Home / Kuliner / Sensasi Kuliner Malam “Sego Sambel Mak Yeye”

Sensasi Kuliner Malam “Sego Sambel Mak Yeye”

sego-sambel-mak-yeye-surabayaSensasi Kuliner Malam “Sego Sambel Mak Yeye”

Kabar SurabayaSensasi Kuliner Malam “Sego Sambel mak Yeye” – Kota Surabaya adalah kota metropolitan kedua setelah kota Jakarta. Dibalik padatnya kota Surabaya, anda bisa menikmati wisata kuliner kota Surabaya yang populer dengan makanan khas Jawa Timur. Beberapa orang mengenal kuliner khas Jawa Timur dengan menu khas yang rasanya pedas. Bagi masyarakat Surabaya makanan nasi sambel adalah salah satu makanan yang paling diminati. Cita rasa sambel khas Surabaya bereda dengan yang ada di kota-kota lain. Seperti halnya kuliner malam Surabaya “Sego Sambel Mak Yeye”.

Kuliner yang satu ini merupakan kuliner malam yang menjadi primadona di kota Surabaya. Dalam bahasa Jawa “Sego” berarti nasi, “sambel” berarti sambal. Jadi sudah jelas kalau kuliner ini adalah perpaduan antara nasi, sambal, dan juga beragam lauk pauk. Di Sego Sambel Mak Yeye ini kita bisa memilih lauk yang disukai diantaranya ikan lele, ikan pe (pari), telur ceplok, telur dadar, atau tempe goreng.

Lokasi Sego Sambel Mak Yeye terletak di Jl. Jagir Wonokromo Wetan No. 12, Surabaya. Sebelah utara Darmo Trade Center (DTC). Tempatnya tidak begitu mewah, hanya lapak dengan bagian atap memakai terpal dan ditopang oleh kayu. Meski hanya lapak sederhana, namun Sego Sambel Mak Yeye menjadi primadona di Kota Pahlawan. Bahkan menjadi ikon kuliner tengah malam yang hits di Surabaya. Yap… warung Sego Sambel Mak Yeye ini memang buka pada pukul 22.00 – 04.00 WIB. Meskipun begitu tidak menyurutkan para pembeli untuk antre mencicipi makanan pedas yang menggugah selera ini.

Baca : Kreco Rebus, Kuliner Khas Surabaya yang Mulai Tersisih

Warung yang buka malam hari ini selalu dipenuhi oleh para pembeli yang ingin menikmati sensasi pedas dari Sego Sambel. Lauknya memang sederhana, tetapi sambal Mak Yeye yang pedasnya bikin ketagihan. Sekilas penampilan Sego Sambel Mak Yeye tampak menyeramkan, dengan nasi dan lauk yang dibalut sambal berwarna merah menyala. Tak tanggung-tanggung sambal yang disajikan porsinya sangat melimpah.

Selain citarasa sambalnya yang pedas, ikan yang disediakan di warung ini juga menjadi ciri khas. Iwak Pe atau ikan pari yang paling istimewa dijadikan menu penyetan (Sego Sambel). Di tempat lain, tidak banyak warung yang menyediakan Iwak Pe atau ikan pari sebagai pelengkap lauk nasi sambal. Warung-warung biasanya hanya menyediakan olahan ayam, burung dara, atau ikan air tawar.

Untuk sambalnya, Sego Sambel Mak Yeye terbuat dari  bawang merah, bawang putih, tomat, cabai, garam, dan juga terasi. Karena sambal buatan Mak Yeye rasanya sangat pedas, maka untuk pelanggan yang tidak suka pedas bisa request sambal yang manis. Nantinya sambal akan dicampur dengan ditambahkan gula pasir.

Baca : Pecel Semanggi Ikon Kuliner Kota Surabaya

Langganan Sego Sambel Mak Yeye datang dari berbagai kalangan seperti mahasiswa, buruh pabrik, pegawai kantoran, tukang becak, pengusaha, bahkan polisi dan pecinta kuliner lainnya.

Untuk satu porsi lengkap seperti nasi dengan lauk ikan pari ditambah telur dadar dan tempe goreng dipatok dengan harga Rp 15.000. Sedangkan untuk satu porsi nasi dengan lauk telur dadar dan tempe goreng saja dipatok dengan harga Rp 10.000 saja. Nah.. untuk minumannya anda harus membelinya di warung-warung sebelah. Karena di warung Sego Sambel Mak Yeye ini tidak menjual minuman.

Jika anda termasuk pecinta makanan pedas, maka Sego Sambel Mak Yeye jangan sampai terlewatkan oleh anda. Di warung ini anda bisa ber-uji nyali menikmati pedasnya sambal. Dengan sensasi antrian pembelinya yang banyak dan jumlah meja yang sedikit merupakan keseruan serta kepuasan tersendiri setelah makan.

pastikan anda datang kesana tidak terlalu malam. Karena siap-siap anda harus mengantri dengan lama jika datang sedikit terlambat. Namun jangan khawatir, karena waktu menunggu anda akan terbayar dengan lezat, pedas dan nikmatnya hidangan olahan sambal yang ada di hadapanmu. Ingat ya…kalau tidak suka pedas jangan coba-coba kesini dari pada besoknya perut anda sakit. Di sini hanya menerima konsumen yang hobby makan pedas..hehe.(Rizki Rahmadianti)

About Kabar Surabaya

Check Also

bandeng-tanpa-duri-aw-surabaya

Bandeng Tandu AW, Santapan Bandeng Lezat Tanpa Duri

Bandeng Tandu AW, Santapan Bandeng Lezat Tanpa Duri Kabar Surabaya – Bandeng Tandu AW Santapan …