya Akan Di Mulai dari Surabaya Timur Kabar Surabaya – Kota Surabaya …