Home / Kuliner / Rujak Manis, Jajanan Salad Buah Surabaya

Rujak Manis, Jajanan Salad Buah Surabaya

rujak-manis-polisi-istimewa-surabayaRujak Manis, Jajanan Salad Buah Surabaya

Kabar SurabayaRujak Manis, Jajanan Salad Buah Surabaya – Kuliner nusantara merupakan kebanggaan Indonesia. Jika berbicara mengenai ragam kuliner nusantara, tentu tidak akan ada habisnya. Beragam kuliner siap memanjakan lidah para pecinta kuliner saat berkunjung ke setiap daerah di Indonesia. Di setiap daerah pasti memiliki makanan khas yang penuh cita rasa dan unik. Berjalan-jalan sambil menikmati wisata kuliner tentu sangat menyenangkan.

Salah satu kota yang populer dengan kulinernya yang khas adalah kota Surabaya. Di kota ini dapat dijumpai berbagai macam makanan tradisional khas Surabaya seperti rujak cingur, tahu campur, semanggi, lontong balap, dan masih banyak lagi makanan-makanan tradisional khas lainnya.

Selain menu makanan tradisional yang khas, ada juga kuliner yang tidak kalah menggugah selera bagi para pecinta kuliner misalnya rujak. Rujak termasuk kuliner yang “nggak bikin bosen”. Ada berbagai macam rujak di kota Surabaya, seperti rujak cingur, rujak tolet, dan rujak gobet. Salah satu kuliner jalanan yang terkenal di Surabaya yaitu rujak manis Dr. Soetomo. Rujak manis disini sudah sangat populer di kalangan masyarakat Surabaya dan sekitarnya.

Kuliner yang satu ini merupakan semacam salad atau makanan yang dibuat dari beragam buah-buahan yang dicampur beserta bumbu kacang, gula merah dan sambal rujak yang khas rasanya. Rujak manis merupakan salah satu makanan yang patut untuk dicicipi saat berkunjung ke kota Surabaya.

Baca : Hangatnya Wedang Ronde Biliton

Jika anda sedang berjalan-jalan di sekitar jalan Dr. Soetomo dan polisi istimewa, maka anda akan menjumpai deretan para pedagang yang berjualan rujak manis dengan rombong yang didominasi oleh warna hijau dengan kaca di sisi depannya supaya buah-buahan yang dibawa terlihat cantik. Biasanya di depan rombong tertulis nama pedagangnya. Diatasnya dipasang payung untuk melindungi penjual dari teriknya sinar matahari. Di setiap rombong juga dilengkapi dengan krupuk yang bergantung dan sudah dikemas menggunakan bungkus plastik bening sebagai pelengkap saat menikmati cita rasa rujak manis . Selain itu juga terdapat banyak rujak yang sudah dibungkus sehingga langsung siap untuk dijual.

Rujak manis atau rujak buah ini terdiri dari berbagai macam buah-buahan seperti nanas, mentimun, belimbing, semangka, papaya, nangka, kedondong, mangga muda, bengkoang, melon, jambu air, dan juga tambahan tahu goreng. Untuk sambalnya terbuat dari campuran gula jawa, asam jawa, potongan kacang tanah, dan sedikit cabe rawit. Pilihan buah juga bisa disesuaikan selera. Bahkan tidak jarang, para pedagang menanyakan dulu kepada pembeli buah apa saja yang disukai.

Baca : Festival Kampung Pecinan Surabaya

Rujak manis memiliki cita rasa yang istimewa yakni pedas, manis dan asam karena campuran dari buah dan bumbu kacangnya. Ini yang membuat para pecinta kuliner tidak bisa lepas dari kenikmatan cita rasa yang luar biasa. Kuliner yang satu ini juga sangat mudah untuk didapatkan dengan harga yang terbilang murah yakni sekitaran Rp 10.000 anda dapat menikmati jajanan yang menggugah selera ini.

Jika sedang berkunjung ke kota Surabaya, Anda bisa mencoba mencicipi kuliner rujak manis yang ada di jalan Dr. Soetomo dan polisi istimewa ini. Biasanya orang-orang sudah mempunyai langganan penjual rujak manis yang ada disini. Jika belum pernah mampir kesini, jajanan yang satu ini bisa jadi rekomendasi kuliner jalanan yang patut untuk dicoba. Dengan harga yang terjangkau anda dapat menikmati makanan pencuci mulut yang satu ini. Anda bisa menikmatinya langsung di tempat ataupun membawanya pulang untuk dimakan bersama keluarga di rumah. (Rizki Rahmadianti)

About Kabar Surabaya

Check Also

Heerlijk-Library-Cafe-Menur-Surabaya

Heerlijk Library Cafe Surabaya, Tempat Nongkrong Yang Vintage Banget

Heerlijk Library Cafe Surabaya, Tempat Nongkrong Yang Vintage Banget Kabar Surabaya – Heerlijk Library Cafe Menur …