Home / Event / Senam Lansia 2016 Pecahkan Rekor MURI

Senam Lansia 2016 Pecahkan Rekor MURI

senam-lansia-surabayaSenam Lansia 2016 Pecahkan Rekor MURI

Kabar SurabayaSenam Lansia 2016 Pecahkan Rekor MURI – Dalam rangka memperingati HAORNAS (Hari Olahraga Nasional) 9 September,  A

sisten Deputi Olahraga Layanan Khusus, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Kementerian Pemuda dan Olahraga akan menyelenggarakan kegiatan Festival Bugar Lansia Indonesia 2016  yang dimaksudkan kepada Masyarakat usia Pra-Lansia dan usia Lansia di Jatim pada khususnya, maupun di 33 Provinsi lainnya. Acara ini di kemas dalam senam lansia 2016 yang di ikuti oleh 3000 lansia se-Jawa Timur.

Gelanggang Olahraga 10 November 1945 Tambaksari di Surabaya menjadi venue untuk acara senam lansia 2016 ini. Di stadion yang konstruksinya sudah dimulai sejak tahun 1951 ini, dilaksanakan pemecahan rekor MURI (Musem Rekor Indonesia) untuk kategori Lomba Senam Lansia 2016 yang di ikuti oleh 3200 orang Pra Lansia dan Lansia. Lomba senam lansia 2016 ini, memperlombakan jenis senam lansia 2016 terbaru yang bernama Senam Bugar Lansia Indonesia (SBLI).

Baca : Bus Surabaya Shopping And Culinary Track Siap Berwisata

Imam Nahrawi, selaku Menteri Pemuda dan Olahraga era kepemimpinan Presiden Jokowi menyampaikan, “ayo kita dorong masyarakat Pra Lansia beserta Lansia Surabaya dan seluruh peserta yang hadir untuk membuat sejarah besar dengan berkumpul sebanyak-banyaknya dan mengikuti lomba senam bersama-sama”. Surabaya sebagai kota Pahlawan, yang pada tahun 1969 menjadi tuan rumah PON VII  telah membuktikan diri bahwa kerelawanan dan sifat keikutsertaan warganya masih tinggi.

Lomba senam lansia 2016 yang mengusung tema  “Ayo Olahraga Menuju Indonesia Bugar Lansia” dilaksanakan dengan tujuan mempersiapkan para lansia supaya tetap bugar dengan selalu mengatur mereka untuk terus kontinunitas serta meningkatkan partisipasi olahraga semenjak usia pra-lansia kepada masyarakat.

Ragam acara yang akan dilaksanakan untuk memperingati hari Olahraga nasional ini adalah Senam lansia Bersama (massal), Jalan sebanyak Seribu Langkah, Perlombaan gerakan Senam SBLI, Game Interaktif,  dan Sosialisasi dan demo gerakan Senam Cakra Wiweka serta beberapa olahraga dari PAMI (Persatuan Athletic Master Indonesia) dipungkasi dengan di lakukannya tes kesehatan Gratis.  Selain itu, nanti  akan di gelar pula acara Penganugerahan 10 Tokoh Bugar Lansia Indonesia, penghargaan akan diserahkan pada tokoh-tokoh olahraga yang sudah memiliki usia diatas 70 tahun namun masih bugar dan aktif dalam berkegiatan di masyarakat atau menjadi pengurus organisasi keolahragaan langsung oleh Menpora. Kesepuluh tokoh Lansia Bugar tersebut adalah :

Baca : Pemutihan Pajak Kendaraan 2016 Surabaya Segera Di Gelar
  1. Moerwati Hartono (82 Tahun)
  • Pesenam jantung sehat dan pengurus aktif.
  • Sampai sekarang masih akif membina klub Jantung Sehat di kabupaten serta kota-kota di Jawa Timur.
  1. Prof. Mahmud Zaki (81 Tahun)
  • Mantan Rektor ITS
  • Pengurus Persatuan Atletik Masters Indonesia
  1. Yahya Buchori (79 Tahun)
  • Mantan Atlet Panahan Nasional dan pernah mengikuti Asian Games 1962
  • Saat ini pelatih PON Jatim
  • Ayahanda dari Lilis Handayani (peraih medali pertama Indonesia di Olympiade)
  1. dr. Bambang Wiyasa Wiradinata (79 Tahun)
  • Mantan Atlet Pacho dan Atlet olahraga Atletik
  • Pengurus Persatuan Atletik Masters Indonesia dan Pengurus Persatuan Olahraga Pacho
  1. Bambang Purwantonagoro
  • Ketua Umum FORMI kota Surabaya
  • Pencipta / Pembina Senam Therapy  Sehat Cakra Wiweka
  1. Asiyah Warsih
  • Sprinter Persatuan Atlet Master Indonesia
  • Memperoleh medali emas pada Salatiga Masters Atletic Championship 2016
  1. Tri Yolanda
  • Mantan petenis Nasional pada Asian Games di Jakarta Tahun 1962
  • Aktif pada Olahraga Golf dan Line Dance
  1. Mieke Muktiami
  • Mantan Pemain Basket
  • Medali Perunggu pada Lempar lembing di Brunei Darusalam Masters Atletik Championship
Baca : Urban Culture Festival Surabaya Akan Bernuansa 90an 
  1. Sri Hastuti Soedjito
  • Mantan Ketua Dharma Wanita dan PKK Jatim
  • Aktif pada olahraga Line Dance
  1. Purwaningsih (72 tahun)
  • Atlet Persatuan Atletik Masters Indonesia
  • Medali emas Lari 400 Meter, 800 meter pada Salatiga Masters Atlet Championship 2016.

Pada kesempatan terpisah dikabarkan juga bahwa ada seorang Lansia berusia 53 tahun asal RT 048 RW 013 Kelurahan Panembahan Kecamatan Kraton Daerah Istimewa Yogyakarta telah melakukan jalan diatas Egrang. Lansia ini yang berangkat dari dari Alun-alun Kidul sejak tanggal 17 Agustus 2016 dan berencana menyelesaikannya pada tanggal 8 September 2016 di GOR 10 November 2016 Tambaksari Surabaya. Jarak 328 km telah ditempuh Yudi “Mbah Egrang” Karyono dari Yogyakarta ke Surabaya dengan aturan setiap 20Km perjalanan berhenti untuk beristirahat. Kegiatan ini dilakukannya dalam rangka melestarikan olahraga tradisional Egrang kepada khalayak luas dan menyerahkan sepasang Egrang kepada Walikota Surabaya Tri Risma Harini yang menurutnya bisa melestarikan dan membudayakan olahraga tradisional di kalangan masyarakat  Surabaya yang tahun ini menjadi penerima medali terbanyak saat PORNAS di Bali beberapa waktu lalu.

About Kabar Surabaya

Check Also

BURSA-KERJA-SURABAYA-2018

Bursa Kerja 2018 Kota Surabaya Segera Di Gelar

Bursa Kerja 2018 Kota Surabaya Segera Di Gelar Kabar Surabaya – Pada saat ini tingkat …