Home / Kabar Surabaya / Rumah Sakit Terapung Unair Akan Layani Warga Kota Surabaya

Rumah Sakit Terapung Unair Akan Layani Warga Kota Surabaya

Rumah Sakit Terapung Unair Akan Layani Warga Kota Surabaya

Kabar Surabaya – Apa jadinya jika sebuah rumah sakit di bangun di kapal..?, Jika kapal tersebut berukuran besar sebagaimana kapal pesiar tentu saja itu adalah hal yang cukup mungkin. Namun bagaimana jika Rumah sakit Itu di bangun di atas kapal berukuran sedang/perahu. Namun hal inilah yang saat ini di lakukan oleh Universitas Airlangga Kota Surabaya. Kampus yang sangat terkenal dengan Program Pendidikan Kedokterannya ini sejak tahun 2017 akhir lalu telah membangun sebuah Rumah Sakit Terapung. Rumah sakit ini kemudian di berikan nama Ksatria Airlangga.

rumah-sakit-terapung-ksatria-airlangga-2

Ide awal dari di bangunnya Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga ini berawal dari pengalaman para alumni Universitas Airlangga ketika di tugaskan di kepulauan terpencil. Salah satunya adalah DR. Agus Haryanto Sp.B ketika beliau di tugaskan di kepualaun Provinsi Maluku. Kondisi geografis di kepulauan terpencil dan terluar itulah yang akhirnya mengilhaminya untuk segera mewujudkan Rumah Sakit Terapung ini.

Baca :  Surabaya Datangkan Mobil PMK Paling Canggih Pertama Di-Indonesia

Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga ini di bangun di Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan. Kapal ini berjenis phinisi dengan panjang 27 meter dan lebar 7.2meter. Kapal khas bugis ini menghabiskan dana sebesar 5 Milyar untuk pembuatannya. Kapal yang di dominasi warna putih ini telah jadi pada bulan September dan akan di layarkan ke Kawasan Tanjung Perak Surabaya untuk di lengkapi peralatan mediasnya.

Salah satu dokter yang bertugas di Rumah Sakit Terapung mengatakan bahwa hampir semua kasus medis bisa di tangani oleh Ksatria Airlangga ini. Baik untuk operasi kecil maupun operasi besar. Apabila di perlukan, nantinya peralatan medis yang telah terpasang di kapal ini akan di tambah atau di upgrade lagi.

Selama ini Rumah Sakit Terapung ini telah beroperasi di kawasan Pulau Bawean dan melayani warga dengan kawasan tersebut.

Sebelum memulai misi pertamanya dengan tema Unair Goes To Island 2018, saat ini Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga akan memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada warga Kota Surabaya. Bekerjasama dengan Pelindo III dan Rumah Sakit PHC, Universitas Airlangga aakan mengadakan kegiatan Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis. Pengobatan Gratis ini bertajuk Bakti Ksatria Airlangga.

Baca : Layanan Mobil Derek Gratis Hadir Untuk Warga Kota Surabaya

Kegiatan Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis ini akan di laksanakan selama 2 hari, yaitu tanggal 10 Maret 2018 (Sabtu) dan tanggal 11 Maret 2018 (Minggu). Lokasi dari pelaksanaan pengobatan gratis ini berada di Terminal Kalimas Kota Surabaya.

Berikut agenda kegiatan pada tanggal 10 Maret 2018

  1. Opening Ceremonial
  2. Observasi, penyuluhan dan operasi (Poli umum dan Poli gigi)
  3. Ishoma
  4. Operasi (Khusus bedah hernia, dan bibir sumbing)
  5. Open House untuk anak SMP dan SMA
  6. Lomba Fotografi: Kegiatan Penyuluhan dan Bahari.

Berikut agenda kegiatan pada tanggal 11 Maret 2018

  1. Pelayanan kesehatan masyarakat
  2. Ishoma
  3. Pelayanan kesehatan masyarakat
  4. Konferensi Press
  5. Show Acara
  6. Closing Ceremony.

Bagi warga Kota Surabaya yang membutuhkan penanganan medis seperti operasi ringan ( tumor jinak, uci-uci , mata ikan kutil, dan lain sebagainya ) katarak, benjolan dan lain-lain bisa mendaftar ke puskesmas Perak Timur.  (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

suroboyo-bus-bayar-pakai-sampah

Risma Mulai Melatih Warga Surabaya Untuk Beralih Ke Transportasi Umum

Risma Mulai Melatih Warga Surabaya Untuk Beralih Ke Transportasi Umum Kabar Surabaya – Saat ini …