Home / Kabar Surabaya / Rute Dan Jam Keberangkatan Bus Suroboyo

Rute Dan Jam Keberangkatan Bus Suroboyo

rute-bus-suroboyoRute Dan Jam Keberangkatan Bus Suroboyo

Kabar Surabaya – Sebagaimana di ketahui bahwasannya pada hari Sabtu (7 April 2018), Kota Surabaya telah melakukan soft launching kendaraan bis yang di berikan nama Bus Suroboyo. Bus dengan dominasi warna merah ini merupakan salah satu moda transportasi massal cepat yang di gadang-gadang akan mengurangi tingkat kepadatan lalu-lintas di Kota Pahlawan ini. Salah satu keistimewaan dari Bus Suroboyo ini adalah sistim pembayarannya yang tidak menggunakan uang tunai, melainkan menggunakan sampah plastik.

Namun sayangnya sejak peluncurannya Bus Suroboyo seharga 2,4 Milyar ini masih sepi penumpang. Hal ini di tengarai karena banyak masyarakat yang belum paham mengenai keberadaan Bus Suroboyo ini. Hal ini banyak di sebabkan para calon penumpang masih mengira Bus Suroboyo ini adalah sejenis bis pariwisata, karena bentuk desainnya yang berbeda dari bis kebanyakan. Seperti yang di ungkapkan oleh Savitri (35), ” Oh iku bis umum ta…tak kiro mau bis pariwisata mas” tuturnya kepada Kabar Surabaya.

Baca : Kebun Raya Mangrove Surabaya Akan Di Mulai dari Surabaya Timur

Selain bentuk dari Bus Suroboyo yang cukup unik, ketersediaan unit ini juga masih minim. Total hanya tersedia 10 unit bus yang tersedia dan melayani calon penumpang mulai pukul 06.00wib hingga pukul 22.00wib. Sampai saat ini-pun sebenarnya Pemerintah Kota Surabaya juga masih mematangkan konsep pembayaran dengan menggunakan sampah plastik ini. Sampah yang bisa di terima oleh Bus Suroboyo ini masih berupa botol plastik dengan ukuran 1.5liter (3buah) atau ukuran 600ml (5buah) bisa di pilih salah satu. Selain itu juga bisa menerima bentuk gelas air mineral sebanyak 10 buah.

Namun proses pembayaran menggunakan sampah plastik ini sifatnya masih dalah tahap sosialisasi hingga tanggal 1 Mei 2018 nanti. Jadi hingga saat ini penumpang masih tidak di tarik tiket untuk menaiki Bus Suroboyo ini atau gratis. Jika sistim pembayaran ini sudah di laksanakan, ada bank yang di tunjuk untuk menjadi patner dari program Bus Suroboyo ini.

Tiga bank sampah ini adalah bank sampah induk Surabaya yang ada di kawasan Ngagel, Bank sampah Bintang Mangrove yang ada di kawasan Gunung Anyar Tambak serta bank sampah Pitoe yang ada di wilayah Jambangan Surabaya. Jadi nantinya warga harus meyetor sampah terlebih dahulu ke 3 lokasi ini untuk mendapatkan tiket untuk menaiki Bus Suroboyo. Kerjasama dan sistim operasionalnya dengan bank sampah ini masih di matangkan terlebih dahulu.

Saat ini para penumpang masih bisa menyetorkan sampah kepada kondektur bis, hal ini mengakibatkan di dalam bis nampak botol-botol plastik setoran penumpang. Keadaan ini terasa sangat tidak menyenangkan, karena penumpang dan botol plastik (sampah plastik) berbagi ruangan di dalam bis.

Baca : Risma Mulai Melatih Warga Surabaya Untuk Beralih Ke Transportasi Umum

Bus Suroboyo ini mempunyai 2 jenis rute, yaitu (Selatan ke Utara) berangkat dari Terminal Purabaya (Bungurasih) menuju ke Jembatan Merah. Berikut Rute Lengkapnya :

Halte Purabaya – Halte Dukuh Menanggal – Halte Siwalankerto – Halte Taman Pelagi – Halte RS Bhayangkara – Halte UBHARA – Halte PUSVETMA – Halte Wonokromo – Halte Joyoboyo – Halte Museum BI – Halte Rumah Sakit Darmo – Halte Pandegiling – Halte Basra – Halte Kaliasin – Halte Embong Malang – Halte Blauran – Halte Pringadi – Halte Pasar Turi – Halte Masjid Kemayoran – Halte Indrapura – Halte Rajawali.

Satunya adalah Rute Utara ke Selatan yang berangkat daru halte Tugu Pahlawan lalu kembali ke Terminal Purabaya.

Halte Rajawali – Halte Jembatan Merah – Halte Veteran – Halte Tugu Pahlawan – Halte Alun Alun Contong – Halte Siola – Halte Tunjungan – Halte Simpang Dukuh – Halte Gubernur Suryo – Halte Pangsud – Halte Sono Kembang – Halte Urip Sumoharjo – Halte Pandigiling – Halte Mojopahit – Halte Darmo – Halte Marmoyo – Halte Joyoboyo – Halte RSAL – Halte Margorejo – Halte UIN – Halte Siwalankerto – Halte Kerto Menanggal – Terminal Purabaya. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

kebun-raya-mangrove-surabaya

Kebun Raya Mangrove Surabaya Akan Di Mulai dari Surabaya Timur

Kebun Raya Mangrove Surabaya Akan Di Mulai dari Surabaya Timur Kabar Surabaya – Kota Surabaya …