Home / Sejarah / Sejarah Bus Damri Angkutan Legendaris

Sejarah Bus Damri Angkutan Legendaris

sejarah-bis-damri-surabayaSejarah Bus Damri Angkutan Legendaris

Kabar SurabayaSejarah Bus Damri Angkutan Legendaris – Pada tahun 1943, terdapat dua usaha angkutan di zaman pendudukan Jepang yaitu Jawa Unyu Zigyosha yang khusu pada angkutan barang dengan truk, gerobak atau cikar. Dan Zidosha Sokyoku yang melayani angkutan penumpang dengan kendaraan bermotor atau bus. Pada tahun 1945, setelah Indonesia merdeka, dibawah pengelolaan Departemen Perhubungan RI, Jawa Unyu Zigyosha berubah menjadi Djawatan Pengangkoetan untuk angkutan barang dan Zidosha Sokyoku beralih menjadi Djawatan Angkutan Darat untuk angkutan penumpang.

DAMRI merupakan kepanjangan dari Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia. Dibentuk berdasarkan Maklumat Kementerian Perhubungan RI No.01/DAMRI/46 tanggal 25 Nopember 1946. Tugas utamanya adalah menyelenggarakan angkutan penumpang dan barang di atas jalan dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Pada tahun 1961, terjadi peralihan status DAMRI menjadi Badan Pimpinan Umum Perusahaan Negara (BPUPN) berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 233 Tahun 1961. Yang kemudian pada 1965 BPUPN dihapus dan DAMRI ditetapkan menjadi Perusahaan Negara (PN).

Baca : Patung Surabaya, Tetenger Asli Suroboyo

Pada tahun 1982, DAMRI beralih status menjadi Perusahaan Umum (PERUM) berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 30 Tahun 1984. Dalam perkembangan selanjutnya sebagai Perusahaan Umum (Perum), nama DAMRI tetap dijadikan brand mark dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang sampai saat ini masih tetap konsisten menjalankan tugasnya sebagai salah satu service provider angkutan penumpang dan barang dengan menggunakan bus dan truk. Hingga kini, DAMRI memiliki jaringan pelayanan tersebar hampir di seluruh wilayah Republik Indonesia. Di dalam kegiatan usahanya, DAMRI menyelenggarakan beberapa unit angkutan, diantaranya :

Angkutan Bandara/Pemadu Moda
Pelayanan Angkutan Bandara adalah salah satu segmen pelayanan yang beroperasi dari dan ke Bandara. Angkutan Bandara ini sudah hampir menjangkau Bandara-bandara yang ada di wilayah Indonesia. Pelayanan yang berorientasi pada kepuasan pelanggan ini akan terus memberikan pelayanan terbaik dengan tarif relatif murah, aman dan nyaman.

Angkutan Antar Kota
Pelayanan Angkutan Antar Kota meliputi jaringan pelayanan 28 kota besar di pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan. Cabang yang melayani Angkutan Antar Kota yaitu Banda Aceh, Bengkulu, Jambi, Palembang, Pangkal Pinang, Serang, Bandar Lampung, Jakarta, Bogor, Bandung, Cilacap, Purwokerto, Purworejo, Pontianak, Banjarmasin, Samarinda, Palangkaraya, Malang, Banyuwangi, Ponorogo, Pamekasan, Denpasar, Mataram, Kendari, Palu, Kefamenanu, Jayapura dan Ambon.

Angkutan Perintis
Angkutan Perintis merupakan angkutan yang melayani daerah-daerah terisolir sebagai angkutan perintis. Dimana di daerah tersebut tidak tersedia sarana angkutan yang memadai dengan tarif yang terjangkau. Kegiatan ini dilaksanakan di 29 kota diseluruh Indonesia.

Baca : Titik Nol Kota Surabaya, Sejarah Yang Terlupakan

Angkutan Bus Kota
Angkutan Bus Kota merupakan sebuah moda transportasi perkotaan yang merujuk kepada kendaraan umum dengan rute yang sudah ditentukan. Pelayanannya meliputi jaringan trayek kota (dalam wilyah kota, Ibukota Provinsi dan Kabupaten). Jaringan Pelayanan meliputi 14 kota besar di Indonesia meliputi Medan, Batam, Palembang, Padang, Bandar Lampung, Bandung, Yogyakarta, Surakarta, Semarang, Jember, Surabaya, Makassar, Kendari dan Manado serta Angkutan SBU Busway Koridor 1 & 8.

Angkutan Travel/Pariwisata
Angkutan Travel merupakan salah satu unit kerja pada Perum DAMRI yang Khusus melayani angkutan travel atau pariwisata. Dalam kegiatannya unit ini juga bekerjasama dengan Depnakertrans dalam pengangkutan Tenaga Kerja Indonesia (TKI), dari terminal kedatangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke daerah-daerah asal TKI.

Angkutan Barang
Unit Angkutan Barang ini kegiatan untuk mengangkut barang dari satu tempat ke tempat lainnya melalui darat dan menggunakan mobil barang sesuai dengan jenis layanan angkutan. Angkutan barang melayani pengiriman barang dengan menggunakan Truk Box. Angkutan barang perum DAMRI tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Antara lain Angkutan barang/paket Jakarta, Pontianak, Palangkaraya, Denpasar, Makassar, Palu, Ambon dan Gorontalo.

Angkutan Antar Negara
Angkutan Antar Negara merupakan angkutan dari satu kota ke kota lain yang melewati lintas batas negara yang terikat dalam trayek. DAMRI mempelopori transportasi lintas-batas antar Negara Indonesia Malaysia, dengan melayani trayek dari Pontianak (Indonesia) tujuan Kuching (Malaysia). DAMRI juga telah membuka layanan baru dari Pontianak menuju Brunai Darussalam.
Bus DAMRI juga sedang merintis rute antar negara seperti ke Timor Leste dan Papua Nugini. Trayek Angkutan Antar Negara yaitu:
1. Pontianak,Indonesia -Kuching, Malaysia
2. Pontianak, indonesia – Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam
3. Kupang, Indonesia- Dili, Timor Leste
4. Jayapura, Indonesia – Vanimo, Papua Nugini

About Kabar Surabaya

Check Also

masjid-ampel-surabaya

“Masjid Sunan Ampel” Sejarah Peradaban Islam

Masjid Sunan Ampel, Sejarah Peradaban Islam Kabar Surabaya – “Masjid Sunan Ampel” Sejarah Peradaban Islam …