Home / Wisata / Selamat Pagi Dari Patung Dua Naga Kenjeran

Selamat Pagi Dari Patung Dua Naga Kenjeran

patung-dua-naga-kenjeranSelamat Pagi Dari Patung Dua Naga Kenjeran

Kabar SurabayaSelamat Pagi Dari Patung Dua Naga Kenjeran – Apa yang terlintas dalam pikiran anda jika mendengar kata Kenjeran? Pastinya pantai yang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Pantai kenjeran di kota Surabaya terkenal dengan wisata pantai dan kuliner berbahan ikan.

Selain itu, di wisata ini juga terdapat destinasi wisata yang tidak kalah menariknya yaitu Gerbang Naga Surgawi dan patung Dewi Kwan Im yang sangat indah. Patung yang berada di belakang Klenteng Hong Sang Tan atau Klenteng Sanggar Agung ini tampak megah berdiri di tepi pantai kenjeran. Bantuk dan ukurannya juga menakjubkan yakni setinggi 20 meter. Sehingga orang-orang yang berada di sekitar patung terseut tampak sangat kecil.

Patung Dewi Kwan Im ini diapit oleh sepasang patung anak kecil bernama Shan Nan dan Tong Nu dengan posisi menyembah dan mata terpejam. Di sampingnya terdapat empat patung Maharaja Langit, pelindung empat penjuru dunia dengan formasi 2 patung di sebelah kanan dan 2 patung di sebelah kiri. Pada patung yang di sebelah kanan, yang satunya mengenakan jubah berwarna merah dan kuning dengan membawa payung. Di sebelahnya mengenakan jubah nerwarna hitam dan kuning dengan wajah dan tubuh yang berwarna hijau. Sedangkan untuk patung yang berada di sebelah kiri, yang satunya mengenakan jubah berwarna hijau dan kuning dengan membawa dua pedang. Dan di sebelahnya mengenakan jubah berwarna merah dan biru dengan membawa kecapi.

Baca : Surabaya North Quay, Wisata Baru di Surabaya

Dibawahnya terdapat dua patung raksasa yang tingginya mencapai 6 meter dengan panjang masing-masing 2 meter. Sepasang naga ini berwarna hitam kekuningan yang tampak sedang bermain bola api yang ada di atasnya.

Masuk ke Gerbang Naga Surgawi ini tidak dikenakan tiket masuk. Namun karena letaknya berada di kawasan tempat beribadah, para pengunjung harus tetap menjaga sikap dan perilaku untuk menghormati orang yang beribadah disana.

Lokasi Klenteng Sanggar Agung berada di Jl. Sukolilo No. 100 tepatnya di Pantai Kenjeran. Lokasinya yang tepi pantai membuat klenteng ini semakin arstistik. Membatasi antara darat dan lautan menambah nilai plus keindahan patung ini. Sehingga banyak yang menjadikannya sebagai spot fotografi. Tidak hanya warga Tionghoa, klenteng ini telah menjadi destinasi wisata yang selalu dikunjungi oleh wisatawan asing maupun lokal.

Di balik kegunaan tempat ini sebagai tempat beribadah jemaat Tridharma yakni Budha, Tao dan Kong Hu Cu, Klenteng Sanggar Agung ini juga menarik untuk dijadikan sebagai spot sunrise ataupun sunset.

Baca : Temple Of Heaven Surabaya

Anda bisa menikmati keindahan sang surya tampak dari persembunyiannya. Sapaan matahari pagi yang mulai muncul dengan sinar berwarna kuning bagai emas. Semburan warna biru langit dan putihnya awan membuat kombinasi warna yang luar biasa indahnya. Ditambah lagi dengan suasana ombak laut yang tenang dari pantai kenjeran. Serta angin yang sejuk dengan kicauan burung di pagi hari.

Pada waktu senja, tempat ini biasa dipilih orang untuk duduk di sekitar ekor sepasang Naga Sugawi sambil bercengkrama dengan teman atau keluarga. Sinar matahari yang mulai tenggelam dengan warna jingganya membuat kawasan ini semakin digemari banyak kalangan. Ditambah lagi kawanan burung yang kembali ke sarangnya untuk tidur di antara semak mangrove pada sore hari, membuat orang-orang betah berlama-lama di tempat ini.

Jika anda penggemar arsitektur, tempat ini tidak akan mengecewakan. Karena bangunan disini memiliki arsitektur bergaya Bali. Nah.. menarik bukan? Makanya jika berkunjung ke tempat ini jangan lupa membawa kamera. Hehehe… (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

taman-bulak-kenjeran-surabaya

Taman Bulak Kenjeran, Tempat Bermain Air Di Kali Surabaya

Taman Bulak Kenjeran, Tempat Bermain Air Di Kali Surabaya Kabar Surabaya – Taman Bulak Kenjeran, …