Home / Kuliner / Sentra Ikan Bulak Surabaya, Lokasi Dinner Romantis Di Tepi Pantai

Sentra Ikan Bulak Surabaya, Lokasi Dinner Romantis Di Tepi Pantai

Sentra Ikan Bulak Surabaya, Lokasi Dinner Romantis Di Tepi Pantai

Kabar Surabaya – Sentra Ikan Bulak Surabaya, Lokasi Dinner Romantis Di Tepi PantaiKapankan anda terkahir kali berkunjung ke kawasan Kenjeran batu-batu..?. Kenjeran batu-batu adalah daerah kenjeran yang berada di ujung pantai. Jika anda datang dari arah pintu masuk Jembatan Surabaya, anda tinggal lurus saja hingga ke utara. Kemudian anda akan menemukan jalan kembar yang di sebelah kanan anda adalah pantai yang tepinya di berikan susunan batu kali. Kawasan tersebut sebenarnya tertutup oleh pagar. Pemagaran ini agar lokasi tersebut tidak di gunakan lagi oleh Pedagang Kaki Lima untuk berjualan. Dari kawasan Kenjeran batu-batu terus lurus, maka anda akan menemukan gedung megah berlantai dua yang bertuliskan SIB Sentra Ikan Bulak Surabaya (SIB). Nama Bulak ini di ambil dari nama kecamatan di kawasan tersebut.

sentra-ikan-bulak-surabaya

Gedung Sentra Ikan Bulak Surabaya ini berwarna putih dan terdapat atap yang terbuat dari kain terpal dan di bentuk mirip sebagai perahu nelayan. Bangunan ini berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 4.573 meter persegi. Cukup luas bukan ?. Di dalamnya terdapat sebanyak 212 kios yang terbagi antara lantai satu dan lantai dua. Kios-kios tersebut di bagi menjadi 96 kios yang berjualan ikan kering dan kerupuk, 40 kios untuk usaha ikan asap, 16 kios sebagai wadah bagi penjual ikan segar, 20 kios yang berjualan suvenir khas pantai dan sekitar 40 kios yang berjualan makanan dan minuman.

Baca : Terminal Bus Purabaya Surabaya Bersiap Menuju Terminal Kelas Dunia

Dari keseluruhan kios-kios tersebut, sayangnya hanya terisi seperempatnya saja. Sungguh sangat di sayangkan, karena sejatinya para pedagang mendapatkan kesempatan gratis untuk berusaha di Sentra Ikan Bulak Surabaya ini. Hal ini di karenakan para pedagang masih banyak yang senang berdagang di pinggir jalan di kawasan pantai Kenjeran Surabaya. Padahal mereka selalu di tertibkan oleh Satpol PP Kota Surabaya. Penertiban ini di karenakan lokasi lapak mereka yang seringkali menimbulkan kemacetan di area Pantai Kenjeran.

Oke,..kembali ke bahasan Gedung Sentra Ikan Bulak Surabaya ya… Jika anda membawa kendaraan berupa motor atau mobil, anda tidak usah susah-susah mencari lokasi parkir. Karena lokasi parkir kendaraan berada di pelataran Gedung SIB. Dari sini anda bisa langsung menapakkan kaki ke lantai satu gedung bernuansa nelayan ini. Di lantai satu ini anda akan bisa menemukan pedagang kerupuk khas kenjeran. Jujur saja, ketika melihat kerupuk yang dibukus oleh plastik setinggi orang ini, membuat perut mulai terasa lapar. Langsung saja deh pikiran mulai berhalusinasi akan kerupuk yang rasanya gurih, kriuk dan menggugah selera makan. Jenis kerupuk yang jual ada 2 macam, yaitu kerupuk yang masih mentah dan kerupuk yang siap makan.

Ada beragam kerupuk yang di jajakan oleh para penjual. Macamnya adalah Kerupuk Kerang, Kerupuk Kupang, Kerupuk Cumi dan Kerupuk Lorjuk. Sedangkan untuk kerupuk yang siap makan yaitu Gerinting Lorjuk, Serat Tripang, Kerupuk Telur Terung, Kerupuk Terung. Kerupuk-kerupuk ini di jual dengan sistim kiloan. Harganya cukup murah kok, namun tetep, jangan lupa untuk menawar ya…

Baca : Toko Susu Formula Murah Di Surabaya, Solusi Hemat Bagi Bunda

Selain kerupuk, di lantai satu gedung Sentra Ikan Bulak ini juga menjual ikan asap dan ikan kering seperti ikan asin dan sebangsanya. Di bagian belakang lantai satu ini terdapat lokasi bagi para pedagang ikan asap untuk mengasap ikan dagangannya. Bagi para pengunjung jangan khawatir, karena asapnya tidak kemana-mana. Hal ini di karenakan Sentra Ikan Bulak telah di lengkapi dengan cerobong asap yang sangat tinggi.

Dari lantai satu, kita bisa naik melalui tangga ke lantai dua. Di area ini kita dapat menjumpai penjual suvenir yang terbuat dari kulit kerang dan pasir pantai. Suvenir tersebut bisa berupa bentuk binatang, bingkai hewan-hewan laut yang telah di awetkan serta pigora foto yang cantik. Tidak lupa pernak-pernik perhiasan wanita seperti gelang dan aksesoris lainnya.

Jika perut anda sudah mulai keroncongan, maka saatnya anda untuk mencari lokasi tempat duduk di lantai dua ini. Tempat duduknya nyaman, dan yang menarik adalah view-nya yang langsung menghadap ke Selat Madura. Saran admin, cobalah berkunjung bersama pasangan anda di Malam Minggu. Karena pada Malam Minggu acara Dinner anda akan semakin terasa romantis dengan adanya live musik yang tampil cantik. Pada malam hari SIB juga di sorot dengan lampu warna-warni yang sangat indah.

Baca : Travelmie, Puncaknya Soerabaia

Untuk menu makanan yang di jual di Sentra Ikan Bulak ini tidak semuanya berbau hasil olahan laut. Meskipun sebenarnya itu yang menjadi Trade Mark dari kawasan ini. Di sini kita juga bisa menemukan olahan penyetan ayam, ikan nila, pecel dan lain-lain. Pokoknya di sini lengkap. Untuk masalah rasa terbilang standar-standar saja, karena yang istimewa di sini adalah suasana dan pemandangannya.

Dari lantai dua ini kita bisa melihat Jembatan surabaya dan Taman Surabaya yang mempunyai air mancur menari mini di sisi sebelah kiri. jadi tunggu apalagi langsung saja langkahkan kaki anda untuk menikmati desinasi kuliner kenjeran di Sentra Ikan Bulak Surabaya. Alamaat lengkap dari SIB ini adalah Jalan Sukolilo 7, Nomor 24 Kota Surabaya (Ita Pebri)

About Kabar Surabaya

Check Also

bandeng-tanpa-duri-aw-surabaya

Bandeng Tandu AW, Santapan Bandeng Lezat Tanpa Duri

Bandeng Tandu AW, Santapan Bandeng Lezat Tanpa Duri Kabar Surabaya – Bandeng Tandu AW Santapan …