Home / Wisata / Sehat Tak Harus Mahal ala Taman Lansia

Sehat Tak Harus Mahal ala Taman Lansia

taman-lansia-surabayaSehat Tak Harus Mahal ala Taman Lansia

Kabar SurabayaSehat Tak Harus Mahal ala Taman Lansia – Mencari tempat yang sejuk dan menyehatkan di tengah Kota Surabaya bukanlah hal yang sulit untuk ditemukan. Karena sejumlah titik di Kota Pahlawan sekarang ini sudah banyak taman-taman kota yang indah. Tidak heran kalau Kota Surabaya dijuluki pula sebagai Kota Seribu Taman. Hal ini dikarenakan terdapat beragam taman kota yang sengaja di bangun sebagai ruang publik bagi setiap orang yang ingin bersantai sambil menikmati suasana kota Surabaya. Fungsi taman Kota Surabaya sebagai tempat hang-out, tempat berolahraga, tempat rekreasi, dan juga tempat untuk sekedar menghirup udara segar jauh dari polusi. Salah satu taman yang dimiliki kota Surabaya adalah Taman Lansia.

Taman Lansia Surabaya terletak di Jl. Kalimantan No.12 Gubeng, Surabaya. Sebelum diresmikan pada 2007 menjadi taman yang layak ‘huni’, lingkungan itu sebelumnya adalah Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) Raya Gubeng. Stasiun Pompa Bensin itu di bongkar karena memang berdiri di tempat terlarang.

Baca : Pesona Thailand Di Patung Budha 4 Wajah Surabaya

Taman seluas 2594 meter persegi ini dinamakan Taman Lansia, karena taman ini diperuntukan untuk para lansia. Namun pengunjung yang datang di taman kota Surabaya ini bukan didominasi hanya para lansia, tetapi juga orang dewasa dan anak-anak. Anak-anak dan orang dewasa yang menghabiskan waktu di Taman Lansia ini sambil menikmati jogging track atau hanya sekadar melihat air mancur, dan lampu-lampu hias. Lokasinya yang berada di tengah jalan raya seakan menjadi pensuplay oksigen bagi warga yang berkunjung di dalamnya.

Tak ada larangan bagi yang bukan lansia. Bisa jadi, taman ini diberi nama Taman Lansia agar mendorong masyarakat yang sudah lanjut usia untuk mau berolahraga sambil menikmati udara segar. Tapi pada dasarnya semua masyarakat harus sehat dengan cara berolahraga dan menghirup udara segar. Sehingga tidak ada batasan usia untuk bisa memasuki sebuah taman-taman kesehatan.

Seperti taman-taman kota lainnya, Taman Lansia dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas untuk kenyaman rekreasi keluarga warga kota Surabaya dan sekitarnya. Beraneka jenis tanaman dan bunga-bunga cantik menghiasi taman ini, seperti tanaman jenis pandanus, teh-tehan, zisigium, erva merah, telo-teloan, rumput gajah, rumput jepang, andong merah, pandanwangi, cendrawasih, pakis boston, dan ditambah dengan adanya air mancur yang melengkapi keindahan taman kota ini.

Baca : Temple Of Heaven Surabaya

Selain dihiasi dengan bunga-bunga nan cantik, Taman Lansia ini juga dilengkapi dengan fasilitas untuk olahraga, khususnya bagi para lansia. Yakni area untuk berjalan yang dilengkapi dengan jalan batu. Jalur tersebut dibuat melingkar mengitari taman dengan lebar kurang lebih 2 meter. Jalur refleksi yang mengelilingi area taman ini dilengkapi dengan tiang-tiang penyangga bagi pejalan kaki yang sudah lanjut usia. Bagi yang mengidap penyakit akan merasa kesakitan jika berjalan di atas jalur tersebut. Tapi tenang saja, rasa sakit yang dialami adalah pengaruh dari peredaran darah yang tidak lancar. Sehingga membiasakan berjalan di jalur tersebut tentunya dapat memperbaiki kesehatan.

Ada juga area untuk kenyaman kursi roda lengkap dengan tempat duduk untuk penghantar saat menemani para lansia menikmati suasana kota di pagi maupun sore hari. Kesejukan suasana di Taman Lansia ini kian segar oleh adanya air mancur di tengah taman. Kesegaran itu tentu bisa meminimalisir kepekatan polusi udara dari kendaraan bermotor yang cukup padat berlalu lalang di jalan raya. Selain dimanfaat untuk tempat rekreasi dan berolahraga bagi para lansia maupun keluarga, taman ini juga dijadikan sebagai tempat hunting beberapa fotografer dan lokasi pemotretan untuk segala tema.

Lokasi taman lansia sendiri yang berada di tengah kota, atau berada sekitar 15 menit dari pusat pemerintahan kota Surabaya. Dari Stasiun Gubeng taman lansia ini bisa ditempuh dengan jalan kaki sekitar 10 menit ke arah Selatan. Pemkot Surabaya telah menyediakan beberapa tempat olahraga alternatif tanpa dipungut biaya. Sehingga bagi mereka yang ingin sehat tanpa merogoh kantong yang dalam dapat memilih taman-taman alternatif yang telah disediakan. (Rizki Rahmadianti)

About Kabar Surabaya

Check Also

taman-suroboyo-kenjeran

Menikmati Angin Pantai Dari Taman Suroboyo Kenjeran

Menikmati Angin Pantai Dari Taman Suroboyo Kenjeran Kabar Surabaya –  Menikmati Angin Pantai Dari Taman …