Home / Kabar Surabaya / Risma : PNS Wajib Memakai Sepeda Untuk Kerja

Risma : PNS Wajib Memakai Sepeda Untuk Kerja

pemkot-surabaya-di-haruskan-naik-sepedaRisma : PNS Wajib Memakai Sepeda Untuk Kerja

Kabar Surabaya – Risma : PNS Wajib Memakai Sepeda Untuk Kerja – Suatu maklumat penting dan cukup mengejutkan datang dari Pemerintah Kota Surabaya. Bahwa mulai Jum’at pekan depan para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bekerja di Kota Surabaya harus memakai sepeda untuk kerja (bike to work). Maklumat ini di gagas langsung oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini. Untuk mensukseskan program sepeda untuk kerja ini, Risma juga bakal melakukan gowes dari rumah ke tempat kerjanya di Balai Kota. Tentu saja bagi Risma yang sudah berusia 55 ini, melakukan gowes dari rumahnya di kawasan wiyung hingga ke Jalan Jimerto bukanlah hal yang mudah. Apalagi pada saat ini merupakan puncak musim kemarau…panas dulur…. Namun Risma tetap bergeming dengan maklumatnya ini,” Aku harus ngasih contoh rek, ga bisa aku hanya ngomong saja” tutur Risma kepada Kabar Surabaya.

Risma mengemukakan, bahwa latar belakang dari di berlakukan program sepeda untuk kerja ini adalah semangat untuk membuat Kota Surabaya menjadi lebih sehat lagi. Dengan PNS melakukan sepeda untuk kerja ini, Risma mempunyai beberapa program yang ingin dicapai, yaitu :

  1. Menurunkan tingkat polusi yang cukup tinggi di Kota Surabaya
  2. Menurunkan tingkat emisi karbon
  3. Membuat para Pegawai Negeri Sipil menjadi lebih sehat dan bugar
  4. Menghidupkan lagi jalur-jalur sepeda yang ada di Kota Surabaya. Sebagaimana di ketahui bahwa Kota Surabaya sejatinya telah menyediakan jalur-jalur khusus untuk bersepeda, inilah yang kemudian akan di hidupkan lagi.
  5. Mengurangi tingkat kemacetan lalu lintas yang semakin lama semakin padat, terutama pada saat jam kerja dan jam pulang kerja.

Baca : KIM Kota Surabaya Siap Catatkan Namanya Di MURI Pada Acara Mblancang 2017

Program sepeda untuk kerja ini adalah suatu terobosan baru yang di lakukan di Kota Surabaya. Bahkan bisa di bilang sebagai terobosan pertama kali untuk PNS naik sepeda di Jawa Timur ini. Pemkot Surabaya sangat serius dalam menyiapkan program sepeda untuk kerja ini. Muhammad Fikser selaku Kabag Humas Kota Surabaya sudah menyiapkan program sepeda untuk kerja secara matang. Bahkan rapat koordinasi sudah di lakukan sejak tanggal 20 September silam. “Setelah program sepeda untuk kerja ini matang, segera surat edaran akan kami kirim ke semua kantor pemerintahan di seluruh Kota Surabaya ini” jelas Fikser.

Pada prakteknya nanti Pegawai Negeri Sipil ini akan di bagi menjadi 2 golongan, yaitu PNS yang berdomisili di Kota Surabaya dan PNS yang berdomisili di luar Kota Surabaya. Bagi PNS yang berdomisili di Kota surabaya, tanpa terkecuali harus melaksanakan program sepeda untuk kerja. Sedangkan bagi yang tinggal di luar Kota Surabaya di haruskan memarkirkan kendaraan pribadinya di lokasi parkir, saat memasuki Kota Surabaya. Setelah itu mereka bisa menaiki transportasi umum menuju ke lokasi kerja masing-masing.

Bagi PNS yang berkerja di Balai Kota Surabaya dan gedung Pemkot yang ada di belakangnya, mereka benar-benar harus ekstra berolahraga. Hal ini di karenakan pada tanggal pelaksanaan nanti. Yaitu tanggal 29 September 2017 semua akses jalan di sekitar kantor tersebut akan di tutup. Nantinya Jalan Sedap Malam, Jalan Jimerto, Jalan Taman Surya akan di tutup untuk semua kendaraan bermotor. Di ujung jalan tersebut akan di pasang palang penghalang agar tidak ada kendaraan bermotor yang masuk.

Lantas,…bagaimana bila ada PNS yang melanggar aturan ini,,?. Sanksi berupa sanksi sosial dan teguran mulai lisan hingga tertulis sudah di siapkan bagi PNS yang tidak mau mengikuti aturan ini. Meskipun hanya teguran, namun siapa yang akan berani menerima teguran lisan dari Walikota Surabaya, Tri Rismaharini..?. Ngeri dulu..hehe.

Baca : Mulai 4 September Bayar Parkir Harus Pakai E-Money 

Sebenarnya program sepeda untuk kerja bagi PNS ini hanya kan berlaku sekali dalam setiap bulan. Yaitu hanya pada hari Jum’at di akhir bulan.  Hal ini peningkatan dari program sebelumnya. Yaitu dimana para PNS di lingkungan Balai Kota dan sekitarnya harus berjalan kaki apabila ingin masuk ke lokasi kerjanya. Untuk kendaraan, biasanya di parkir di sepanjang jalan Sedap Malam.

Menanggapi hal ini, Devina Puspamurti salah satu pegiat komunitas sepeda di Kota Surabaya, yaitu Subcyclist, mengaku sangat gembira bila program sepeda untuk kerja ini bisa di laksanakan. “Berarti Pemkot Surabaya benar-benar telah mendukung salah satu program kami untuk pesepeda mendapatkan haknya di jalan raya” jelas Devina. “Karena banyak jalur sepeda yang terkadang di serobot oleh mobil atau motor” keluhnya. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

Unjuk-Rasa-Sopir-Angkutan-Kota

Kekompakan Pemkot Dan Warga Kota Surabaya Teruji Pada Saat Unjuk Rasa Sopir Angkutan Kota

Kekompakan Pemkot Dan Warga Kota Surabaya Teruji Pada Saat Unjuk Rasa Sopir Angkutan Kota Kabar …