Home / Umum / Roda 2 Di Larang Masuk Jalur Utama Ahmad Yani

Roda 2 Di Larang Masuk Jalur Utama Ahmad Yani

Roda 2 Di Larang Masuk Jalur Utama Ahmad Yani

Kabar Surabaya – Dengan selesainya jalur Frontage Road barat yang ada di depan kantor Dinas Perhubungan Kota Surabaya hingga bundaran Dolog, maka sebuah aturan baru di terbitkan. Aturan baru ini di khususkan bagi pengendara roda2/motor. Aturan ini tidak berlaku bagi roda 4/mobil. Peraturan ini di sebut juga dengan nama aturan kanalisasi.  Peraturan ini mengharuskan bagi pengendara roda 2 yang akan masuk ke Kota Surabaya dari arah Kota Sidoarjo, untuk masuk ke jalan Frontage Road barat.

Dengan adanya aturan ini, maka kendaraan roda 2 secara mutlak di larang masuk ke jalur utama jalan Ahmad Yani. Hal ini di karenakan jalur utama Ahmad Yani ini akan menjadi jalur cepat untuk kendaraan roda 4.

roda-2-harus-masuk-frontage

Dasar aturan di berlakukannya aturan ini adalah, masih banyaknya kecelakaan yang terjadi di jalan Ahmad Yani. Kebanyakan dari kecelakaan ini biasanya di picu oleh kendaraan roda 2 yang berjalan secara zig-zag. Menurut petugas, biasanya jika jam masuk kantor, banyak kendaraan roda 2 yang berjalan cepat dan zig-zag untuk mencari celah diantara mobil. Hal inilah yang kemudian memicu terjadinya kecelakaan.

Baca :  Cara Mengurus Perpanjangan STNK 5 Tahunan Di Surabaya

Demi menekan angka kecelakaan ini maka sejak awal bulan Januari 2018 aturan ini sudah mulai di sosialisasikan. Setiap paginya beberapa petugas Dinas Perhubungan dan personel dari Kepolisian selalu berjaga di pintu masuk Kota Surabaya ini. Dengan sabar mereka mengarahkan kendaraan roda 2 yang akan melewati jalur utama jalan Ahmad Yani agar belok ke jalur Frontage Road barat.

Selain penempatan personel, rambu-rambu peringatan juga telah di pasang di sepanjang jalan Ahmad Yani. Bahkan nampak papan petunjuk berbentuk LED berukuran besar yang bertuliskan “Untuk Roda 2 Gunakan Jalur Frontage Road”. Jadi sejatinya sudah tidak ada alasan, tidak melihat rambu.

Sebenarnya mulai tanggal 1 Februari 2018 masa sosialisasi sudah habis dan aturan sudah mulai di terapkan. Jadi jika masih ada yang melanggar maka denda tilang sudah akan menanti. Namun ternyata pihak Dishub dan pihak Kepolisian masih akan memperpanjang masa sosialisai menjadi sampai akhir Februari 2018.

Sepanjang jalan Ahmad Yani Kendaraan Roda 2 Tidak Boleh Putar Balik

Dengan adanya aturan ini, kendaraan roda 2 juga harus berhati-hati jika ingin melakukan putar balik. Putar balik untuk kendaraan roda 2 hanya bisa di lakukan di Bunderan Dolog saja. Karena kendaraan roda 2 tidak boleh melintas sekalipun di jalur utama Ahmad Yani.

Baca :  Rekomendasi Liburan Di Kota Surabaya

Hal inilah yang tentunya sangat memberatkan bagi kendaraan roda 2, karena jika harus memutar ke arah berlawanan harus menempuh jarak yang cukup jauh. Namun hal ini adalah demi kenyamanan dan keamanan bagi pengguna jalan juga.

Nantinya masa sosialisasi ini akan berakhir pada tanggal 24 Februari 2018. Untuk itu di harapkan para pengguna kendaraan roda 2 untuk dapat mematuhi aturan yang telah di buat demi keamanan bersama. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

Ekspedisi-Mahanugra-I-2018

Calon Guru Besar ITS Pimpin Ekspedisi Mahanugra I/2018

Calon Guru Besar ITS Pimpin Ekspedisi Mahanugra I/2018 Kabar Surabaya – Sabtu pagi 27 Januari …