Home / Umum / Sekolah Kedinasan, Lulus Langsung Kerja

Sekolah Kedinasan, Lulus Langsung Kerja

sekolah-kedinasan-indonesiaSekolah Kedinasan, Lulus Langsung Kerja

Kabar SurabayaSekolah Kedinasan, Lulus Langsung Kerja – Ada beberapa macam status Perguruan Tinggi yakni Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS), dan juga Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK). Sekolah Kedinasan atau Perguruan Tinggi Kedinasan adalah sekolah yang diselenggarakan oleh Negara yang bertujuan untuk mencetak sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk mengisi posisi-posisi tertentu pada setiap departemen yang ada di Negara Indonesia. Program sekolah ikatan dinas di Indonesia banyak yang berjenis institut, universitas, maupun akademi. Sekolah Ikatan dinas ini memang sangat banyak diminati di negara Indonesia. Program sekolah kedinasan ini umumnya diadakan oleh para instansi pemerintah kepada putra – putri bangsa indonesia yang memiliki prestasi terbaik.

Baca : Bahaya Laser Hijau

Keuntungan Yang Diperoleh

Sekolah ikatan dinas ini merupakan salah satu tujuan favorit anak-anak SMA/SMK/MA yang baru saja lulus sekolah. Bahkan tidak jarang ada diantara mereka yang sudah memiliki tempat kuliah justru mencoba peruntungannya untuk tes di sekolah kedinasan. Bagaimana tidak, perguruan tinggi kedinasan ini memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan dengan kuliah biasa seperti di universitas umum atau tempat lainnya. Keuntungan yang bisa didapat oleh mahasiswa pun sangat besar, seperti :
1. Beasiswa : hampir semua sekolah kedinasan tidak memungut biaya. Biaya pendidikan atau kuliah ditanggung oleh pemerintah sampai lulus.
2. Uang saku : tidak hanya beasiswa saja yang bisa didapatkan oleh mahasiswa, melainkan juga mereka mendapatkan uang saku.
3. Asrama : pemerintah juga menyediakan tempat tinggal berupa asrama bagi mahasiswa.
4. Kepastian mendapatkan pekerjaan : setelah wisuda, maka mereka tidak perlu bingung dan khawatir dalam mencari pekerjaan. Karena dinas terkait yang berhubungan secara tidak langsung sudah memberikan lapangan pekerjaan.

Dengan adanya beberapa program sekolah ikatan dinas yang memberikan berbagai macam fasilitas dan biaya pendidikan gratis masa depan anak-anak bangsa akan semakin cerah dan terjamin.

Baca : Cara Hemat Listrik Prabayar

Tempatnya Putra-Putri Terbaik Bangsa

Untuk dapat masuk ke sekolah ini, mereka perlu mengalahkan saingan atau kompetitor se-Indonesia. Jumlahnya tentunya ribuan, bahkan jutaan saingan. Sejumlah calon mahasiswa itu bersaing untuk memperebutkan kursi di sekolah kedinasan itu. Dengan latar belakang, sekolah dan karakter yang berbeda. Mereka perlu berjuang mati-matian untuk diterima di sekolah ikatan dinas. Tentu saja, setelah selesai melewati sistim seleksi yang bertahap, berkelanjutan dan tentunya sangat ketat. Mereka merupakan salah satu daei generasi terbaik milik bangsa. Mereka diberikan amanah guna mewakili rekan mereka yang tidak lolos seleksi untuk dapat bekerja demi bangsa. Siapa yang tidak bangga coba, diterima di sekolah kedinasan yang menjadi incaran mereka.

Beberapa Sekolah Kedinasan Yang Populer
1. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) : Beralamat di Jalan Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Tanggerang. Sekolah yang terkenal jika lulus bisa langsung menjadi pegawai pajak ini banyak diminati masyarakat Indonesia.

2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) : IPDN berada di bawah naungan Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia. Tujuan sekolah kedinasan ini mempersiapkan kader pemerintah baik di tingkat daerah maupun di tingkat pusat.

3. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) : Beralamat di JL. Otto Iskandar Dinata No 64c BJakarta. Sekolah ini bernaung di bawah Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia. Lulusan STIS akan diangkat menjadi pegawai negeri sipil di BPS.

Baca : Kebiasaan di Kantor yang Membuat Gemuk

4. Akademi Militer (Akmil) : Berada di Magelang, Jawa Tengah. Diselenggarakan oleh TNI Angkatan Darat. Akmil diselenggarakan untuk mencetak perwira TNI Angkatan Darat.

5. Akademi Angkatan Laut (AAL) : Berada di Surabaya, Jawa Timur. Diselenggarakan oleh TNI Angkatan Laut. AAL diselenggarakan untuk mencetak perwira TNI Angkatan Laut.

6. Akademi Angkatan Udara (AAU) : Berada di Yogyakarta. Diselenggarakan oleh TNI Angkatan Udara. AAU diselenggarakan untuk mencetak perwira TNI Angkatan Udara.

7. Akademi Kepolisian (Akpol) : Berada di Semarang. Diselenggarakan oleh kalemdikpol untuk mendidik taruna akpol menjadi perwira polri.

8. Sekolah Tinggi Intelejen Negara (STIN) : Berada di Sentul, Jawa Barat. Di bawah naungan Badan Intelejen Negara. Tujuannya mencetak tenaga ahli profesional di bidang intelejen.

Ini adalah beberapa daftar sekolah kedinasan yang diulas dalam artikel ini, masih banyak lagi sekolah kedinasan lainnya. Bagi orang tua yang ingin mendaftarkan putra atau putrinya, bisa melihat langsung informasi di website resmi pendaftaran. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca. (Rizki Rahmadianti)

About Kabar Surabaya

Check Also

Ekspedisi-Mahanugra-I-2018

Calon Guru Besar ITS Pimpin Ekspedisi Mahanugra I/2018

Calon Guru Besar ITS Pimpin Ekspedisi Mahanugra I/2018 Kabar Surabaya – Sabtu pagi 27 Januari …